dengan 3 klep memberikan efek swirl di ruang bakar.... campuran bensin-udara pun menjadi homogen, berlanjut ke arah efisiensi

Iseng-iseng buka website resminya TVS india, sekedar ingin tau produk-produknya beserta teknologi yang dipakai. SLR pun tidak sengaja masuk ke salah satu halaman yang membahas tentang techo & Efficiency, baca-baca dari atas sampe bawah kesemua halaman itu …eeeh kok ada tulisan berbahasa inggris  yang nampak  seru dan menarik ya!!! Bertuliskan “Inspiration from aeroplanes – the magic of CCVTI”. Ada tulisan aeroplane’nya loooh Waaah nampaknya seru nih jika dibahas….!!!

Dari halaman tersebut SLR mendapatkan informasi tentang penggunaan teknologi yang diambil dari teknologinya pesawat terbang berpiston. Teknologi itu berupa CCVTI yang memberikan ekstra power pada mesin namun dengan konsumsi bahan bakar yang tetap ekonomis. Teknologi inilah yang ada di TVS Tormax yaitu penerapan 3 buah klep dalam kepala silindernya, 2 klep untuk inlet dan 1 klepnya lagi untuk exhaust. Menurut TVS lubang-lubang ini juga disebut dengan Swirl Port, yang memberikan efek pusaran ketika campuran bahan-bakar dengan udara masuk ke ruang bakar, pusaran ini berfungsi untuk mencampur atau meratakan kembali antara campuran bahan-bakar dengan udara , juga dengan desain Swirl Port ini akan mempercepat aliran udara masuk ke ruang bakar sehingga power yang dihasilkan besar dan efisien.

Akhirnya terjawablah mengapa TVS menggunakan teknologi ini dan mengapa tidak sekalian saja memakai teknologi SOHC 4valve atau sekalian lagi yang tercanggih DOHC seperti miliknya kompetitor. Semua itu beralasan dari kita sendiri yang kepengin motor irit namun bisa diajak kencang, maka timbul lah teknologi ini. Jadi teringat nih sama teman-teman SLR yang sebelum motornya diutak-atik pasti selalu saja bertanya “Bli… Bisa bikin Motor kencang namun tetap irit ga”, Waktu itupun SLR jawabnya “mana mungkin brooo…. masak motor irit bisa kencang” TVS dengan teknologi VTI telah menjawab pertanyaan teman SLR tentang irit tapi kencang ini….. Bisaaa…..

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

37 responses »

  1. kebo220rr mengatakan:

    Nie motor kompresinya tinggi banget, sangat tdk wajar untuk motor bebek standart.. Wajib minum pertamak plus.

  2. endra mengatakan:

    kita tunggu saja bagemana sepak terjangnya di jalanan nanti 🙂

  3. softpack mengatakan:

    pengennnnnnnnnnnnnnnnnn

  4. kangmase mengatakan:

    kalo ada yang nanya lagi, ya jawabnya gini bro, mo kencang seperti apa, mo irit seperti motor apa? ya beli 2-2nya aja, heheheh

    http://kangmase.wordpress.com/2011/05/21/poll-motor-apa-yang-harus-segera-diupgrade/

  5. kepao mengatakan:

    sama kaya mobil starlet saya bro , ada 3 klep dalam 1 silinder, kmaren baru nyadar ada 3 klep pas lagi servis besar hihi

  6. kampretz mengatakan:

    Salut untuk TVS. Dah masukin teknologi baru di dunia persepedamotoran Indonesia.
    Monggo sama2 dipelajari, semoga kedepan Indonesia bisa jadi produsen sepeda motor juga.

  7. irfan mengatakan:

    kompresi 11,,,,,,,ckckckck….hebuat,,,,,,pertaMUAK

  8. nanobiker mengatakan:

    dl thn 2000an motor jamus dah pk 3 klep…

  9. penggemar ninja mengatakan:

    sekarang lagi acara tumplek blek , TVS Tormax discont , jadi 13.5 jt..hanya 2 hari katanya..

    buruan yg mau beli…

  10. aing mengatakan:

    Kirain,,, pake mesin pesawat,,, hhhhuh,,, ternyata teknologi pesawat,kipas angin gw aj pake teknologi pesawat,,, muterin kipas pake mesin,,, motor pertama kali dibuat jg dipake teknologi pesawat,,, muterin ban2 pake mesin,,, sama2 mnciptakan energi untuk memutar benda,,, ban ntuk mtor,dan baling2 utk pesawat,,, hadeuuuuuhhhh,,

  11. mallorossi mengatakan:

    bisa terbang ga bos hehehe, kan teknologi pesawat.

  12. Amama Ali mengatakan:

    best post banget, kemaren sempat nanya2 kenapa kok milih jumlah klep ganjil, nanggung banget … ternyata eh ternyata

  13. zaqlutv mengatakan:

    seperti teknologinya tvs flame (motor batangan) yang ngga jadi dipasarkan di sini, hanya tvs flame juga tersedia fitur dual busi macam DTS-i nya pulsar..

  14. 123 mengatakan:

    tepatnya 11.3 : 1 kompresinya bro…cm dapet 13.3 Hp..150 cc..krg greget…

  15. roys84 mengatakan:

    Bro Ini head nya udah gw aplikasikan ke motor supra gw..!! hasilnya wuisss…!!

    hahhahaahahha..!!

  16. antoni_cakil mengatakan:

    wow, tvs tormax nglahin sgalany.
    kapan ne bisa masuk kota palembang.?
    bajaj aja udah ada d palembang n udh banyak yg pkek. kpan donk tvs.

  17. evoel mengatakan:

    gila ini baru motor

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s