emang lebih mahal 7 juta... tapi keselamatan terjamin

Terkejut… Khawatir… Cemas… Sedih… bercampur aduk di kepala ini ketika menerima telpon dari saudara kandung SLR, my brader ngabarin kalau dirinya telah mengalami kecelakaan di suatu tempat…!! Motor SLR pun melaju dengan kecepatan tinggi ke tempat kejadian kakanya SLR terjatuh. Alangkah terkejutnya SLR melihat tangannya yang berdarah dan seperti menahan sakit. Dalam perjalanan menuju RS, kakak SLR pun menjelaskan kejadian yang menimpanya hingga bisa terluka di tangannya dan terasa sakit di dadanya. Kakak SLR menghindari menabrak anjing dengan mengerem sungguh keras sekali hingga roda belakang mengangkat dan terpelanting kesamping, saat itulah dia terpelanting kedepan dan membentur siku tangan dan dadanya.

Dari kejadian itu SLR menarik kesimpulan, selain disebabkan oleh anjing yang melintas, kejadian itu juga terjadi dikarenakan menguncinya roda depan saat mengerem keras, dan menyebabkan roda belakang si Byson naik dan terpelanting. Pikiran SLR pun ntah kemana-mana memikirkan kejadian yang menimpa saudara kandung SLR….!! Hingga terbesit di benak “Bagaimana seandainya jika Byson ada ABSnya, sudah tentu saudaranya SLR tidak akan mengalami ini”

Dulu saat pertama kali  ABS di hembuskan oleh produsen motor India TVS, SLR menganggap strategi yang dipakai TVS itu salah sebab jika dilihat dari kapasitas mesin memang kecil yaitu pada TVS Apache 180 yang hanya 180cc tidaklah tepat, lebih tepatnya dialihkan ke teknologi yang lainnya. Tapi kali ini SLR baru nyadar… Rem mengunci tidaklah terpengaruh oleh cepat lambatnya motor berlari akan tetapi bagaimana si rider merespon penekanan rem tersebut. Di ABS sendiri rider tidaklah perlu ragu menekan rem sekeras-kerasnyatanfa  takut rem akan mengunci. ABS memang piranti tambahan tapi di saat darurat sangatlah diperlukan…..

Iklan

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

33 responses »

  1. NanaRedPr☺ berkata:

    PERTAMAXXX
    he…he…3x,lama nian baru dapet
    setuju mas bro,ato seharusnya ada part aftermarket yang bisa diaplikasikan ke motor
    SALAM KARET BUNDAR™

  2. by50n berkata:

    Sayang sekali sdh ada korban baru stuju dengan ABS….
    “Belajarlah dari pengalaman….
    Jangan belajar dari penyesalan…..”

  3. yuwonoyekti berkata:

    Emang kok, ABS sangat penting

    Kakak Adik, Cantik Yang Mana?
    http://vespaalitalia.blogspot.com/2011/06/kakak-adik-cantik-yang-mana.html

  4. ipanase berkata:

    jossssssssss,,,,yang penting ati ati

  5. jiahh tvs dibilang lambat, tapi pada akhirnya beli byson juga ?? .. ckck .

    Oke bantu doa aja deh bro

  6. Rollerman berkata:

    busyet,smp stopie gtu,saking menggigit banget tuh rem depannya

  7. Amama Ali berkata:

    Pake Viar Vix-R 150cc
    ABS termurah saat ini
    tapi kok direm belakang ya? 🙄

  8. yup, perangkat seharga 7 juta kalo gak ada hubungannya dengan nyawa ya sama aja, nyawa itu tak tergantikan broo 😀

  9. Kyoghi berkata:

    kalo yg ga ada ABSnya benernya bisa pake ABS cara manual, yaitu tuas rem nya ditekan berkali2, efeknya mirip ama ABS, meski tidak mungkin secepat ABS asli, tapi bisa cukup membantu mengendalikan arah motor, gw uda pernah ngalamin panic brake dengan cara ini, n bisa menghindar dari kecelakaan, cuma emg perlu latihan reflek n dibiasakan si…..

  10. ninja250holic berkata:

    ntah… knp ane berkali….. kcepatan 80… kpj….klo bawa motor…. dsni sering dilewatin anjing yak…… terpaksa teknik rem…. abs.. dilakukan hehe….. mgkin bisa di terapkan,, mgkin… perlu kebiasaan untuk ngelakuin.nya…. tapi manfaat.ny bsar sekali teknik rem abs… ini termasuk saat hujan… tapi terkadang kondisi… mempengaruhi otak…. liad.. trus otak ngerespon.. bejek rem kenceng….yh kenceng deh…. tapi klo kita fokus…. dan tetep konsentrasi InsyaAllah selamet smpe tujuan…. ini berarti juga pentingnya konsentrasi saat berkendara

    • j4na berkata:

      bner buanget bro…. konsen yang terpenting untuk menghadapi kejadian yang mungkin datang…..
      tapi mengenai mengerem putus nyambung…. saat panik ga ingat tuh… he he he

  11. 4j4x berkata:

    yup ABS penting banget… umumnya biker sulit berkonsentrasi menghadapi kondisi panik, sehingga panic braking sering terjadi.. mungkin bro @kyoghi dan @ninja250holic sudah terbiasa dengan ABS manual…

    andai saja ABS jadi piranti standar semua motor dan harganya ngga mahal hehehe…. 😀

  12. Goyip berkata:

    Yah…kalo dibali banyak anjing lah…tapi gw baru tau ada abjing ngelewatin ninja…dan larinya bisa diatas 80Kpj…benar benar anjing super…

  13. endra berkata:

    maka dari itu ane paling anti dengan rem belakang cakram. lha wong pake tromol aja ban belakang sering ngunci, apalagi cakram.. sebenarnya hal ini bisa diakali dengan membagi beban pengereman antara ban depan-belakang, tapi wong namanya refleks seringnya ndak sempat kepikiran sampe kesitu…

  14. Cicakmerah berkata:

    klo udah panik.. semua teknik2 pengereman lupa.. yg ada cuma insting.. rem sedalam2nya..

    mknya ABS diciptakan.. n yg namanya inovasi.. ga ada yg ga berguna 😀

  15. anak_kecil berkata:

    semoga sang kakak cepat sembuh mas bro !

    pada sibuk ngomen masalah ABS, sang kakak yang lagi sakit malah dicuekin. mbok didoain dulu kek biar lekas sembuh…

  16. azizyhoree berkata:

    cepet sembuh aja buat kakak nya bli! 🙂

  17. panji berkata:

    kenapa viar vix r tidak dapat melaju melebihi jupiter z ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s