Beberapa bulan yang lalu SLR pernah menulis tentang kabar mengenai motor sport barunya kawasaki yang bakalan berkubikasi 150cc dan berjanis 4 tak, sampai hari sekarang ini belum juga ada kabar yang benar-benar pasti akan sosok motornya dan bagaimana mesinnya. SLR akan mencoba menerawang bagaimana spek mesinnya.

Menurut bro IWB  mesinnya akan berjenis 4 tak dan 150cc DOHC dengan power 19hp, dari informasi itu SLR akan mencoba masuk ke alam imajinasi pabrikan Kawasaki…. ssss…. ces… SLR pun terbang ke alam imajinasi… oooeeeii bangun jangan mimpi… he he he…!!! Berjenis mesin DOHC 150cc berarti ada sangkut pautannya sedikit ke lini Sport kawasaki  yang berkapasitas lebih besar dan jika di pecah menjadi satu silinder akan nemu 150cc. Nah yang mendekati itu adalah Kawasaki ZX6R yang berkubikasi 600cc, jika dibagi menjadi 4 maka akan ketemu 150cc (jumlah silinder ZX6R 4 buah)… jadi mirip kan!!! Dari ZX6R lah kita bisa menemukan spek mesinnya.

Spec
Kubikasi 150cc
Valve DOHC 4 valve
Bore x Stroke 67 x 42.5mm
karburasi 38mm
kompresi 13.3 : 1

Eeeiiiit…. jangan dulu percaya spek di tabel diatas itu loh… SLR masih mengoreksinya, yaitu pada Bore x Stroke, Karburasi dan Kompresi yang mustahil untuk motor harian dibikin se’Ekstrim segitu. Mulai dari bore strokenya menurut SLR tidaklah akan memakai 42.5mm sebab stroke segitu biasanya untuk motor multi silinder yang torsinya dibantu oleh jumlah silindernya dua buah, jika motor satu silinder memakai stroke segitu sudah dijamin akan kewalahan untuk mengkatrol torsi untuk mendorong motor diawal berakselerasinya, butuh stroke yang lebih panjang lagi dikisaran 47mm sampai 52mm untuk motor satu silinder berjenis sport. Sedangkan diameter silindernya sendiri berkisaran antara 60mm sampai 64mm. Beralih ke sistem karburasinya yang sangat mustahil berdiameter 38mm seperti miliknya ZX6R, dari jaman prasejarah sampai jaman sekarang tidak ada satupun motor 150cc lokal yang diameternya sampai segitu, paling maksimal 30mm yang dimiliki Suzuki FXR dan 28mm kepunyaan CBR150, kemungkian Kawasaki akan memakai diameter sistem karburasi direntangan 28mm sampai 30mm. Yang terakhir yaitu rasio kompresinya yang lagi-lagi sangat mustahil 13.3 : 1, sejarah pun berkata tak ada motor 150cc yang dipsarkan lokal kompresinya melebihi 11.5 : 1, maka SLR memperkirakan kompresinya kurang dari 11 : 1.

Bagaimana sudah ada bayangan beloooom?? Maaf jika brader tidak berkenan dengan perkiraan ini, SLR juga manusia yang tak luput dari kekeliruan, tapi dengan penerawangan ini mungkin brader akan lebih bisa terbayang akan mesin darikawasakiNinja 150 4t yang kabarnya akan di gelontorkan untuk menghadapi CBR 150R.

Iklan

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

28 responses »

  1. hairus mataram berkata:

    Wah, ada semilir hembusan angin bagi the litle ninin bli 😀

  2. hairus mataram berkata:

    Hohoho….PETROMAXXXXXX

  3. hairus mataram berkata:

    Klo kompresinya 13,3 : 1 harus nenggak bahan bakar apa tuh bli?

  4. Kyoghi berkata:

    wedew, kalo gitu kompilt sudah jajaran sport fairing dari jepun CBR 150R vs YZF-R15 vs FXR 150 vs Ninja 150 4T plus VX 150R……

  5. novriexx berkata:

    mungkin g 150 2 slinder

  6. Rollerman berkata:

    hmmmm mengenai harga sih kyaknya akan berada pada 30 juta++ (kalo msh Import,tp KRR aja smp skrang msh import (spengetahuanku sih))

    soal kedatangan motor ini sih tunggu tanggal main d Thailand,kalo udah launching mungkin 1-2 bulan kemudian Indonesia kebagian jatah,dan akan meramaikan jagat 150cc

  7. wombie berkata:

    yaelah masbro,. kl membandingkan sama zx6 gt gk relevan bgt.. kompresi beda, karbu beda, yg sama cmn 600 4 silinder dibagi 4 jadi 150.. ckckckck terlalu maksa..
    kl mo bahas mungkin lebih baik, dari segi model ato tampilan. dr tren yg ada skrng bisa ato hampir dipastikan pabrikan memakai desain zx6 ato zx10. ngirit desain n skaligus membuat tampilan lebih wah. gk bs dipungkiri byk yg pengen beli zx6 ato zx10 tp gk kesampean..

  8. budilojor berkata:

    apakah mungkin mesin/spek mesin pake klx150 tetapi dipakaikan baju sport pairing ato naked bli. Kan lebih hemat daripada produksi mesin baru.

  9. kang_ulid berkata:

    150cc=19hp!!!! mantabbbb!…

  10. kompresinya tinggi amat…

    untuk pasar indonesia paling 9,1:1

  11. aryoningrat berkata:

    pake bio etanol bisa kayaknyah,

  12. rahman gresik berkata:

    kudu bisa lebih kenceng dari ninja krr (30,1hp) yg skarang !!!!!

  13. ninja250holic berkata:

    gmn klo bore n strokenya 62×52.. hehe…. karburasi 32

  14. gaplek mania berkata:

    Sebnernya harus dipilah jadi 2.apakah itu sport turing ky nmp atau byson ataukah sport full fairing macam cbq 150.
    Kalau turing paling mesinnya overstroke dan karbu kecil max 26mm
    kalo sport pastinya overbore dan karbu gede diatas 28mm
    #oot.nanya dikit bro.kenapa ya cs1 karbunya 28mm.setahuku ukuran segitu paling gede diantara 125cc yg dijual disini.apa karena klep lebarnya?atau piston 58mm nya?

  15. gaplek mania berkata:

    Lo kemarin baca2 dmn gitu.katanya venturinya 28mm
    bentar tak cari info lagi

  16. nemo berkata:

    hmm…kira” dikisaran berapa ya harganya???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s