part inilah yang muahaal.....

Tentu semua dari brader tau kalau harga sebuah motor tipe kopling manual lebih mahal dari pada tipe kopling AT alias automatic. Selisih harga antara keduanya pun bisa dibilang lumayan yaitu rentangan 700ribuan sampai 1jutaan, jika dipikir-pikir apa sih penyebab rentang harga itu begitu jauh??? Apakah ada komponen tambahan di kopling manual yang sampai membuat harga segitu bengkaknya??? Nah mari kita bahas bersama-sama…

Pertama beda yang manual dengan AT sudah tentu dari handle dan perangkatnya berupa tali koplung dan stutnya yang sudah tentu di versi AT ini tidaklah ada. Kedua datang dari bak tutup kopling beserta tempat stut koplingnya yang juga tidak sama dengan versi ATnya, ini sudah tentu juga brader tau bedanya. Yang ketiga ini yang menentukan sistem AT atau manualnya yaitu datang dari kopling sentripugalnya, di versi manual  kopling ini tidaklah ada, kan langsung terhubung putaran kru-as ke gir kopling.

Dari tiga perbedaan itu kita bisa menarik kesimpulan, pertama pakta berkata kopling sentripugal (set) harganya tidaklah murah bisa diatas 1juta dalam kondisi komplit, versi manual ada handle plus perlengkapannya yang satu setnya tidaklah lebih dari 150ribu, bak cover kopling sudah tentu lebih mahal yang persi manual tapi tidaklah melebihi 500 ribu rentang harganya antara cover koling manual dengan yang AT. Artinya versi AT memiliki part yang lebih mahal daripada versi Manual terutama di sistem kopling sentripugalnya yang bisa berharga lebih dari sejuta.

rupa sama tapi beda........

Trus kenapa tipe manual bisa lebih mahal??? Nah inilah yang membingungkan, ntah itu strategi pemasaran ataukah apa itu, yang jelas pihak pabrikanlah yang lebih tau mengenai masalah ini, SLR hanya bisa menerka-nerka saja dan mungkin saja braders punya jawaban lain, silahkan di share pendapatnya…!!!!

Iklan

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

19 responses »

  1. kangmase berkata:

    ya gak gitu juga kali ngitungnyah! wong mbikinnya aja dari awal gak bisalah diitung dari dasar motor kopling manual.

    apalagi semua kan tergantung segmen yang disasar, kalo beda ya pricing strateginya yang menentukan

    trus, keuntungan tiap produk kan gak harus sama, ada yang gedhe, ada yang kecil…

    http://kangmase.wordpress.com/2011/06/10/pulsar-220-full-fairing-pengeeeeeen/

  2. ocecoco berkata:

    bener juga ya, kalo di r4 versi AT juga lebih mahal dari MT. tapi di mx faktor 5 speednya kali yg bikin mahal.

  3. koplax berkata:

    Karena eh karena takdir…

  4. Joko berkata:

    Dulu win lebih murah drpd grand. Tergantung kelengkapan dan kebijakan pabrik saja.

  5. dolanclinick berkata:

    kan lebih sporti yang manual (sudut pandang ABG)

  6. ipanase berkata:

    hsruanya lebih mahal at,,,tapi kan kerenan manual,,jadi lebih keren, lebih mahal

  7. Yang jelas udah diitung2 ma pabrikan n tingkat efisiensi produksinya mungkin lebih tinggi yg matic :mrgreen: hehehe sok tau…
    http://ngobrolmotor.wordpress.com/2011/06/11/semoga-gp-silverstone-gak-membosankan-plus-rossi-minta-bantuan-hayden/

  8. azizyhoree berkata:

    sentrifugal cluth! sebuah part assy yg lebih rumit! jadi secara price list item jelas lebih mahal

    , nah yang bikin MX lebih mahal banyak faktor bli!, selain design output power serta torsi lebih besar yg versi manual cluth! rasio transmission yg 5 speed jelas lebih mahal , velg +ban belakang mx manual juga lebih lebar oiya satu lagi (kalo ga salah friction cluth +house cluth MX manual lebih besar dari mx auto / mx lama )

  9. ali abimanyu berkata:

    ini prnh q bca ulasanx n stju bgt bhw at hrsx lbh mhal,,tp dr phk pbrikn blm ad yg ksh jwbn

  10. pak'e alyx berkata:

    Peminat bebek berkopling relatif lebih sedikit dibanding bebek normal. Selisih totalnya bisa lmyn banyak. Dgn demikian, part utk area kopling manual juga dibuat terbatas. Part yg dibuat dlm jml terbatas umumnya harganya lebih mahal dibanding part produksi masal. Akibatnya, bebek berkopling lebih mahal dibanding bebek normal…… wkwkwkwk analisa sotoy dan sotoy analisanya….
    Saya sendiri klo disuruh milih – misal sama-sama gratis, lebih pilih bebek normal, krn lebih simpel. Atau matic sekalian. Klo mo pake kopling, sekalian pilih motor laki…. 🙂

  11. semi berkata:

    dulu seingetku supra XX lebih murah dibanding supra X cmiiw

  12. BintangSinga berkata:

    Fixed Cost(biaya tetap) untuk memproduksi part kopling manual lebih besar karena jumlah produksi untuk kopling manual lebih sedikit ketimbang yang kopling auto… jaman Supra X ama Supra XX kan jumlah produksinya kan jauh lebi banyak yang Supra X tuh.. 🙂 tp kyknya jumlah produksi MX manual ama AT berimbang deh… so, mungkin harganya lebih mahal karena MX manual fiturnya jauh lebih banyak dan mahal ketimbang yang AT. beda lg klo di mobil, harganya bisa lebih real (AT lebih mahal) karena jumlah produksi antara tipe manual ama AT berimbang, dan harga part AT di mobil jauh lebih mahal… CMIIW :mrgreen:

  13. hanry berkata:

    subsidi silang kali ya

  14. rollint berkata:

    mx 5 speed mesinnya baru, klo yg AT mesin mx lama

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s