Sudah pada baca Tabloid Otomotif beloooom????Di tabloid tersebut dikompare 3 jagoan motor sport 250cc dari tiga pabrikan berbeda, Kawasaki dengan Ninja 250R, Honda dengan CBR250R dan minerva dengan Megelli 250RV. Dalam komparasi itu dijabarkan data-data spesifikasi dari ketiga jagoan, dalam data tersebut sudah pasti Ninja lah yang paling superior jika dilihat dari spek mesinnya. CBR250R unggul dalam hal teknologi dan terakhir Megelli unggul dalam hal look/tampang yang sangat keren.
SLR pun menganggap spek Ninja 250R yang unggul di mesin tidaklah perlu dibandingkan lagi, ya sudah menang telak. Yang layak dibandingkan itu sudah jelas Dua jagoan single silinder, CBR250R dan Megelli 250RV kan sama-sama bermesin tunggal, speknya pun mirip-mirip. Dari teknologi memang SLR akui CBR memang paling top markotop, namun jika ditelusuri lebih dalam ada satu keunggulan yang dimiliki Megelli dalam hal mesin, yaitu pada bagian langkah silindernya yang beberapa mili lebih pendek dibandingkan jagoan Honda. SLR sudah sangat sering membahas tentang Bore-Stroke ini, tentu brader sudah tau apa akibatnya jika Stroke itu pendek atau lebih panjang, atau stroke si ninja yang sangat pendek makanya bisa sampai 14.000Rpm. Dengan langkah silinder yang lebih pendek sudah tentu mesin akan dapat meraih maksimum Rpm yang lebih tinggi. Powerpun bisa digali jika mesin perkitir lebih tinggi, ini juga SLR sudah pernah bahas.
Dengan bore x stroke 77 x 53.6 sebenarnya potensi mesin megelli 250RE/RV bisa mengungguli CBR250R, walaupun CBR250R unggul di teknologinya. Malahan SLR menemukan temuan baru pada mesin Megelli 250 RE/RV ini, ya… pada bore x strokenya ini yang sangat-sangat mirip dengan punyanya YZF250. …. hmmmm…. ga percaya??? bisa dibuktikan disini, Artinya mesin megelli sebenarnya punya aura Special Engine sedikit. Jika dikembangkan denga benar maka tidak mustahil lagi powernya bisa mencapai 30-40hp atau setara dengan punyanya SE YZF250…!!! Langkah paling mudah ikuti saja Spek standar dari YZF250 yang berkarbu Keihin FCR MX37 dan memiliki kompresi 13.5:1 plus beberapa ubahan di head, mungkin akan bisa mendekati spek standarnya YZF250.
Maaf jika SLR bisa cuap-cuap tentang teori saja tanfa bisa mempraktekkan, akan tetapi dengan artikel ini mungkin brader akan tau seberapa sih potensi Megelli itu…… dan satu lagi….. SLR tidaklah ada memihak megelli/CBR/ninja…. yang jelas semuanya bagus dan mempunyai keunggulan masing-masing
ini tambahan hasil dyno YZ250F:
kunjungi juga Sport-bike blog
Pertamax akhirnya…
Hmmmm podium ga yah?
sama metalurginya juga.
nah…. metalurginya yang dipertanyakan???
yups ditunggu aksi nya di circuit 😀
http://azizyhoree.wordpress.com/2011/04/23/forum-xbhp-juga-menyimak-blog-otomotif-indonesia/#comment-9367
kalo punya aftermarket racing, bisa aja kencang
kalau masalah part2nya….. klub2 sudah banyak kok yang pasang……
sudah ada pengerajin part lokal yang jago mungkin kedepannya juga akan rame……
Setuju belih..jadi penasaran sm mesin megelin..
Durabilitas mesinnya gimana mas???
di otomotif juga sudah dibahas mengenai durabilitinya…. katanya sudah bagus… sebagai bukti megelli sudah berani bermain di jepang yang terkenal akan induknya pabrikan dunia ada disana….
ini bukan SLR yang bilang loooo… tapi tabloid otomotif…
durabilitas setidaknya baru diketahui setelah usia motor diatas 2 tahun, macem home steer Vixion oblak tangki tiger bocor. Nampaknya kalau sebelum usia itu masih meragukan. MEs ki I like megelli verry muah-muah
tergantung juga bli asal minerva serius sih bisa aja….
padahal harganya murah megelli kan?
hahahaaa…
megelli yg ngowos itu bukan?
wew…mirip ya, mantab lah…btw sbener ny masalah durabilitas jgn diragukan walau dr produsen china, ane pernah baca produk china sndiri bs menggebrak pasar krn bs menghasilkan berbagai jenis kualitas dari kualitas SUPER bahkan ampe KW 1000 wkwkwkwk…contoh ane prnah ntn di TV bahwa keramik jaman-jaman dinasty bs dipalsukan bahkan scan menggunakan laser tidak mampu membedakan mana yg asli jaman dolo mana yg baru dibuat jaman skrg…kebayang canggih ny alat-alat produksi di china..???
