Beberapa bulan yang lalu SLR pernah menulis tentang kabar mengenai motor sport barunya kawasaki yang bakalan berkubikasi 150cc dan berjanis 4 tak, sampai hari sekarang ini belum juga ada kabar yang benar-benar pasti akan sosok motornya dan bagaimana mesinnya. SLR akan mencoba menerawang bagaimana spek mesinnya.
Menurut bro IWB mesinnya akan berjenis 4 tak dan 150cc DOHC dengan power 19hp, dari informasi itu SLR akan mencoba masuk ke alam imajinasi pabrikan Kawasaki…. ssss…. ces… SLR pun terbang ke alam imajinasi… oooeeeii bangun jangan mimpi… he he he…!!! Berjenis mesin DOHC 150cc berarti ada sangkut pautannya sedikit ke lini Sport kawasaki yang berkapasitas lebih besar dan jika di pecah menjadi satu silinder akan nemu 150cc. Nah yang mendekati itu adalah Kawasaki ZX6R yang berkubikasi 600cc, jika dibagi menjadi 4 maka akan ketemu 150cc (jumlah silinder ZX6R 4 buah)… jadi mirip kan!!! Dari ZX6R lah kita bisa menemukan spek mesinnya.
Spec | |
Kubikasi | 150cc |
Valve | DOHC 4 valve |
Bore x Stroke | 67 x 42.5mm |
karburasi | 38mm |
kompresi | 13.3 : 1 |
Eeeiiiit…. jangan dulu percaya spek di tabel diatas itu loh… SLR masih mengoreksinya, yaitu pada Bore x Stroke, Karburasi dan Kompresi yang mustahil untuk motor harian dibikin se’Ekstrim segitu. Mulai dari bore strokenya menurut SLR tidaklah akan memakai 42.5mm sebab stroke segitu biasanya untuk motor multi silinder yang torsinya dibantu oleh jumlah silindernya dua buah, jika motor satu silinder memakai stroke segitu sudah dijamin akan kewalahan untuk mengkatrol torsi untuk mendorong motor diawal berakselerasinya, butuh stroke yang lebih panjang lagi dikisaran 47mm sampai 52mm untuk motor satu silinder berjenis sport. Sedangkan diameter silindernya sendiri berkisaran antara 60mm sampai 64mm. Beralih ke sistem karburasinya yang sangat mustahil berdiameter 38mm seperti miliknya ZX6R, dari jaman prasejarah sampai jaman sekarang tidak ada satupun motor 150cc lokal yang diameternya sampai segitu, paling maksimal 30mm yang dimiliki Suzuki FXR dan 28mm kepunyaan CBR150, kemungkian Kawasaki akan memakai diameter sistem karburasi direntangan 28mm sampai 30mm. Yang terakhir yaitu rasio kompresinya yang lagi-lagi sangat mustahil 13.3 : 1, sejarah pun berkata tak ada motor 150cc yang dipsarkan lokal kompresinya melebihi 11.5 : 1, maka SLR memperkirakan kompresinya kurang dari 11 : 1.
Bagaimana sudah ada bayangan beloooom?? Maaf jika brader tidak berkenan dengan perkiraan ini, SLR juga manusia yang tak luput dari kekeliruan, tapi dengan penerawangan ini mungkin brader akan lebih bisa terbayang akan mesin darikawasakiNinja 150 4t yang kabarnya akan di gelontorkan untuk menghadapi CBR 150R.
Wah, ada semilir hembusan angin bagi the litle ninin bli 😀
Hohoho….PETROMAXXXXXX
Klo kompresinya 13,3 : 1 harus nenggak bahan bakar apa tuh bli?
pertomax plus bro… pertamax plus jarang bro…..
bensol.
pertmax racing…
wedew, kalo gitu kompilt sudah jajaran sport fairing dari jepun CBR 150R vs YZF-R15 vs FXR 150 vs Ninja 150 4T plus VX 150R……
apalagi selanjutnya ya,,, 😀
mungkin g 150 2 slinder
nggak bro… dijaman seperti sekarang ini sangat mustahil 150cc dua silinder….
hmmmm mengenai harga sih kyaknya akan berada pada 30 juta++ (kalo msh Import,tp KRR aja smp skrang msh import (spengetahuanku sih))
soal kedatangan motor ini sih tunggu tanggal main d Thailand,kalo udah launching mungkin 1-2 bulan kemudian Indonesia kebagian jatah,dan akan meramaikan jagat 150cc
krr skrg.. sdh lokal mas bro… 80%
bukti’a harga turun jauh dikisaran 25an…
yaelah masbro,. kl membandingkan sama zx6 gt gk relevan bgt.. kompresi beda, karbu beda, yg sama cmn 600 4 silinder dibagi 4 jadi 150.. ckckckck terlalu maksa..
kl mo bahas mungkin lebih baik, dari segi model ato tampilan. dr tren yg ada skrng bisa ato hampir dipastikan pabrikan memakai desain zx6 ato zx10. ngirit desain n skaligus membuat tampilan lebih wah. gk bs dipungkiri byk yg pengen beli zx6 ato zx10 tp gk kesampean..
lihat lagi penjelasan dibawahnya diartikel diatas
apakah mungkin mesin/spek mesin pake klx150 tetapi dipakaikan baju sport pairing ato naked bli. Kan lebih hemat daripada produksi mesin baru.
150cc=19hp!!!! mantabbbb!…
kompresinya tinggi amat…
untuk pasar indonesia paling 9,1:1
pake bio etanol bisa kayaknyah,
kudu bisa lebih kenceng dari ninja krr (30,1hp) yg skarang !!!!!
ngeyel ah…cc sama 150, gk mungkin 4 tak ngalahin 2 tak…
so pastilah bro… 😀
gmn klo bore n strokenya 62×52.. hehe…. karburasi 32
Sebnernya harus dipilah jadi 2.apakah itu sport turing ky nmp atau byson ataukah sport full fairing macam cbq 150.
Kalau turing paling mesinnya overstroke dan karbu kecil max 26mm
kalo sport pastinya overbore dan karbu gede diatas 28mm
#oot.nanya dikit bro.kenapa ya cs1 karbunya 28mm.setahuku ukuran segitu paling gede diantara 125cc yg dijual disini.apa karena klep lebarnya?atau piston 58mm nya?
CS1 diameter karbunya 24mm bro… pake keihin PE24…. bukan 28….. 🙂
Lo kemarin baca2 dmn gitu.katanya venturinya 28mm
bentar tak cari info lagi
ah, masih lama
hmm…kira” dikisaran berapa ya harganya???
sulit nebaknya bro… barangnya blom ada….