Jika kita sering membaca pembahasan tentang setingan motor balap tim-tim besar macam manual tech dan AHRS di majalah maupun tabloid motor sudah pasti sering dilengkapi berbagai data tentang power, torsi, AFR,temperature mesin, humidity dan exhaust gas analyzer motor balapnya.

Menurut tim-tin besar, data-data itulah yang menentukan juara atau tidaknya sebuah motor balap. Sebagai contohnya pada gelaran balap asia yang digelas di Losail Qatar beberapa minggu yang lalu, tim manual tech mematok setingan karbutarornya persis seperti setingan saat turun di Shanghai China, kesamaan itu didasari kesamaan kelembaban di Qatar dengan di cina yang mirip-mirip.

Begitu juga dengan balapan di IP disentul beberapa minggu yanglalu , tim manual tech menuai kekalahan disebabkan Suhu mesin saat balapan dimulai tidak sesuai harapan(ditunjukan oleh datalogger) Suhu mesin pacuan hadi wijaya menurut data logger masih relatif rendah. menurut manual tech itu terjadi dikarenakan ketidak ikut sertaan hadi dalam sesi warm-up lap (mendapatkan superpole).

jadi sudah pastilah data-data yang disebut diatas itu sangat diperlukan dalam dunia balapan, berikut alat-alatnya kita bahas satu persatu:

data dyno mesin ninja(triatmono.WP.com)

  • Mesin dyno, data yang dihasilkan mesin dyno yang berupa grafik power dan torsi sangatlah diperlukan dalam pengembangan mesin, lewat data itu mekanik tau dimana kelemahan sebah mesin, apakah terlalu ngedrop di Rpm bawah atau butuh power besar di Rpm rendah. Begitu juga sehabis melalkukan perubahan pada mesin dibutuhkan pengetesan di mesin dyno, seberapa perubahannya setelah dilalkukan pergantian komponen tersebut.
  • Engine temperature sensor/ termometer. Alat inilah yang akan menentukan kesehatan dari mesin lewat temperatur yang dihasilkan. Apakah terlalu panas(overheat) atau dibutuhkan panas ideal lagi. dipengaruhi juga oleh setingan spuyer dan bagian lainnya.

    seting ga repot pake AFR meter

  • AFR meter. Digunakan untuk mengamati komposisi dari udara dan bahan bakar, apakah terlalu kaya ataukah miskin, yang disesuaikan dengan setingan.

    alat ini sangat penting dikala menyeting spuyer

  • Humidity tester. Alat yang dipergunakan untuk mengukur kadar air diudara, kelembaban normalnya sendiri sekitar 60%. Saat kelembaban normal ini biasanya motor Ip menghasilkan power sekitar 23hp, begitu kelembaban bertambah saat hujan yang mencapai 100% power mesi akan turun  sampai 20hp jika penyetingan ulang tidak dilakukan untuk menyesuaikan kembali.

    polutan... diukur ama ini alat

  • Exhaust Gas Analizer. Berfungsi untuk mengukur polutan yang dihasilkan knalpot motor balap, motor sehat akan menghasilkan cuma 2 jenis gas saja yaitu H²o dan CO², jika setingan tidak pas akan menghasilkan gas lainnya semisalnya  CO dan O². dengan mengetahui ini maka mekanik dapat menormalkan kembali dengan berbagai setingan agar pas.

Jika pembahasan SLR diatas dirasa masih kurang ataupun berlebihan, mohon ditambah dan dikoreksi lewat komentar dibawah. Semoga dapat berfungsi dan mena

“maaf belum ada gambar, computer SLR lagi error”

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

7 responses »

  1. NanaRedPr☺ mengatakan:

    PERTAMAX aman
    mantaafff artikeLnya bli
    SALAM KARET BUNDAR™

  2. #99 bro mengatakan:

    pake bensin kaya

  3. ridertua mengatakan:

    nice post..lam kenal
    tukeran link yukkk
    http://ridertua.wordpress.com/

  4. mechman mengatakan:

    Macam2 deh parameternya, udah layak nyeting balap moge nih, lagian kriteria diatas udah menjadi hal yang lumrah di balap moge..

  5. Rollerman mengatakan:

    beegghhh,armnya Ninja okee bangett tuh

  6. warung DOHC mengatakan:

    di kalangan pecinta mobil juga sudah lumrah beginian 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s