jadi singkat kata Ada Harga Ada Rupa, nah ketika harga yg diberikan 30juta +++ trhdp megelli 250 ini ane blg dr sisi durabilitas yg diberikan udah jauh lebih baik ketimbang motor produksi china yg lain seharga 10-20 juta…
asal jangan plagiat lagi aza,,pasti bagus !!!hehehhee
wah udah q tebak neh.heheheheh
apalagi mesin Megelli kan SOHC 4 klep pluss overbore,mauu akselarasi yahudd okee,mau top speed yaa lumayan oke lah meskipun gak se oke DOHC
harusnya Yamaha bkin YZF R250 dg mesin seperti itu(SOHC 4klep Overbore),pluss injeksi pasti dehhh murah
Ninja gue kalah..
kalah apanya bos…. ya kalah jika bos beni yang bertipe over weight nunggangin…. 😀 bcanda bos….
Kalah dah ninja gue..
hehe manteb bener hanya dg naikin kompresi bisa nambah 12hp lebih. ninja aja lewat. yg jelas kompresi segitu ga akan bisa nahan mesinnya kecuali blok silindernya jg ganti punya se.
kl cm main di kompresii cbr jg bisa. CBR power 26.5 hp diperoleh dr kompresi 10,7 :1 sama dg cs 1. bandingkan dg ninja yg 11,6: 1. kl kompresi sama perkiraan ane cbr bisa 29 hp. pake regresi sederhana.
pertanyaan kedua: apakah cbr ga bisa dibuat sama seperti CRF, jawabanya bisa. yg pertama cbr dah dohc dg bentuk yg hampir sama dengan unicam cek di blognya bro martini (bandingkan dg sohcnya megelli yg mbuat busi ga pas di tengah).
kemudian Bore up cbr plus stroke down agar didapat konfigurasi bore x stroke yg sama dengan crf dan tentunya kubikasi ttp sama. bisa? jelas bisa.
jd kl buat ubahan kualitas metalurgi CBR lebih siap. dan menurut ane, CBR kl dah serius digarap ma HRC bisa kok bejaban dg ninja. walupun di trek yg straightnya panjag KO.
orang2 china emanmg sangat2 kreatip, buktinya ekonomi mereka jauh meningkat diatas negera2 maju
http://kangmase.wordpress.com/2011/04/23/new-scorpio-250-segera-keluar/
Dah baca tentang megelli setingan terbaru blum di gilamotor.Com? Dg kondisi standard, cuma ganti mufler knalpot(bukan full system kayak yg dipake cbr250r di sentul kmarin) trus mainin jetting n atur kekerasan shock, megelli tembus 1.58 di sentul. Lebih cepat 1 detik dari pada cbr250r dg power commander n knalpot fullsystem
nice info bro…… mana linknya????
Nih bli
http://gilamotor.com/2011/04/minerva-terus-kembangkan-megelli-250r/
di blognya om haji taufik kan cbr250r tembus 1.59 di sentul saat kejurnas
masalahnya material mesin migeli itu kuat tidak dibuat lebih kenceng lagi wong standar nya aja bisa ngowos
megelli gw dah ganti head se…lonjakany powerny jga cukup besar tenaga yg d dapet sampe 38,6 dk
yang bner bro…. kirim data modifannya dong ke SLR plus foto2nya…
megeli mantap ……………….
ada yg make buat turun di moto3 ga ya??¿¿
sementara nggak bro… ya siapa tau next time…..
harusnya megelli dah mampu, jika melihat salah satu regulasinya mesin piston tunggal & rpm di batasi 14000rpm aja.
tinggal di porting polish, noken as durasi lebih panjang, dan naikin kompresi pasti bisa dapet 30 Hp kaya yzf250
gw aja udah pake Megelli 250RE dan sampe saat ini gw itu tersiksa dimana setiap bulan pasti ada masalah, dari segi enjin starter, rante sering lepas, sensor bensin gak nyala, meter kosonya gak berfungsi dan yg terbaru stang sekher rusak, umur motor gw baru 9 bulan tp udah rusak terus.. makanya pendapat gw sih kalau yg bener2 butuh motor itu buat dipake harian mending beli motor lain aja soalnya kita pasti akan rasa dirugiin. – Michael
minerva sachs bukan pabrikan cina broo tp pabrikan GERMANY krna minerva sdah bekerja sama oleh pt.sachs,thannks…
Megelli 250RV gwa aja ga pernah ada masalah gan…
padahal pake terus”an tiap hari wkwkwkk…..
klo sering bermasalah coba dilihat cara perawatannya, mungkin ada yg salah tuh..