Di Blog SBB, SLR sudah menampilkan Video dari kegaharan suara senalpot MV Agusta, yang begitu menggetarkan… pokoknya muantap sangaat daaaah. Sekarang giliran perubahan dari persi lamanya ke yang terbaru sekarang yang SLR bahas, memang tidak keseluruhan tapi bagian-bagian yang terpenting dari perubahan tersebut.
Yang pertama dari diameter pistonnya yang dibore-up dan strokenya dilakukan stroke down sehingga kapasitas mesinnya tetap seperti persi F4 yang standar terdahulu yaitu 998cc. Jika terdahulu diameter sehernya hanya 76mm, diperbesar lagi 3mm menjadi 79mm dan strokenya diperpendek lagi 4.1mm menjadi 50.9mm yang standarnya 55mm. Perubahan ini berarti desainer mesin dari MV Agusta kepengin mesin motornya lebih Hi-rev lebih powerful atau bisa dibilang Rpmnya supaya melonjak lebih tinggi dari standarnya yang hanya 13.000Rpm menjadi 13.700Rpm, jika dibandingkan dengan BMW S1000RR yang max Rpmnya 14.000Rpm berarti kurang lagi 300rpm si F4. Ubahan ini berpengaruh ke Powernya yang meningkat jauh menjadi 201hp.
Perubahan berikutnya ada di sisi valve trainnya, memakai 16 klep dengan bahan kelas wahid titanium, diameter klep In yang semula 30mm menjadi 31.8mm sedangkan klep Exnya meningkat menjadi 26mm atau meningkat 1mm dari persi sebalumnya. Perubahan diameter klep itu dipengaruhi oleh perubahan yang dibahas pertama. Ketiga ada pada perubahan sistem intakenya yang sudah menerapkan sistem variable length intake trumpets berdiameter 49mm, alat ini mirip dengan yang dipakai Yamaha R1 dan Aprilia RSV4.
Pokoknya inilah motor yang diproyeksikan dapat mengalahkan kegaharan power dari S1000RR, dan kita tunggu saja pembuktiannya di sirkuit ataupun yang berkaitan dengan test power.
PRETAMAX KAH..
1
Kok sepi ndak ad yg komen
hmmmm mesinnya sih oke,tp kok modelnya kaku yach???
gak kyak Superbike jepang
Mantap..!?!
Bro..bisa dibahas kenalpotnya juga ga…?Konfigurasinya kok aneh banget ya…ane baca kok konfigurasinya 4-2-1-4…aneh banget..apa gah ngaruh ke performa..udah jadi 1 dipecah jadi 4 lagi…
http://ngobrolmotor.wordpress.com/2011/05/14/hasil-free-practice-2-motogp-le-mans-plus-berita-terbaru-seputar-ducati-honda-n-yamaha-di-le-mans/
yang umum biasanya 4-1 dan 4-2-1, tapi terkadang ada juga yang kembali memecahnya lagi, semisalnya 2-1-2 nya Ducati.
Begitu juga dengan Yamaha R1 yang 4-2-1-2, di R1 bertujuan untuk menjinakkan suara yang dihasilkan senalpot plus untuk mengurangi getaran di tail.
semantara di MV Agusta itu bertujuan untuk menonjolkan unsur seni dari karyanya, coba saja lihat dari belakang, terlihat gagahkan???
lebih lanjutnya akan saya selidiki dan dituangkan dalam senuah artikel…
thanks mas master samadi O_O..
o gitu..iya si bro..bener juga..dari mv agusta f4 generasi awal ada 4 moncong kenalpot nongol..mungkin itu ciri khas yang pgn dipertahanin juga ya bro.. 🙂
Berarti ngorbanin torsi ya Kang…
Ini bener2 art of motorcycle… (tapi masih lebih suka RSV4nya Aprilia :p )
belum tentu torsinya terkorban mas stevan, sebagai contohnya S1000RR yang memiliki stroke lebih pendek, tetap saja torsinya bisa menyaingi ZX10R….. motor eropa kan sudah dari sononya kuenceng, tapi kurangnya di sasis
keren euy…
fairing depannya ada penyegaran,,,
warnanya juga keren merah…
bedanya ama yg versi “Claudio Castiglioni” apa Bli???
bedanya ada di mesin bro…. yang F4 CC masih memakai spek standar namun diupgrade sehernya dengan yang lebih besar, 79mm.. kapasitas mesinnya pun meningkat menjadi 1078cc dan powernya sampe 200hp…..
sekilas mirip desmonya ducati..
Numpang Jemuraan
Vespa GTS Super 125 2011 Sudah Injeksi
http://vespaalitalia.blogspot.com/2011/05/vespa-gts-super-125-2011-sudah-injeksi.html
Ganasnya Torsi Skuter Yamaha Majesty
http://vespaalitalia.blogspot.com/2011/05/ganasnya-torsi-skuter-yamaha-majesty.html
Peluang Yamaha X-Max 250 ABS Sangat Besar
http://vespaalitalia.blogspot.com/2011/04/peluang-yamaha-x-max-250-abs-sangat.html
Suzuki DR 200 SE Mantabs
http://vespaalitalia.blogspot.com/2011/05/suzuki-dr200se.html
kekurangan mv agusta adl di durability ma harga. mesin cepet ancur harga nagudzubillah.
bener bro… mungkin motor ini khusus untuk pose atau ya jarang keluar lah.. biar awet.. selain itu modelnya nya yang cukup meleber adalah sebuah rintangan untuk rider lokal!! xixixixxi
http://agungsevi.wordpress.com/2011/05/14/ymki-memperlihatkan-kedewasaan-untuk-kompetitornya/
http://agungsevi.wordpress.com/2011/05/12/ada-motor-2-tak-dan-4-tak-ini-tanpa-tak/
http://agungsevi.wordpress.com/2011/05/12/mengenal-sistem-pelumasan-motor-biar-lebih-kenal/
m……… anteb banget
(berat banget, red)
mv agusta f4 tuh superbike paling susah nikung …terbukti saat di comparison track di nilai paling buruk …tetep bmw s1000 rajanya …tp saat ini di comparison track kalah sama aprilia rsv4 aprc se …
gini2 top speednya 355 km/jam lo… Lihat wikipedia deh
timing chain nya ditengah 😯
http://azizyhoree.wordpress.com/2011/05/15/bocor-alus-yamaha-fino-sepertinya-memang-akan-diproduksi-ymki/#comment-10551
kalo ktm rc8 bro, gimana?
Sudah dibahas blm??
Emamg sih, ktm menonjolkan enduro bike, tapi dia juga punya sport murni, sperti rc8, rc125, rc250.