Isu Bajaj memakai satu silinder untuk sport terbarunya yang berkubikasi 250cc semakin santer saja, mungkin sudah benar bisa dipastikan Bajaj benar-benar akan memakai single cylinder. Otak inipun berpikir tentang mesin satu silinder yang bakalan dipakai untuk jajaran Sport terbarunya ini.
berikut spek dari KTM EXC-F 250Let’s ambil kaca pembesarnya buat menyelidiki informasi yang mungkin berkaitan dengan mesin 250cc yang dipakai Bajaj… oooeeiii emangnya detektif pake kaca pembesar segala…!!! ngak lah…!!! Mari kita amati dulu kedekatan Bajaj dengan pabrikan motor lain, jatuhnya di Kawasaki dan KTM .
Mari slidiki dulu di jajaran motor kuat Kawasaki yang memakai mesin 250cc silinder tunggal. Jatuhnya di KLX 250, tapi mungkinkah memakai mesin KLX ini??? mungkin saja selama Bajaj belum merilis secara pasti speknya, selain itu dipekuat dengan kabar dari salah satu Blog india yang SLR lupa alamatnya, disana disebutkan bahwa kisaran powernya ada di 25hp. Naaah ini sudah pasti mendekati power yang dihasilkan KLX250 yang di dynotest mencapai 21hp dan crankcase 25-27hp.
Engine and transmission KTM 250EXC-F | |
---|---|
Displacement: | 248.60 ccm (15.17 cubic inches) |
Engine type: | Single cylinder, four-stroke |
Compression: | 12.8:1 |
Bore x stroke: | 76.0 x 54.8 mm (3.0 x 2.2 inches) |
Valves per cylinder: | 4 |
Fuel system: | Carburettor. Keihin FCR MX 39 |
Fuel control: | DOHC |
Ignition: | Kokusan |
Lubrication system: | Pressure lubrication with 2 oil pumps |
Cooling system: | Liquid |
Gearbox: | 6-speed |
Kemungkinan yang kedua datang dari mesinnya KTM yaitu dari seri EXC-F yang sekelas dengan KLX250 dan fungsinya pun serupa yaitu untuk enduro. Spek mesinnya pun wajar seperti pemakaian karbu FCR MX 39, beda dengan seri kopetisinya KTM yang memakai throttle-body 42mm. Tentu brader akan bertanya-tanya kenapa SLR memperkirakan Bajaj 250 memakai mesin dari kelas enduro ini dan bukan dari kelas motorcross saja ataupun dari motor murni sport dari kedua merek itu. Pertama datang dari spek motor enduro yang tak begitu superior dan juga tidak begitu rendahan, atau bisa dibilang sedang-suedang saja berpengaruh juga ke harganya, dengan memakai mesin dari motor enduro sudah tentu biaya dapat ditekan dibandingkan memakai mesin dari motorcross yang sudah pasti muahal. Kedua, tidak diambil dari mesinnya motor laki tulen disebabkan kedua rekan Bajaj ini tidaklah memiliki motor Sport yang bersilinder tunggal dengan kubikasi 250c so… kan tak de pilihan selain enduro….
Engine and transmission KLX 250 | |
---|---|
Displacement: | 249.00 ccm (15.19 cubic inches) |
Engine type: | Single cylinder, four-stroke |
Torque: | 20.50 Nm (2.1 kgf-m or 15.1 ft.lbs) @ 7000 RPM |
Compression: | 11.0:1 |
Bore x stroke: | 72.0 x 61.2 mm (2.8 x 2.4 inches) |
Fuel system: | Injection |
Fuel control: | DOHC |
Ignition: | Digital CDI |
Ini hanyalah pendapat SLR saja dan mungkin saja brader semua ada tambahan pendapat-pendapatnya mengenai dari mana mesin Bajaj 250 akan dipasok ataupun diambil basicnya. Mari di kluarin pemikirannya.
Kunjungi juga Sport-bike blog
Pertamax malu bli….
Pertamax 9250
mending satu silinder saja,di samping perawatan murah(katanya) kan gak bersinggungan ma tugelan jauhne kawasaki ninja….jd bisa berhadapan langsung ma cbr 250 yang juga satu silinder,pun nanti jika yamaha ngelurin 250 jg..kemungkinan mesin enduro bisa saja,ato malah sudah ada mesin baru spt yg di ciptakan honda?who knows?wait and see……….
Kayaknya pake KTM di downgrade, pastinya harganya lebih murah
numpang jemuran
Honda CBR 1000RR Fireblade Casey Stoner Replica
http://vespaalitalia.blogspot.com/2011/03/honda-cbr-1000rr-fireblade-casey-stoner.html
CBR 250R VS Ninja 250VS GT 250R
http://vespaalitalia.blogspot.com/2011/04/honda-cbr-250r-vs-hyosung-gt-250r-vs.html
New Vixion 150 VS New CBR 150R
http://vespaalitalia.blogspot.com/2011/04/new-vixion-150-vs-new-cbr-150r.html
Lebih wah lagi riset mesin baru, tapi butuh biaya sama effort sih
wuih pake mesin KTM, mesin kelas dunia tuh, mudah2an pake mesin ini
sebenernya yang patut dikhawatirkan dari Bajaj sih bukan mesinnya, tapi desainnya…
jangan2 GITU-GITU LAGI
kenapa gak mikir pake P220 aja basisnya? kayaknya bakalan murah…
KLX 250 punya temen ganti knalpot dan ngecilin gir belakang sanggup lari 150kpj tapi udah oleng ga karuan, ketinggian motor katanya. kalo kondisi standarnya giginya pendek2..
http://smartf41z.wordpress.com/2011/05/05/led-luxeon-buat-spedometer-dan-lampu-senja/
kayaknya sich DOHC air cooled bin angin semriwng 😀
ati” mas aziz ,asuk angin…
:mgreen:
urus dulu jaringan service ama partsnya…
jualan motor koq enggak ada supportnya…
mantap juga kalo pake mesin KLX250… ato jgn tanggung2..pake aja mesin SE KX250 😆
nitip jemuran mang
http://endlesslight711.wordpress.com/2011/05/05/alhamdulillah-ada-respon-positif-dari-pihak-yamaha/
tetep tidak sanggup beli……..