The trio big-blogger dalam beberapa tulisannya selalu mengkampanyekan agar regulasi dari kejurnas sport 250cc diubah, khususnya untuk motor yang memiliki silinder tunggal macam CBR250R dan Megelli diperbolehkan melakukan peningkatan kapasitas mesin menjadi 300cc. SLR pun sangat setuju dengan usulan itu, apa sebab…Menurut SLR, diapakan saja mesin single silinder tidak akan bisa bersaing dengan mesin twin kecuali dengan peningkatan kapasitas mesin.
Seandainya regulasi mengijinkan pembengkakan kapasitas mesin menjadi 300cc tentu hal meningkatkan kapasitas mesin ini tidaklah segampang membalikkan telapak tangan, namun butuh serangkaian perubahan. Langkah yang paling sangat menguntungkan adalah dengan Bore-Up, tapi tidak asal ngomong bore-up saja. Ada satu hal yang akan mengganjal yaitu dari segi piston/seher yang dipakai untuk membesarkan kapasitas mesin single silinder ini menjadi 250cc.
Setelah dihitung-hitung dengan rumus, ternyata diameter seher/piston yang paling mendekati adalah 83.5mm sehingga mendapatkan kapasitas mesin sebesar 297.4cc. Namun tidaklah semudah itu, diameter seher sebesar itu sangatlah jarang dipasaran, namun masih ada satu seher yang mendekati diameter itu yaitu seher punyanya mobil sport Honda, Honda Acura dengan diameter 82mm. Dipasaran(ebay.com) seher ini dihargai $160.00 memang terbilang mahal, namun apalah artinya uang segitu jika diperuntukkan balap. Dengan diameter 82mm maka peningkatan kapasitas mesinnya menjadi 290cc atau mendekati kapasitas maksimum 300cc.
Maaf jika menurut pembaca SLR ini sok-sok’an menebak seher yang pas untuk meningkatkan kapasitas mesin si Ci Bie Aar menjadi 300cc(mendekati), tidaklah ada rasa menggurui mekanik-mekanik indonesia yang sudah terkenal akan kehebatannya dalam hal korek-mengorek, namun setidaknya bagi rekan-rekan atau braders ada bayangan tentang meningkatkan kapasitas mesin CBR250R ini mendekati 300cc. Dan mungkin saja rekan-rekan ada yang lebih tau tentang hal ini, jangan disimpan saja, mohon dibagi-bagi pengetahuannya di komentar.
wahh,,, boleh pertamax,,,
tapi katanya HRC jepang mau turun langsung deh?
menurut Otoplus, HRC tidak langsung tapi perantara AP Honda thailan yang sudah duluan turun di balapan 250cc (OMR CBR250R)
mercon yng sok-sokan
sok-sok…. sokbreker ya om??? 😀
kalau di arena per bore apan lain ada lagi bli! set piston Honda genio! udah lihat langsung pernah dicangkok di satria FU yg di permak jadi 300 cc 😀
FYI untuk pembelian piston mobil harus 1 set (4 biji) / tergantung type mobilnya 😀
bner bro, tapi kalo ga salah diameter seher genio kecil, cuma 66mm……
tapi percuma bore gede tapi stroke gede juga. Yang terpenting rpm juga harus tinggi bli stroke kecilin aja ke 48.5mm biar rpm tinggi.
dengan CC besar maka raihan torsinya akan tinggi juga, berlanjut ke setingan gir rasio sekudernya(gir depan-blakang) diperberat untuk menganulir besarnya torsi menjadi speed….
tidak semudah seperti mesin berkarbu bro….. ingat ini mesin injeksi yang sangat sensitip terhadap perubahan stroke, stroke berubah berarti timingpun akan berubah….
boljug tuh
owh gitu bli..hmm… Jadi kaya prinsip ducati di WSBK ya…
Ngikut nyimak n sinau bli
http://rosso99.wordpress.com/2011/04/16/yang-lain-heboh-ribuan-ulet-bulu-jakarta-heboh-ribuan-motor/
Emang gda yg bs bikin piston bore buat CBR? Kyknya ke depan pabrikan kyk TDR bakal bikin tuh paketan bore up.nya… Vixion aja ada paket bore-up.nya..masa cbr gda?
Sayangnya masih harus perlu waktu dulu kali yah…
FYI acura itu brand mobil Honda di amerika.. Jd Honda=Acura..
acura sendiri ada tipe2nya lg.. Acura NSX, RSX, Integra, dll seperti halnya Honda Civic, accord, dll
Emang gda yg bs bikin piston bore buat CBR? Kyknya ke depan pabrikan kyk TDR bakal bikin tuh paketan bore up.nya… Vixion aja ada paket bore-up.nya..masa cbr gda?
Sayangnya masih perlu waktu kali ya…
FYI acura itu brand mobil Honda di amerika.. Jd Honda=Acura..
acura sendiri ada tipe2nya lg.. Acura NSX, RSX, Integra, dll seperti halnya Honda Civic, accord, dll
sudah pasti ada bro…. tapi dengan piston acura ditdak lagi main tunggu2….
yg menghambat bore up kalo dinding silindernya dari bahan eksotis, macam punya ninja or vixie, lha tp masa sekelas CBR ga pake material eksotis juga????
saia nyimak mobilnya rsx aja….asli keren nih mobilnya sayang fwd
da rasa menggurui mekanik-mekanik indonesia yang sudah terkenal akan kehebatannya dalam hal korek-mengorek
==============================================================================
naahhh kayak artikel MBAH DUKUN BLi,bs CBR250 bertahan dg single silinder 250,asal oprek sana,oprek sini (kalo boleh d oprek)
kayak WSBK jaman dulu itu,2 silinder 1000 Ducati mampu head to head dg 4silinder 1000.tp itu berdampak pada biaya ekstra
tp tahu sendiri kan AHM kan kaya,jd apa pun bs dilakukan kalau DILAKUKAN SECARA PENUH,kalo SETENGAH HATI mending gak usah ikut balapan
jadi mahal dah balapannya….
http://kangmase.wordpress.com/2011/04/15/komparasi-motor-sport-dibawah-25-juta-bahgian-1/
http://kangmase.wordpress.com/2011/04/16/ganang-ngitung-itung-harga-cbr-150-r0-r/
Numpang Jemuran
WSBK: Superpole 1,2 dan 3 Assen
http://vespaalitalia.blogspot.com/2011/04/wsbk-superpole-12-dan-3-assen.html
CBR 250 vs Ninja 250 vs Hyosung 250
http://vespaalitalia.blogspot.com/2011/04/honda-cbr-250r-vs-hyosung-gt-250r-vs_04.html
Ninja 250 R VS CBR 250 R Termignoni Exhaust
http://vespaalitalia.blogspot.com/2011/03/ninja-250-r-vs-cbr-250-r-termignoni.html
Dijual Tanah Di Kabupaten Magelang
http://vespaalitalia.blogspot.com/p/dijual-tanah-magelang.html
@kyoghi…CBR msh pake liner bang. kalo vixy udah gak pake liner. yang jd masalah liner d CBR ketebalanya berapa? Kalo naik jd 83mm berarti naik 7mm. Alias berkurang 3,5 mm tebel daging linernya. d mplus pernah dlepas linernya dr selongsong silindernya. Bentuknya beda bgt dgn motor yg beredar. Dinding liner yg nempel k silinder tajam2.