Sudah semua kalangan penggemar otomotif tau jika penguasa power superbike tertinggi saat ini adalah motor keluaran jerman BMW S1000RR, dan semua kalangan pun sudah pada tau Ducati lah yang menguasai seri pertama Superbike. Bagaimana kalau kedua jenis motor ini dibandingkan powernya, bukan power diatas kertas loh tapi memang bener-bener diukur dari roda belakangnya lewat mesin Dyno,.. Sudah tentu jarang orang yang ngeh antara perbandingannya.

SLR tidaklah membandingkan hanya dua motor saja yaitu antara S1000RR dengan 1198 melainkan semua moge yang mengikuti balapan Superbike plus satu lagi yang belum turun yaitu KTM RC8R. Coba lihat perbandingan power antara 7 Superbike ini digambar diatas, terliahat power S1000RR sangat superior dibandingkan lawan-lawannya dari jepang. Yang paling meng’anehkan justru datang dari sang juara Superbike seri lalu yaitu Ducati dengan powernya yang paling rendah dan paling miskin diantara keenam kontestan laiinya.

Apakah performa standar dari Ducati 1198 ini masih tersimpan, terlimiter atau ntah apapun itu yang jelas Ducati memiliki segudang tanda tanya dengan penampilannya di balapan dan di standarnya harus kalah dengan Superbike yang lainnya. Diperingkat ke-2 sudah tentu sang penantang dari Jepang yang dikabarkan powernya setara S1000RR, namun di test ini telah membuktikan Powernya tidaklah sebesar itu. Tapi cukuplah bagi Kawasaki ZX-10R masih unggul dengan rival-rivalnya yang lain.

boleh kalah di power, namun torsinya coy... 2 silinder sungguh merajai dari bawah sampai atas... inilah alasan kenapa ducati bisa bersaing dengan 4 silinder jepang di Superbike

Diurutan ke-3  yaitu motor tercepat di ajang enduro 24hourssiapa lagi selain Suzuki GSX-R1000, jagoan Honda harus berpuas diposisi ke-4 dengan powernya 153.0hp@10.800Rpm. Berikutnya datang jagoan Stock Superbike eropa KTM RC8R yang harus puas di posisi 5 diatas jagoan jepang Yamaha YZF-R1 dan terakhir si Ducati 1198.

2 silinder jago di torsi.....

Ada satu catatan yang SLR dapat dari grafik powernya yaitu ketangguhan mesin 2 silinder dari Ducati dan KTM dalam mendulang power di Rpm yang relatif lebih rendah daripada mesin 4 silinder, sehingga kedua pabrikan eropa ini akan sangat cepat dalam melakukan akselerasi, inilah penjawab pertanyaan diatas mengapa dengan powernya terendah bisa menguasai balapan Superbike. Grafik yang menurut SLR paling baik adalah punyanya GSX-R1000 yang terbilang berisi dari bawah namun pada Rpm atas tetaplah menunjukkan grafik yang konsisten sehingga akan sangat bagus dalam segala lini putaran.

Setelah diamat-amati kok rasanya kurang lengkap ya??? Ada satu jagoan yang tidak masuk dalam uji performa yaitu Aprilia RSV4, ntah apa alasan Motorcycle-usa.com tidak memasukkan jagoan eropa satu ini.

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

29 responses »

  1. Modar mengatakan:

    R1 paling loyo

  2. rio mengatakan:

    2 silinder memperoleh power di tingkat 9500-12.000rpm. Nah dgn power itu menjadikan power midrange yang besar. Dgn power midrange besar otomati speedcorner pun tinggi. Dan di tambah torsi geledek kaya setan mengubahnya menjadi tenaga di trek lurus itu yang membuatnya selalu juara.
    o iya motor eropa kan katanya pake gear driven mungkin itu yang membuatnya juara. Plus bobot ringan tentunya.
    kan bli pernah bilang kalau power midrange terbesar dia yang paling jago di sirkuit

  3. dendy mengatakan:

    yang mengherankan kenapa bmw superbike yang katanya handling terbaik, braking terbaik dan powerful, serta beraccelerasi tinggi. Kok malah waktu tercepat di raih fireblade dan ZX 10R ya ?
    apa karena sasis bmw dan bodi yang terlalu berat ?

  4. dendy mengatakan:

    O iya bli katanya ZX 10R di amerika Rpmnya di kurangi berapa persen ya ?
    makanya tenaganya berkurang. Kalau di Inggris ZX 10R di dyno 170 hp.

    • j4na mengatakan:

      dapat juga kabar seperti itu bro…. padahal amrik terkenal dengan negara powerful, eh malah power motornya ga di ful-fulin…

    • vanz21fashion mengatakan:

      dikurangi karena waktu itu ga memenuhi standard kebisingan USA, dan penurunan kebisingan yang dilalui ZX-10R itu berpengaruh ke luapan powernya.

