Ga bosen-bosennya melototin data speknya motor prototipe terbaru dari Honda, honda NSF250R. Sampe-sampe SLR salah baca spek powernya yang seharusnya bersatuan KW…eeeh SLR ga liahat satuan KWnya..jadinya SLR kepikiran powernya NSF kekecilan yaitu 35hp…setelah ada yangn gingetin ….mang itu KW.. he he he.. goblog buanget ya SLR…!! yang bner tuh 35.5kw alias 47.5hp…!!!  Power sudah pada tau…bagaimana dengan topspeednya jika sesuai dengan spek yang ditunjukkan di data di bawah??? Dengan data-data dibawah SLR akan mencoba menerawang seberapa sih topspeed dari Honda NSF ini.

Honda NSF250R Technical Specifications:

Model name NSF250R
Model type MR03
Overall length × Overall width × Overall height(m) 1.809×0.560×1.037
Wheelbase(m) 1.219
Ground clearance(m) 0.107
Seat height(m) 0.729
Caster angle(degree) 22°36″
Curb weight(kg) 84
Fuel tank capacity(l) 11
Engine type liquid-cooled 4-stroke DOHC single cylinder
Displacement(cm3) 249.3
Bore × Stroke(mm) 78.0×52.2
Maximum power(kW/rpm) 35.5/13,000
Maximum torque(N・m/rpm) 28.0/10,500
Oil Capacity (ENG OIL/T.M OIL) (l) 1.27/0.55
Transmission Type Constant mesh
Gear ratio 1st 1.875
2nd 1.524
3rd 1.304
4th 1.167
5th 1.077
6th 1.000
Reduction gear ratio Primary 2.952
Secondary 2.333
Devices (Intake) IACV
Fuel supply system PGM-FI
Ignition type Full-transistor
Clutch type Wet multiplate
Lubricating type Semi-Dry Sump
Tire size Front 90/580R17
Rear 120/600R17
Rim size Front 2.50-17
Rear 3.50-17
Brake Front Type Hydraulic disk
Diameter φ296
Rear Type Hydraulic disk
Diameter φ186
Suspension Front Inverted telescopic
Rear Pro-link suspension system
Frame type Aluminum twin tube

oce…. main itung-itungan yuuuk….. yuuuk…!!! Dari data itu kita hanya ambil data topgear,ratio gir primer dan ratio gir sekunder dan kita kembangkan sampai ketemu topspeednya lewat rumusan sederhana.

topspeed= ((maxRpm/topgear/R-primer/R-sekunder)*kll-roda)/konstanta.

=((14.000/1.00/2.952/2.333)*1.7)/16.6

=(2032.81*1.7)/16.6

=208kph

Sebenarnya angka 208 itu tidaklah baku harus 208kph, namun dipengaruhi juga oleh keliling dari roda belakang, semakin panjang Kll dari roda belakang maka semakin tinggi pula topspeednya. SLR sendiri mengambil 1.7m dikarenakan SLR sendiri pernah melakukan pengulkuran keliling dari roda motor sport yang pas menunjukkan angka 1.7m.

Dalam angka topspeed ini juga tidaklah mesti dipatok 200-215kph akan tetapi dipengaruhi juga dengan setingan gir yang disesuaikan dengan setiap kondisi dari sirkuit, apakah sirkuit tersebut memanjakan topspeed atau pendek-pendek. pokoknya dari beberapa kali itung-itungan SLR nemunya antara 200kph-215kph dipengaruhi kombinasi dari KLL ban belakang.

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

21 responses »

  1. Metallica mengatakan:

    Pertamax plus !!!

    Artikel yg mantap Gan… seperti san NSF 250 nya

  2. lekdjie mengatakan:

    wah baru tau kalo ada rumusnya.beratnya ga diitung pak?

    • j4na mengatakan:

      nggak mas bro,asalkan motor tersebut bisa mencapai Rpm14000 rpm di topgear maka akan tercapai topspeed yang SLR uraikan…. bagaimana cara memaksimalkan topspeed lagi…. gear sekunderlah yang patut diganti dengan yang lebih kecil…
      berat itu mempenaruhi akselerasi, dan bobot yang lebih akan ngefek ke jarak yang dibutuhkan mencapai topspeed…. semakin berat motor maka semakin lama mencapai topspeed

      • preziosi mengatakan:

        artikel bagus om jana
        btw itungan itu dlm keadaan on dyno/real om?
        cos faktor aerodynamic n bobot rider jg mnjdi berpengaruh thd top speed

  3. j4na mengatakan:

    @preziosi
    itu itungan kasarnya masbro,maksudnya belum ada pengaruh dari gesekan ban maupun gesekan udara…
    Bisa juga dikatakan ini sama dgn data dyno

  4. ;immy mengatakan:

    goblok dunia maya aja lu!

  5. Dho mengatakan:

    gk beda jauh dari GP125..
    ingat bro, regulasi FIM ada jg 3 rasio alternatif utk gear 1-6. jd, bukan cuma gear sekunder aja yg mengatur top speed.

  6. taqi tiktak mengatakan:

    itu keliling apa diameter bli…
    klo diameter 17 inci bukan 1.7m…

  7. yuwono mengatakan:

    kalah cepat ama Aprilia RS 125, diatas 225 km/jam

    Suara Gila Honda RC166 250 CC
    http://vespaalitalia.blogspot.com/2011/06/suara-gila-honda-rc166-250-cc-tahun.html

  8. ipanase mengatakan:

    wuZzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz

  9. Sheva mengatakan:

    Honda memang hebat, salut buat Honda, yang gak senang mati aja lo

  10. endra mengatakan:

    wah ilmu baru lagi. thx sharingnya 🙂
    ngomong2 itu konstanta ngitungnya dapat dari mana masbro?

  11. awan mengatakan:

    walah top speed di dyno krng ptng..kl gitu ninja 250r bisa donk top speednya 190 kl di dyno? Prnah baca mggu lalu di tabloid, moto 3 250 honda dah di tes tuh di sirkuit trek lurus skitar 1 km dapet 187 km/h dan aprilia rs 125 spek motogp dapet 196 km/h, lap time beda skitar 2 detik lbh cepet aprilia rs 125

  12. 4699 mengatakan:

    kll-roda apa bli??????????????????????????????????????????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s