Sangat menarik sekali memperhatikan spek dari motor prototipe nya Honda ini, jika ditelusuri lebih jauh ternyata Gen dari mesin garuk tanahnya Honda masih ada mengalir di darahnya motor prototipe ini(NSF250R). Ibaratkan sebuah keluarga begitu juga antara CRF250 dengan NSF250R ada kemiripan antara keduanya. Dimana saja kemiripannya, nah SLR akan bahas sekarang.
Ternyata setelah dibandingkan antara spek CRF dan NSF ada satu kemiripan yaitu di Bore x Strokenya yang bisa dibilang sama buanget, yaitu 78 x 52.5mm. Dengan kesamaan ini sudah tentu Honda tidaklah perlu susah-susah terlalu banyak melakukan riset dari Nol lagi, terutama dari sistem pengapian dan sistem injeksinya, yang tinggal menyesuaikan dengan karakter motor balap jalanan yang mencari peak power di Rpm atas tengah. Dilihat dari regulasi pun sangat tidak mendukung kalau dibuat dengan stroke yang lebih pendek dari 52.5mm mengingat putaran mesin maksimal dari moto3 dibatasi hanya boleh maksimum 14.000Rpm saja, sudah tentu stroke 52.5 lah yang paling pas buat motor prototipe ini. Dari kesamaan itu sudah tentu ada perbedaan yang sangat mencolok di bagian mesinnya, yaitu datang dari sistem penggerak klepnya yang tidak meniru CRF dengan Unicmnya akan tetapi lebih mempercayakan kedasyatan DOHC yang menang di putaran atas, disini juga terlihat kehebatan Honda dalam mengelompokkan golongan motornya, jika mau power rata dari bawah sampai bawah pilihannya Unicam(SE) dan jika mau dengan karakter dasyat di Rpm atas sudah tentu pilihannya ada satu yaitu DOHC.
Bagaimana dengan kompetitor yang berencana sama yaitu akan menurunkan motor jagoannya di kancah moto3 juga, akankah mengikuti langkah dari Honda??? Suzuki sendiri kemungkinan besar akan memakai mesin jagoan garuk tanahnya mengingat beberapa bulan yang lalu Suzuki telah mengumumkan telah mencangkokkan sementara mesin RMZ250 di rangka Moto3nya dan kemungkinan juga Suzuki telah memodif plus pengembangan motor SE ini menjadi mesin pembunuh di jalanan. kita tunggu kiprah selanjutnya dari pabrikan-pabrikan lainnya.
kalo Yamaha pgen murah sih tgal riset mesin WR250X yg udah pke Titanium Valve
ya kalo pgen murah
ohhh iya,Suzuki kan jago bkin motor super ringan,kyak RGV250 itu
ya mudah2an berjaya
suzuki go!
mantap
SALAM KARET BUNDAR™
kalau yamaha pake mesin Klingon bore up aja biar murah.
xixiii…
yang kan sama pake F250, hehehe….
Yamaha pake Fazer 250, Suzuki pake GW250, Kawasaki pake Ninja 250, Minerva make Megelli RV itu kalo di Indonesia nantinya…. hehehe
http://kangmase.wordpress.com/2011/06/04/euro3-2013-siapkah-pemerintah/
iya, kompetitor ikut ikutan
Peluang Honda Faze 250 Terbuka Lebar
http://vespaalitalia.blogspot.com/2011/05/peluang-honda-faze-250-terbuka-lebar.html
Balap yang efisien jadi tujuan di tahun-tahun depan bro..biaya riset bisa ditekan, hasil dibalapan bisa dengan mudah ditransfer ke motor produksi masalnya 🙂
http://ngobrolmotor.wordpress.com/2011/06/04/laporan-pandangan-mata-plus-berita-berita-kualifikasi-motogp-spanyol/
“.jika mau power rata dari bawah sampai bawah pilihannya Unicam(SE)” maksudnya itu dari menengah sampai bawah atau ?
he he he maksudnya dari bawah sampai atas bro…..
yamaha pasti pake wrx 250
kalo pake fazer mah nasibnya begini nih
Moto3 ini kan lanjutan dari GP Mono…
yg dulu sempet terjun di sentul, yg sekarang mangkrak…(lagi)
NS250R itu bentuknya plek sama MD250H, sasis bikinan Moriwaki dan pake mesin CRF250…
dulu di GP Mono kan mau dibikin gitu..sasis bikinan vendor sasis macem Moriwaki..trus mesinnya pake mesin motor Trail..kalo Honda pake CRF, Yamaha pake (lupa serinya 😀 ) dan lain2…
malah kabarnya dulu, motor GP Mono yg pake mesin trail Yamaha lebih kenceng daripada yg pake mesin Honda…
kalo basicnya dirtbike 250cc 4tak SE yg paling ganas tuh kawasaki & suzuki