Tentu brader sudah taukan dengan yang namanya Kawasaki KLX150, tidak hanya tau bahkan sudah ada yang punya diantara brader semua. SLR kepengin ngetes pengetahuan brader dengan satu saja pertanyaan “Jenis motor apakah KLX150 itu??” Naaah…. hayoooo jawab…?? yang punya KLX awas salah ya..!!! Jangan bilang KLX itu motocross loh, dijamin 100% salah, ga ada ampun salahnya. Lalu apa dong?? Jika dirunut dari performa mesin dan pemungsiannya oleh Kawasaki jepang, KLX 150 atau KLX 140(nama aslinya) merupakan motor jenis Off-road.

Duel-purpose atau supermoto

Jika diselidiki jenis-jenis motor penggaruk tanah, kawasaki sendiri membaginya menjadi 3 kelas yaitu Dual-Purpose, Off-Road dan motocross. Tampang satu kelas dengan yang lainnya memang nampak mirip-mirip namun dibedakan dari fungsi dan kelengkapan. Kita mulai dari Dual-Purpose yang disebut juga dengan Supermoto, kalau bilang duel-purpose pasti jarang yang mengerti tapi dibilang Supermoto pasti bilang OOOOh…!! Sesuai dengan namanya Dual-Purpose yaitu mempunyai dua kegunaan, dijalanan dan ditanah contoh motor kawasaki adalah tipe KLX250SF. Kelas kedua yaitu Off-Road yaitu kelas yang diperuntukkan menerjang jalanan non aspal, seperti jalanan dipedesaan, tambang, hutan dan medan-medan berat namun tidak diperuntukkan melakukan aksi meloncat seperti layaknya kejuaraan Motocross dikarenakan bagian-bagiannya tidak difungsikan untuk menerima beban terlalu tinggi, seperti bagian Shock depannya yang masih standard, begitu juga mesinnya yang terbilang masih biasa, motornya sendiri KLX150.

serba spesial di KX250F

Yang terakhir yaitu Motocross atau tenar dengan nama motor Special-Engine, sesuai dengan namanya yang spesial itu motor jenis ini mesinnya memang didesain khusus untuk menghasilkan power yang lumayan tinggi guna mengajak motor supaya bisa berakselerasi kilat dan meloncat tinggi, tidak hanya mesin bagian lainnyapun didesain khusus seperti bagian suspensi dan rangkanya yang dirancang siap menerima beban tinggi saat melakukan aksi locat terbang lalu mendarat, jenis motornya ini sendiri KX250F.

So…. baru melihat motor garuk tanah jangan langsung bilang itu Motocross, jangan kata motocross itu dibikin latah. kadung kebiasaan sih… dikit dikit… motocross..

sumber: http://www.kawasaki.com/Products

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

27 responses »

  1. dolanclinick mengatakan:

    aku dah paham sih,
    tapi nais inpoh gan

  2. kangmase mengatakan:

    makasih infonya… jadi ngerti bedanya deh

  3. kangmase mengatakan:

    oya, beda secara pisiknya apaan? ya bisa salah dong kalo ngliatnya pas dipajang doang…

    • j4na mengatakan:

      beda Off-Road dengan motocross itu kentara dari kelengkapan lampu depannya….. jika Off road/dual-perpose masih ada lampu depan plus lampu remnya. selain itu pada bagian kelengkapannya semacam suspensi depan yang sudah upside-down pada SE/motocross…

  4. Rollerman mengatakan:

    wah Bli,kyaknya ada kesalahan penulisan.hehehehe

    bukan DUEL-PURPOSE tapi DUAL-PURPOSE (kalo dliat dr arti Inggrisnya yg DUA KEGUNAAN,yaa spengetahuanku aja sih..hehehe)

  5. Marwoto Oto mengatakan:

    Kalo D-tracker masuk jenis apa bli?dual purpose kah?

  6. Ridho mengatakan:

    ente salah inpoh bro!
    Motocross: SE, ban tonjolan, shock upside down, sasis ringan, tanpa lampu.. YZ, RM, CRF, KX.
    Dual purpose/off road/dual medan: ban trail, pake lampu, sok upside down.. WRF, XTZ, KLX.
    Supermoto: ban radial, pake lampu.. WR250X, Motard.

  7. mechman mengatakan:

    wah di tempatku malah KLX 150 dibuat Motorcross, mcem loncat2 gudukan gitu..

  8. dendy mengatakan:

    owh begitu… Jadi paham aku….

  9. Ridho mengatakan:

    @j4na: kayak yg ane bilang bro, motocross utk trek tanah, cth YZ250, RM250, KX85, KX450F..
    dual purpose (enduro) utk tanah & jalan raya. jd dua2nya ya tetap ban tonjolan. cth XTZ750, TT500, DT100, KLX150, 690 Enduro..
    sementara supermoto itu tuk jalan raya, ban radial + lampu. cth hypermotard 1100S, WR450X, SV45, SML450..

    en.m.wikipedia.org

  10. ウィナ mengatakan:

    supermoto bukan dual purpose deh kayaknya,klo ga salah ini motor emg sejatinya dual purpose tp dimodif ke full aspal,buat naik trotoar,gundukan aspal(yg ga memungkinkan dilakukan motorsport)

  11. tabut7 mengatakan:

    tapi sekilas off road sama motocross gak ada beda nya y…
    hehehe

  12. hampura mengatakan:

    Kalo Scrambler masuk golongan mana…apakah light off road ?

  13. mujiburrahman mengatakan:

    wah baru tau itu thanks for the info. Berarti motor dual purpow cocok untuk di pakai keliling indonesia? Ada jalan aspal dan banyak jalan rusak dan berlubang.

  14. popo mengatakan:

    jadi ngerti deh…kirain podo???? btw ijin share gan , boleh????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s