
dengan 3 klep memberikan efek swirl di ruang bakar.... campuran bensin-udara pun menjadi homogen, berlanjut ke arah efisiensi
Iseng-iseng buka website resminya TVS india, sekedar ingin tau produk-produknya beserta teknologi yang dipakai. SLR pun tidak sengaja masuk ke salah satu halaman yang membahas tentang techo & Efficiency, baca-baca dari atas sampe bawah kesemua halaman itu …eeeh kok ada tulisan berbahasa inggris yang nampak seru dan menarik ya!!! Bertuliskan “Inspiration from aeroplanes – the magic of CCVTI”. Ada tulisan aeroplane’nya loooh Waaah nampaknya seru nih jika dibahas….!!!
Dari halaman tersebut SLR mendapatkan informasi tentang penggunaan teknologi yang diambil dari teknologinya pesawat terbang berpiston. Teknologi itu berupa CCVTI yang memberikan ekstra power pada mesin namun dengan konsumsi bahan bakar yang tetap ekonomis. Teknologi inilah yang ada di TVS Tormax yaitu penerapan 3 buah klep dalam kepala silindernya, 2 klep untuk inlet dan 1 klepnya lagi untuk exhaust. Menurut TVS lubang-lubang ini juga disebut dengan Swirl Port, yang memberikan efek pusaran ketika campuran bahan-bakar dengan udara masuk ke ruang bakar, pusaran ini berfungsi untuk mencampur atau meratakan kembali antara campuran bahan-bakar dengan udara , juga dengan desain Swirl Port ini akan mempercepat aliran udara masuk ke ruang bakar sehingga power yang dihasilkan besar dan efisien.
Akhirnya terjawablah mengapa TVS menggunakan teknologi ini dan mengapa tidak sekalian saja memakai teknologi SOHC 4valve atau sekalian lagi yang tercanggih DOHC seperti miliknya kompetitor. Semua itu beralasan dari kita sendiri yang kepengin motor irit namun bisa diajak kencang, maka timbul lah teknologi ini. Jadi teringat nih sama teman-teman SLR yang sebelum motornya diutak-atik pasti selalu saja bertanya “Bli… Bisa bikin Motor kencang namun tetap irit ga”, Waktu itupun SLR jawabnya “mana mungkin brooo…. masak motor irit bisa kencang” TVS dengan teknologi VTI telah menjawab pertanyaan teman SLR tentang irit tapi kencang ini….. Bisaaa…..
pertama
Nie motor kompresinya tinggi banget, sangat tdk wajar untuk motor bebek standart.. Wajib minum pertamak plus.
irit tapi mahal…waduh,sami mawon ngoten…
mahal…!! nggak kok bro… kan cuma 14 jutaan lebih dikit…..
Bro Jana, mungkin maksudnya irit tapi mahal itu –> konsumsi bensin irit tapi karena mesti pake pertamax jadinya mahal biaya yg harus dikeluarkan bro CMIIW
spek pastinya blom ada mas, jadi lagi ngeraba-raba….
kita tunggu saja bagemana sepak terjangnya di jalanan nanti 🙂
Mantap
mantap
numpang
Kapan Yamaha Byson Jadi Fazer?
http://vespaalitalia.blogspot.com/2011/05/kapan-yamaha-byson-jadi-fazer.html
Peluang Yamaha X-Max 250 ABS Sangat Besar
http://vespaalitalia.blogspot.com/2011/04/peluang-yamaha-x-max-250-abs-sangat.html
Honda VTR 250, The Next Tiger Kah?
http://vespaalitalia.blogspot.com/2011/05/honda-vtr-250-next-tiger-kah.html
Aprilia RS4 125 VS Derbi GPR 125 VS Honda CBR 125R VS Yamaha YZF-R 125
http://vespaalitalia.blogspot.com/2011/03/aprilia-rs4-125-vs-derbi-gpr-125-vs.html
pengennnnnnnnnnnnnnnnnn
kalo ada yang nanya lagi, ya jawabnya gini bro, mo kencang seperti apa, mo irit seperti motor apa? ya beli 2-2nya aja, heheheh
http://kangmase.wordpress.com/2011/05/21/poll-motor-apa-yang-harus-segera-diupgrade/
aaah mas bro ini sadis amat jawabnya…
wah tvs hebat
sama kaya mobil starlet saya bro , ada 3 klep dalam 1 silinder, kmaren baru nyadar ada 3 klep pas lagi servis besar hihi
ya bro… starlet ada 3 klep, namun di motor baru TVS yang menerapkan…
motor china dulu kayaknya dah ada yang aplikasi 3 klep, tapi saya lupa mereknya
Suzuki thunder 250 juga 3 klep, tapi terbalik dng TVS. 1 klep masuk 2 klep buang.
aah nggak kok mas…. thunder itu 4 klep, sama kayak Jupiter Mx yang SOHC 4 klep……
bener bro thunder 250 4 klep, kalo motor 3 klep dulu namanya Bosowa CMIIW….
Salut untuk TVS. Dah masukin teknologi baru di dunia persepedamotoran Indonesia.
Monggo sama2 dipelajari, semoga kedepan Indonesia bisa jadi produsen sepeda motor juga.
yoiii bro…. supaya kita tidak lagi GapTech….. 😀
kompresi 11,,,,,,,ckckckck….hebuat,,,,,,pertaMUAK
dl thn 2000an motor jamus dah pk 3 klep…
sekarang lagi acara tumplek blek , TVS Tormax discont , jadi 13.5 jt..hanya 2 hari katanya..
buruan yg mau beli…
waaaaah buruan tuh….. lagi diskon….. nice info bro….
Kirain,,, pake mesin pesawat,,, hhhhuh,,, ternyata teknologi pesawat,kipas angin gw aj pake teknologi pesawat,,, muterin kipas pake mesin,,, motor pertama kali dibuat jg dipake teknologi pesawat,,, muterin ban2 pake mesin,,, sama2 mnciptakan energi untuk memutar benda,,, ban ntuk mtor,dan baling2 utk pesawat,,, hadeuuuuuhhhh,,
bisa terbang ga bos hehehe, kan teknologi pesawat.
oooooh bisa lah…. tambahin aja sayap… sudah pasti terbang tinggi…..
bangun bangun udah pagi…. jangan mimpi mlulu..
best post banget, kemaren sempat nanya2 kenapa kok milih jumlah klep ganjil, nanggung banget … ternyata eh ternyata
awalnya SLR juga mengalami hal yang sama bro….
thanks bro…. mari berbagi… 😀
seperti teknologinya tvs flame (motor batangan) yang ngga jadi dipasarkan di sini, hanya tvs flame juga tersedia fitur dual busi macam DTS-i nya pulsar..
ya bro… TVS flame pake 2 busi plus 3 klep…..
tepatnya 11.3 : 1 kompresinya bro…cm dapet 13.3 Hp..150 cc..krg greget…
Bro Ini head nya udah gw aplikasikan ke motor supra gw..!! hasilnya wuisss…!!
hahhahaahahha..!!
mantap dong bro….. keren daah…..
wow, tvs tormax nglahin sgalany.
kapan ne bisa masuk kota palembang.?
bajaj aja udah ada d palembang n udh banyak yg pkek. kpan donk tvs.
gila ini baru motor