Mungkin bagian ini tidak semua orang pada ngeh, mungkin juga yang melihat bagian ini bakalan mengira hanya sebagai hiasan pemanis motor saja. Namun dibalik semua itu peranan Ram-air bukan lah sebagai pemanis saja, namun fungsi dari lubang ini sangat simpel namun suangaaat puentiiing.

Di motor berkapasitas mesin kecil ataupu mesin bersilinder tunggal Ram-air ini memang tidaklah ada artinya, malahan terkesan hanya sebagai penggagah tampilan saja, namun beda dengan motor yang multi silinder (4 silinder) dengan kapasitas mesin yang lumayan besar. Ram air ini sangat berfungsi krusial yaitu sebagai penambah pasokan udara ke mesin kala berputar dengan sangat cepatnya dan jika hanya mengandalkan sedotan mesin saja, kemungkinan mesin akan kekurangan udara. Tidak hanya itu saja dibalik kesimpelannya tersimpan fungsi yang sangat istimewa yaitu sebagai turbo/super charger dari mesin, masih ingatkan prinsip kerja turbo/supercharger yang  memaksa udara masuk sebanyak mungkin ke dalam mesin. Sama juga dengan turbo/supercharger, Ram air juga menciptakan udara yang bertekanan yang akan dimasukkan ke dalam mesin.

ram-airnya lebar n panjang

Bagaimana dengan motor harian kita?? bisa ga ditambah ram air?? ooooh bisa… tapi.. ada tapinya loooh…!! Dengan adanya ram air sudah tentu udara yang masuk saat motor berjalan dikecepatan tinggi sangat banyak dan menimbulkan campuran miskin, solusinya harus diperkaya bahan bakarnya agar mencapai keseimbangan yaitu 12:1. nah inilah masalahnya.. agar keseimbangan itu tetap terjaga diperlukan berbagai macam sensor yang berfungsi mendeteksi banyaknya debit udara yang masuk, sudah tentu juga diperlukan alat berupa injektor tambahan yang berfungsi menambah debit bahan bakar saat kecepatan motor tinggi. Keuntungannya sebenarnya ada di motor yang sudah Injeksi,tidak perlu lagi menambah serangkaian sensor-sensor, yang dibutuhkan hanya satu yaitu ECU yang bisa diprogram ulang atau paling mudahnya Piggyback. Pokoknya jika dibicarakan lebih lanjut tidak bisa dibahas satu seri artikel saja, SLR hanya memberikan bayangan saja.

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

14 responses »

  1. Gendown mengatakan:

    Pertamax malam-malam:mrgreen:

    kalau ram air di byson yang kecil deket karbu itu efektif gak bli?

  2. hendri mengatakan:

    kalo cbr250 di kasih ram air, siapa tau bisa podium di kejurnas 250 cc🙂

  3. Ferdy mengatakan:

    Ketiga,huhu.,

  4. August mengatakan:

    Ninja 250r kok ga pake RAM AIR jg BLI, padahal kan jg termasuk multi silinder mesinnya?

    • j4na mengatakan:

      kemungkinan terbesarnya disebabkan torehan power yang di targetkan kawasaki tidak sebesar power sport tulen 250cc macam sodara tuanya ZX-2R yang ada ram air di fairing atas…. kan ZX2R diproyeksikan untuk berpower 45hp dengan CC yang cuma 250. jalan menambahkan Ram air lah yang paling pas…. begitu juga dengan jumlah silindernya yang paralel 4

  5. platy mengatakan:

    keseimbangan 12:1 itu apa ya mas bli?

  6. myf mengatakan:

    iya rata-rata kalo di moge sport kelas 600-1000cc, penambahan ram air bisa nambah power sekitar 10-20 hp

  7. Rollerman mengatakan:

    kok gak ada yach inovasi filter udara dlengkapi fan (kipas)

    yaa jd nyedot udara lebih cepat n bnyak sehingga performa bisa naik

    berkhayal mode:oN

  8. si oom mengatakan:

    ooo gitu toh😎

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s