Jika melihat tren yang akan merebak ataupun yang sudah di kelas motor sport 250cc, mesing single silinder akan menjadi pilihan bagi pabrik-pabrikan yang akan menurunkan motor sport 250cc terbarunya. Ditandai dengan isu yang menyatakan motor sport barunya Yamaha akan memakai basis dari mesin LC4V yang artinya mesin itu merupakan berkonfigurasi single silinder jadi melengkapi Honda yang telah duluan dengan mesin singlenya.

Bagaimana dengan pabrikan lainnya macam Suzuki dan Bajaj yang dikabarkan barangnya sudah ready(Suzuki GW250) dan simpang siur (Bajaj250)..??? Untuk motor Sportnya Suzuki sebanarnya tidaklah perlu lagi dibicarakan, kan sudah ketahuan bagaimana tampang dan konfigurasi mesinnya.. ya twin mirip seperti punyanya Ninja250R. Lain lagi dengan Pabrikan motor India yang belum kelihatan batang hidungnya, kalaupun ada isunya yang sedari awal mengabarkan akan memakai mesin twin dan belakangan ini lagi merebak kabar akan memakai mesin single silinder.

jangan sampai membunuh saudara jauh

Dua minggu yang lalu tepatnya tanggal 23 SLR mengadakan polling untuk menyatukan pemikiran brader yang memperhatikan dunia permotor sport’an khususnya untuk Sport terbarunya Bajaj 250. Di poll itu SLR memberikan 4 opsi pilihan dan yang paling banyak mendapat support adalah Bajaj hendaknya menggunakan mesin single silinder guna menjaga hubungan baik dengan saudaranya Kawasaki.

Nunggu aja deh,biar berapa silinder, yang penting keren      23.21%
So pasti 2 silinder lah  10.71%
Cuma satu silinderlah, masak mau membunuh rekan sendiri(ninja250r)      39.29%
Tetep twin tapi bertipe lain, yaitu V-Twin… paya bisa nerapi DTS-i 26.79%

Lihat persentase diatas, 39.29% dari keseluruhan yang mem’vote adalah yang lebih suka dengan single silinder dibandingka dengan mesin twin ntah itu paralel twin ataukah V-Twin dan setuju kepengin menjaga hubungan baik Bajaj dengan Kawasaki dalam produksi Sport 250cc. Jika dipikir-pikir emang sebaiknya Bajaj memproduksi motor dengan satu silinder mengingat isu kedepannya mengenai efisiensi dan perawatan akan sangat diperhatikan dalam pembelian motor terbaru. Dari segi efisiensi sudah jelas mesin single silinder jadi rajanya apalagi kedepannya mungkin akan banyak terdapat kendala dalam pembelian bahan-bakar minyak(kelangkaan BBM) sehingga motor dengan konsumsi yang ekonomis dibutuhkan. Perwatan, juga sudah tentu semua orang tau jika mesin bersilinder tunggal itu jauh lebih mudah dalam segi perawatan yang tidak menyita biaya banyak dan juga membutuhkan waktu yang teramat singkat, kan di masa mendatang waktu itu sangat berarti walaupun hanya semenit… eeeh… sekarangpun sudah berlaku kok.

catatan: *Memang hasil Poll yang SLR adakan tidak bisa menggambarkan keseluruhan pendapat motor sport mania jadi mohon permaklumannya.

Kunjungi juga Sport-bike blog

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

7 responses »

  1. nanobiker mengatakan:

    bruuumm…. 2 silinder,lbh gahar..

  2. myxfikri mengatakan:

    1 silinder 4 klep cukup, yg penting sasis baru yg lebih ringan, rigid, n stabil…pasti bisa wussss….wusssss

  3. yuwono mengatakan:

    Nggak kebayang kalo 6 silinder, konfigurasinya W. tambah 2 strok. TOHC lagi, Nggak ada yang ngalahin.

    numpang jemuran
    BSB: Race 1 Oulton Park
    http://vespaalitalia.blogspot.com/2011/05/bsb-race-1-oulton-park.html
    BSB: Race 2 Race 1 Oulton Park . Hopkins Menang
    http://vespaalitalia.blogspot.com/2011/05/bsb-race-2-race-1-oulton-park-hopkins.html

  4. Kyoghi mengatakan:

    single is OK, asal teknologinya meningkat, paling dikit liquid cooled, 4 klep, FI, kalo gak mampu DOHC ya SOHC juga cukup, that’s all enough, jgn yg P220 skrg dibore up lagi, cape dhe……….

  5. shinichi mengatakan:

    Ngak usah yg mhal..yg murah aja sdh cukup..!!!

  6. Kukuh mengatakan:

    Pokoke aku suka dobel;-)😉😉 .twin aja buar mantwp.urusan sama kawasaki ga msalah, uda beda segment pemasarannya kok.bajaj untuk kelas menengah ke bawah,kawasaki menengah keatas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s