  5. agusto mengatakan:

    ada yg bilang R1 paling loyo hehehe…tapi 2 thn lalu bisa juara dunia lewat Ben Spies dan seri2 SBK 2011 bisa juara lewat Marco Melandri dan beberapa podium. Justru R1 itu yg buat aku heran. Jadi tenaga dan torsi bukan hal yg utama bung! masih ada hal lain yg jg penting dalam balapan.

  6. vanz21fashion mengatakan:

    hehehe, episode ini saya nonton juga nih, overall, mereka menempatkan BMW S1000RR emang, but buat saya sampai sekarang the best superbike masih CBR1000RR..🙂 a must have bike in the future

  7. raya mengatakan:

    juara superbike seri lalu bukannya max biaggi pake aprilia?

  8. TDF mengatakan:

    tinggal tunggu rider yang tepat dan BMWpun akan jadi superior

  9. dendy mengatakan:

    @ Vanz 21 fashion betul. Bmw terlalu mahal dan berat. Apalagi kita gak tahu sasisnya bgus apa tidak.
    tapi kalau CBR kurang bertenaga ZX 10R mungkin jadi pilihan.

  10. dendy mengatakan:

    ya bener bgt bli Zx 10R memang bising.. Di MCN aja ZX 10R kelemahanya power midrange yang lemah dan mesin yang bising. tapi R1 gak kena sangsi ya ? Padahal siapa yang gak tahu suara bisingnya

  11. masterXeon mengatakan:

    Di WSBK kan ngadu motor yang udah di TuneUp, bukan standar.
    klo ditanah air mirip IP1 atau IP2.
    jadi mana motor yang paling tahan di oprek habis2an itulah yang berpeluang menang.
    diatas itu adalah power standar, tapi yang berlaga di WSBK itu semua motor rata2 powernya udah diatas 200hp.

  12. Rollerman mengatakan:

    dr semua superbike,hanya KTM RC8 aja yg modelnya KAKU

    kalo Ducati sihh udah gak KAKU,tp modelnya monoton (mulai 848,1098,1198) semua SAMA

    Superbike Jepang modelnya unik2

  13. umarabuihsan mengatakan:

    KTM maknyos juga power di bawah 10000rpmnya, tapi maen di atas 10000 ky di sirkuit BMW lebih maknyos, cuma handlingnya gimana Bli?

  14. kirana88 mengatakan:

    pantes di amrik rata2 plg byk yg make gixxerr coz pwrny merata .body jg mantep,

  15. mechman mengatakan:

    mungkin RSV4 gak diikutin krena konfigurasi mesin nya beda ama 7 motor tadi…
    CMIIw, kan yg di compare V2 ma I4..

  16. Kyoghi mengatakan:

    tp motor jepang yg bisa bersaing dgn motor eropa tahun ini kayanya cuma R1 deh……….

  17. idan89 mengatakan:

    power itu kalo di bandingin sama motor2 di moto gp lebih tinggi yang mana ya bli?

    • j4na mengatakan:

      so pasti motoGp lebih tinggi, walaupun kapasitas mesin motoGp cuma 800cc saja namun motoGp spek mesinnya sudah dibilang super alias prototipe….
      speknyapu spesial race

  18. rollint mengatakan:

    kenapa KTM RC8R ga ikut WSBK yah?? pdhl keren tuh power ma torsinya

  19. masalahnya kenapa ducati berprestasi di ajang balap karena mereka punya 3 versi varian. 1198, 1198S, 1198R/SP yang homologasi (varian yang dipake matteo) varian 1198 memiliki power lebih kecil dan bobot lebih berat tapi harganya masuk akal. Bicara 1198SP/R kita bicara motor balap beneran. bobot ringan, suspensi TTX motogp dan mesinya banyak menggunakan part titanium. Tapi ketika bicara harga? Ya hemm hem,:mrgreen: makanya buat jualan mereka mengandalkan 1198, tapi buat balap Ducati mengandalkan 1198R/SP. in yang nggak dipunyai kompeitornya, sub varian dengan performa yang berbeda.

    nah sedangkan yang di test di sini kan varian 1198 biasa, dengan harga terjangkau. Makanya komparasi ini cukup adil dan fair. Perihal bmw nggak berprestasi di ajang balap, ini cukup mengecewakan juga. padalah dibanding R1 mbah rasa S1000RR paling mnateb. Cuma yaitu tadi, buat balapan banyak faktor yang berpengaruh dan teknisi bmw motorrad harus banyak belajar lagi!

  20. yohanes hd w.tedja mengatakan:

    Terima kasih banget’mbah dukun” saya ini bingung mau beli yg mana…saya cari perbedaan antara 1198/1198sp,eeh mbah kasi jawabannya gratis pila…soalnya harganya juga “wheeew”-_-”
    Terima kasi sekali lagi..^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s