Terkejut… Khawatir… Cemas… Sedih… bercampur aduk di kepala ini ketika menerima telpon dari saudara kandung SLR, my brader ngabarin kalau dirinya telah mengalami kecelakaan di suatu tempat…!! Motor SLR pun melaju dengan kecepatan tinggi ke tempat kejadian kakanya SLR terjatuh. Alangkah terkejutnya SLR melihat tangannya yang berdarah dan seperti menahan sakit. Dalam perjalanan menuju RS, kakak SLR pun menjelaskan kejadian yang menimpanya hingga bisa terluka di tangannya dan terasa sakit di dadanya. Kakak SLR menghindari menabrak anjing dengan mengerem sungguh keras sekali hingga roda belakang mengangkat dan terpelanting kesamping, saat itulah dia terpelanting kedepan dan membentur siku tangan dan dadanya.
Dari kejadian itu SLR menarik kesimpulan, selain disebabkan oleh anjing yang melintas, kejadian itu juga terjadi dikarenakan menguncinya roda depan saat mengerem keras, dan menyebabkan roda belakang si Byson naik dan terpelanting. Pikiran SLR pun ntah kemana-mana memikirkan kejadian yang menimpa saudara kandung SLR….!! Hingga terbesit di benak “Bagaimana seandainya jika Byson ada ABSnya, sudah tentu saudaranya SLR tidak akan mengalami ini”
Dulu saat pertama kali ABS di hembuskan oleh produsen motor India TVS, SLR menganggap strategi yang dipakai TVS itu salah sebab jika dilihat dari kapasitas mesin memang kecil yaitu pada TVS Apache 180 yang hanya 180cc tidaklah tepat, lebih tepatnya dialihkan ke teknologi yang lainnya. Tapi kali ini SLR baru nyadar… Rem mengunci tidaklah terpengaruh oleh cepat lambatnya motor berlari akan tetapi bagaimana si rider merespon penekanan rem tersebut. Di ABS sendiri rider tidaklah perlu ragu menekan rem sekeras-kerasnyatanfa takut rem akan mengunci. ABS memang piranti tambahan tapi di saat darurat sangatlah diperlukan…..
PERTAMAXXX
he…he…3x,lama nian baru dapet
setuju mas bro,ato seharusnya ada part aftermarket yang bisa diaplikasikan ke motor
SALAM KARET BUNDAR™
so pasti muahal bro kalo ada yang jual……
1
Sayang sekali sdh ada korban baru stuju dengan ABS….
“Belajarlah dari pengalaman….
Jangan belajar dari penyesalan…..”
thanks bro atas nasehatnya….
Emang kok, ABS sangat penting
Kakak Adik, Cantik Yang Mana?
http://vespaalitalia.blogspot.com/2011/06/kakak-adik-cantik-yang-mana.html
jossssssssss,,,,yang penting ati ati
jiahh tvs dibilang lambat, tapi pada akhirnya beli byson juga ?? .. ckck .
Oke bantu doa aja deh bro
bukan motor bysonnya SLR bro… tapi Bysonnya sodara SLR…. dia suka karena tampang keren abis….
performa numoro due katanya……
busyet,smp stopie gtu,saking menggigit banget tuh rem depannya
bner bro… byson remnya super banget…..
Pake Viar Vix-R 150cc
ABS termurah saat ini
tapi kok direm belakang ya? 🙄
emangnya itu ABS mas…..?? bukannya itu pariasi aja??
yup, perangkat seharga 7 juta kalo gak ada hubungannya dengan nyawa ya sama aja, nyawa itu tak tergantikan broo 😀
tapi kemahalan….. he he he 😀
kalo yg ga ada ABSnya benernya bisa pake ABS cara manual, yaitu tuas rem nya ditekan berkali2, efeknya mirip ama ABS, meski tidak mungkin secepat ABS asli, tapi bisa cukup membantu mengendalikan arah motor, gw uda pernah ngalamin panic brake dengan cara ini, n bisa menghindar dari kecelakaan, cuma emg perlu latihan reflek n dibiasakan si…..
Kalau masih bisa mikir namanya belum panik.
ntah… knp ane berkali….. kcepatan 80… kpj….klo bawa motor…. dsni sering dilewatin anjing yak…… terpaksa teknik rem…. abs.. dilakukan hehe….. mgkin bisa di terapkan,, mgkin… perlu kebiasaan untuk ngelakuin.nya…. tapi manfaat.ny bsar sekali teknik rem abs… ini termasuk saat hujan… tapi terkadang kondisi… mempengaruhi otak…. liad.. trus otak ngerespon.. bejek rem kenceng….yh kenceng deh…. tapi klo kita fokus…. dan tetep konsentrasi InsyaAllah selamet smpe tujuan…. ini berarti juga pentingnya konsentrasi saat berkendara
bner buanget bro…. konsen yang terpenting untuk menghadapi kejadian yang mungkin datang…..
tapi mengenai mengerem putus nyambung…. saat panik ga ingat tuh… he he he
yup ABS penting banget… umumnya biker sulit berkonsentrasi menghadapi kondisi panik, sehingga panic braking sering terjadi.. mungkin bro @kyoghi dan @ninja250holic sudah terbiasa dengan ABS manual…
andai saja ABS jadi piranti standar semua motor dan harganya ngga mahal hehehe…. 😀
Yah…kalo dibali banyak anjing lah…tapi gw baru tau ada abjing ngelewatin ninja…dan larinya bisa diatas 80Kpj…benar benar anjing super…
maka dari itu ane paling anti dengan rem belakang cakram. lha wong pake tromol aja ban belakang sering ngunci, apalagi cakram.. sebenarnya hal ini bisa diakali dengan membagi beban pengereman antara ban depan-belakang, tapi wong namanya refleks seringnya ndak sempat kepikiran sampe kesitu…
boss.. yg namanya ban belakang ngangkat.. itu krn rem depan yg ngunci.. bukan belakang.. xixixi
lha emang rem cakram itu pake “kabel kawat” macam tromol ya? … kok bisa ngunci?
he he he… penunggang Yamaha ya mas bro….!! kan sportnya ga ada cakramnya…. he he he
stuju….
klo udah panik.. semua teknik2 pengereman lupa.. yg ada cuma insting.. rem sedalam2nya..
mknya ABS diciptakan.. n yg namanya inovasi.. ga ada yg ga berguna 😀
setuju brader…..
semoga sang kakak cepat sembuh mas bro !
…
pada sibuk ngomen masalah ABS, sang kakak yang lagi sakit malah dicuekin. mbok didoain dulu kek biar lekas sembuh…
he he he… makasi mas atas doanya……
😀
cepet sembuh aja buat kakak nya bli! 🙂
ya bro…. thanks atas doanya bro…..
kenapa viar vix r tidak dapat melaju melebihi jupiter z ?