Akhir-akhir ini banyak tersiar info jika Honda mematenkan teknologi yang ada disekujur tubuh CBR250R, yang paling teringat dibenak SLR adalah pada bagian Roller Rocker-Armnya yang ikut juga dipatenkan. Bagaimana dengan gambar dibawah yang sangat mirip dengan teknologi yang dimiliki CBR250R.

hayoooo apa penjelasan mengenai gambar ini jika dikaitkan dengan CBR250R??? Apa bedanya dengan kepunyaan CBR??
Bisakah brader-brader yang pada ngerti mesin jelaskan mengenai foto/gambar diatas!! Apa bedanya dan apa kesamaannya dan juga punya apa teknologi ini??? hayoooo… teka-teki nih..
kunjungi juga Sport-bike blog
pertamax hehey…
selamat yah buat pertamaxnya…
kedua..!
ternyata pengukurannya menggunakan dial juga.
bli, ulans juga dong tentang penggunaan Dial, Buret dan Dusur Derajat.
waduh itu mesin industri apa ya????? secara konstruksi sama percis seh…….
loh??? sama tuh, brarti udah ad pendahulu mesin kyk cbr250…bs bentrok patent tuh
mirip2 sohc 4 klepnya yamaha, bedanya camshaft terletak diatas dan menekan rocker arms yang terletak di punggung rocker arms tsb. mungkin gitu ya….
lah…tempe aja dipatenkan jepang, coba aja indonesia export tempe, pasti jepang ngamuk2
artinya selama ga ada yg patenin ya silakan aja dipatenkan, kalo mau ngomel2 yo silakan xixixixi
SLR miris juga ama tempe yang dipatenkan jepang…..
astaga bener tempe dipatentkan jepang??? bahhh itu kan dr negeri kita sndiri…kampret!!!
ane coba bantu jelasin..
kalo gambar diatas.. ane kurang paham.. tapi itu gambar mekanisme cam shaft sistem DOHC (Double Over Head Camshaft engine)..
kalo gabar yang bawah, pengukuran derajat (buka- tutup) cam menggunakan DTI.. Dial Test Indicator.. ane lupa istilahnya… dari situ bakal ketauan dalam 360 derajat, brapa derajat katup mulai terbuka, berapa lama bukaanya, berapa lama terjadinya overlapping (katup masuk dan katup buang sama sama terbuka, sampe berapa lama katup tertutup..
wachhh pokonya kalo diceritain bisa panjang deccchhh… 😀
nich elmu jaman ane STM dulu… 😀
CBR niru
numpang jemuran
Akankah AHM merilis Forza-X 250?
http://vespaalitalia.blogspot.com/2011/04/akankah-ahm-merilis-forza-x-250.html
Vespa GTS 300 Super
http://vespaalitalia.blogspot.com/2011/02/vespa-gts-300-super.html
Honda Tiger VS Bajaj Pulsar 220 DTS-i
http://vespaalitalia.blogspot.com/2011/03/honda-tiger-vs-bajaj-pulsar-220-dts-i.html
mas bro, klo g salah liat, itu (gambar atas dan bawah) mirip tapi beda.
yang atas, posisi klep in out lebih tegak!(karena letap pelatuk klep disisi dalam)
yang bawah, posisi klep in out lebih tidur(karena letap pelatuk klep disisi luar)
iya g???
secara teoretis, maka semakin sudut klep itu tegak maka aliran campuran bahan bakar dan udara semakin homogen dan semakin cepat…
mungkin ini yang dipatentkan, item kecil ini…
http://agungsevi.wordpress.com/2011/04/26/setel-kemudi-pada-roda-4learn-never-stop/
http://agungsevi.wordpress.com/2011/04/17/ban-motor-tahu-kan-sekarang-ganti-ban-mobil/
http://agungsevi.wordpress.com/2011/04/16/kawak-ksr-akan-menjadi-monster-cilik-2011/
simple…serupa tapi tak sama
prinsipnya sama, cuma beda di adjuster saja, CBR250R tidak menerapkan sistem adjuster (settingan mati) di ujung klepnya, sedangkan gambar yang bawah terdapat adjuster di ujung klepnya …
xixixixixxi
Yamahandfriends mengadakan blog awards. info selengkapnya klik aja di http://www.yamaha-friends.com/?act=articles&aid=858
semoga berhasil friends
gambar terakhir kurang jelas, tapi kayannya ujung rocker armnya memiliki adjuster dan bentuk penekannya tidak memanjang. kalau dilihat dari posisi kiri gambar rocker arms sudah menekan kedua katup,posisi kedua sudah membuka. mgkn gt ya….hehe artikel yang menarik
tentu saja yg dipatentkan itu pengaplikasian di motor, kalo di mesin lain seperti diesel engine / engine mobil sudah ada yg lebih dulu aplikasikan kalee bli, hanya mungkin beda design 😀
bner bro,…. cuma beda desain saja…
pernah juga liat di mesin disel seperti bro bilang… mirip banget…
n kalo ga salah audi pun mirip banget desainnya
itu beda bgt ,,
yg bawah penyetingan layak’a tappet konvensional kaya honda blade, revo, new mega pro dll (cuma itu ada 2 valve perrocker arm) ,, dengan kata lain screw adjusting bisa dsetting celahnya ,, pengecekan celah’a pun cukup menggunakan filler ,, cukup sederhana ,,
yg cbr 250 ga pake screw adjusting ,, settingan’a dah fix ,, pengukurannya celah’a pun bukan pke filler, tp pake plastic gage (aplikasi’a cukup rumit dbnding pke filler) ,, tp yg cbr design’a lebih rigid coz sedikit sekali faktor kegagalan dr fastening dan setting ,,
cmiiw
nahhh ini tau racikannya, jadi kenapa CBR 250 dipatenkan itu ga semata2 roller rocker arm nya, pemakaian shim tablet pun sudah ga pakai topi mirip di CBR 150 ataupun FU tapi langsung di groove diatas ujung valve , untuk penggantiannya pun sangat gampang, setidaknya tidak perlu bongkar cam dan merubah setingan timing nya, pokok e praktis, kapan2 artikelnya tak tulis deh 😀
http://azizyhoree.wordpress.com/2011/04/28/masihkah-angel-eyes-pantas-menjadi-trending/
yang penting nggak sama plek-plek… begitu juga diproduk mebel… asal gak sama plek, boleh tetep diproduksi.. 😀
http://yudibatang.wordpress.com/2011/04/29/awasair-radiator-cepat-habis-bisa-menyebabkan-bubur-sumsum-didalam-mesin/
ra mudheng…
terlalu sukar dipahami oleh kuli bangunan seperti saya hehe.. lanjut boz
Yang sama dengan CBR250 adalah design rocker arm nya, dimana gambar diatas sama2 menggunakan design model FORK. jadi roller ditempatkan diantara gagang platuk untuk kedua klep. Design seperti ini lebih simple dalam hal friksi roller yang hanya 1 roller untuk 2 klep.
Dan juga dengan design seperti itu akan mengurangi beban mesin yang dikarenakan pendeknya rocker arm.