KTM dan kawasaki pasti membawa peran khusus

Isu Bajaj memakai satu silinder untuk sport terbarunya yang berkubikasi 250cc semakin santer saja, mungkin sudah benar bisa dipastikan Bajaj benar-benar akan memakai single cylinder. Otak inipun berpikir tentang mesin satu silinder yang bakalan dipakai untuk jajaran Sport terbarunya ini.

berikut spek dari KTM EXC-F 250Let’s ambil kaca pembesarnya buat menyelidiki informasi yang mungkin berkaitan dengan mesin 250cc yang dipakai Bajaj… oooeeiii emangnya detektif pake kaca pembesar segala…!!!:mrgreen: ngak lah…!!! Mari kita amati dulu kedekatan Bajaj dengan pabrikan motor lain, jatuhnya di Kawasaki dan KTM .
Mari slidiki dulu di jajaran motor kuat Kawasaki yang memakai mesin 250cc silinder tunggal. Jatuhnya di KLX 250, tapi mungkinkah memakai mesin KLX ini??? mungkin saja selama Bajaj belum merilis secara pasti speknya, selain itu dipekuat dengan kabar dari salah satu Blog india yang SLR lupa alamatnya, disana disebutkan bahwa kisaran powernya ada di 25hp. Naaah ini sudah pasti mendekati  power yang dihasilkan KLX250 yang di dynotest mencapai 21hp dan crankcase 25-27hp.

Engine and transmission KTM 250EXC-F
Displacement: 248.60 ccm (15.17 cubic inches)
Engine type: Single cylinder, four-stroke
Compression: 12.8:1
Bore x stroke: 76.0 x 54.8 mm (3.0 x 2.2 inches)
Valves per cylinder: 4
Fuel system: Carburettor. Keihin FCR MX 39
Fuel control: DOHC
Ignition: Kokusan
Lubrication system: Pressure lubrication with 2 oil pumps
Cooling system: Liquid
Gearbox: 6-speed

Kemungkinan yang kedua datang dari mesinnya KTM yaitu dari seri EXC-F yang sekelas dengan KLX250 dan fungsinya pun serupa yaitu untuk enduro. Spek mesinnya pun wajar seperti pemakaian karbu FCR MX 39, beda dengan seri kopetisinya KTM yang memakai throttle-body 42mm. Tentu brader akan bertanya-tanya kenapa SLR memperkirakan Bajaj 250 memakai mesin dari kelas enduro ini dan bukan dari kelas motorcross saja ataupun dari motor murni sport dari kedua merek itu. Pertama datang dari spek motor enduro yang tak begitu superior dan juga tidak begitu rendahan, atau bisa dibilang sedang-suedang saja berpengaruh juga ke harganya, dengan memakai mesin dari motor enduro sudah tentu biaya dapat ditekan dibandingkan memakai mesin dari motorcross yang sudah pasti muahal. Kedua, tidak diambil dari mesinnya motor laki tulen disebabkan kedua rekan Bajaj ini tidaklah memiliki motor Sport yang bersilinder tunggal dengan kubikasi 250c so… kan tak de pilihan selain enduro….

Engine and transmission KLX 250
Displacement: 249.00 ccm (15.19 cubic inches)
Engine type: Single cylinder, four-stroke
Torque: 20.50 Nm (2.1 kgf-m or 15.1 ft.lbs) @ 7000 RPM
Compression: 11.0:1
Bore x stroke: 72.0 x 61.2 mm (2.8 x 2.4 inches)
Fuel system: Injection
Fuel control: DOHC
Ignition: Digital CDI

Ini hanyalah pendapat SLR saja dan mungkin saja brader semua ada tambahan pendapat-pendapatnya mengenai dari mana mesin Bajaj 250 akan dipasok ataupun diambil basicnya. Mari di kluarin pemikirannya.

Kunjungi juga Sport-bike blog

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

14 responses »

  1. catur mengatakan:

    Pertamax malu bli….

  2. nick69 mengatakan:

    Pertamax 9250

  3. catur mengatakan:

    mending satu silinder saja,di samping perawatan murah(katanya) kan gak bersinggungan ma tugelan jauhne kawasaki ninja….jd bisa berhadapan langsung ma cbr 250 yang juga satu silinder,pun nanti jika yamaha ngelurin 250 jg..kemungkinan mesin enduro bisa saja,ato malah sudah ada mesin baru spt yg di ciptakan honda?who knows?wait and see……….

  4. yuwono mengatakan:

    Kayaknya pake KTM di downgrade, pastinya harganya lebih murah
    numpang jemuran
    Honda CBR 1000RR Fireblade Casey Stoner Replica
    http://vespaalitalia.blogspot.com/2011/03/honda-cbr-1000rr-fireblade-casey-stoner.html
    CBR 250R VS Ninja 250VS GT 250R
    http://vespaalitalia.blogspot.com/2011/04/honda-cbr-250r-vs-hyosung-gt-250r-vs.html
    New Vixion 150 VS New CBR 150R
    http://vespaalitalia.blogspot.com/2011/04/new-vixion-150-vs-new-cbr-150r.html

  5. vixionr15 mengatakan:

    Lebih wah lagi riset mesin baru, tapi butuh biaya sama effort sih

  6. myf mengatakan:

    wuih pake mesin KTM, mesin kelas dunia tuh, mudah2an pake mesin ini

  7. myf mengatakan:

    sebenernya yang patut dikhawatirkan dari Bajaj sih bukan mesinnya, tapi desainnya…
    jangan2 GITU-GITU LAGI

  8. kangmase mengatakan:

    kenapa gak mikir pake P220 aja basisnya? kayaknya bakalan murah…

  9. smartf41z mengatakan:

    KLX 250 punya temen ganti knalpot dan ngecilin gir belakang sanggup lari 150kpj tapi udah oleng ga karuan, ketinggian motor katanya. kalo kondisi standarnya giginya pendek2..

    http://smartf41z.wordpress.com/2011/05/05/led-luxeon-buat-spedometer-dan-lampu-senja/

  10. azizyhoree mengatakan:

    kayaknya sich DOHC air cooled bin angin semriwng 😀

  11. ben mengatakan:

    urus dulu jaringan service ama partsnya…
    jualan motor koq enggak ada supportnya…

  12. LIONSTAR mengatakan:

    mantap juga kalo pake mesin KLX250… ato jgn tanggung2..pake aja mesin SE KX250 😆

    nitip jemuran mang
    http://endlesslight711.wordpress.com/2011/05/05/alhamdulillah-ada-respon-positif-dari-pihak-yamaha/

  13. bernard bear mengatakan:

    tetep tidak sanggup beli……..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s