mas-masbro,braders yang hobi ngutak-atik motor tentu tidak asing lagi dengan komponen yang satu ini, komponen yang biasa dijual di toko-toko pariasi motor dengan kegunaan menurut kabar yang ntah itu kabar burung ataupun kabar-kabari atau kabar kabur
selain sebagai penerang nyala lampu juga sebagai penambah power, akselerasi dan pengirit konsumsi bensin. yang bener??? masak piranti yang berupa penyetabil tegangan ini bisa segitu hebatnya sieeh??? ini pakta atau hanya isu??? yuuuuk kita selidiki dulu apa isi dalemannya.
Di blog elcotomotif dijelaskan dan dibedah isi dalemannya si kotak kecil ini yaitu berupa beberapa rangkaian paralel kapasitor dengan nilai 2200µf/35v yang berjumlah lima buah dan ditambah lagi berupa rangkaian resistor-led yang berfungsi sebagai petunjuk kalau DC Booster ini telah tersambung ke aki motor. Yang paling penting dari dalaman DC Booster ini tentu kapasitor 2200µf/35v yang berjumlah lima buah ini, jika dirunut ke teori per’elektronikan (SLR juga hobi elektronic loh 😀 ) kapasitor berfungsi sebagai penyimpan arus sementara dan juga sebagai penyetabil tegangan dan jika di rangkai secara paralel dengan jumlah yang banyak maka fungsinya akan sangat mirip seperti aki motor( kapasitor bank)
Nah kenapa dibilang sebagai pengirit, peningkat power dan torsi??? ooh sudah tentu ada sangkutannya dengan kelistrikan motor pada khususnya CDI motor yang berjenis arus DC seperti Suzuki Shogun, Honda megapro dan banyak lagi yang membutuhkan arus untuk memasok CDI dari aki. Dengan terpasangnya DC Booster ini sudah tentu kinerja aki akan sangat lebih ringan dan terbantu oleh keberadaan alat ini. Masih ingatkan dengan teori diatas mengenai cara kerja kapasitor yang berfungsi menyimpan arus sementara, saat terjadi lonjakan kebutuhan tegangan dari CDI ataupun komponen kelistrikan motor yang membutuhkan arus langsung dari Aki, saat inilah DC Booster berperan m
emasok arus ke aki. Dengan setabilnya arus yang dihasilkan aki sudah tentu akan berpengaruh ke CDI dan juga mempengaruhi pembakaran… ya ujung-ujungnya berpengaruh juga ke power, torsi, dan keekonomisan.
Begitu juga dengan nyala lampu yang makin terang… so pastilah, yang biasanya arus dari aki terbagi untuk menghidupkan lampu sekaligus memasok CDI, dengan adanya DC Booster ini listrik yang dibutuhkan lampu juga tidak tergangu… lagi-lagi ujung-ujungnya berpengaruh ke nyala lampu. Jadi sudah taukan bagaimana DC Booster ini beroperasi dan bagaimana dalemannya…!!!!
alat apa an sih?
baru pernah denger
itu tuh alat yang trpasang di aki….
Hrgany brapaan gan..?
Hrgany brapaan gan.?
di pasaran berpariasi bro…. ada yang murah… dan terakhir SLR ditawari seharga 250 ribu……
bli, kalo di supra fit bisa dipasang tidak??
supra rasanya ga ngaruh bro…. alnya sistem CDInya AC yang suplai arusnya langsung dari spul……
motorku Shogun SP, dc donk?
sori ya oom..
tapi kemasan produknya kurang cakep tuh 🙂
bukan SLR yang punya produk oom…. itu cuma gambar ilustrsi saja….
mahal amat 250 rb.
bikin sendiri paling cuma 30rb.
oiya pasang aja sekalian yg 10000µF. Kemarin habis beli malah cuma 17rb.
bener, aq juga buat sendiri pake elco 10.000mF/50v hasilnya juga lumayan
bro…. SLR baru aja bikin…. pake elco 4700mf/35v sebanyak 6 buah….. SLR terapin di Byson…. ngabisin cuma 50ribu,……
canggih
Kakak Adik, Cantik Yang Mana?
http://vespaalitalia.blogspot.com/2011/06/kakak-adik-cantik-yang-mana.html
Gadis SMP Hot
http://vespaalitalia.blogspot.com/2011/06/gadis-smp-hot.html
elco kl difikir bnrnya aki jg cmn mini beda elektroda n elektrolitnya
http://www.umarabuihsan.wordpress.com/2011/06/20/51-konsumen-cbr-250-dan-ninja-250-ada-2ab-anak-biker-dan-anak-babe-keduanya-ikut-menentukan-market-share-menuju-titik-equilibrium-pertarungan/
bohong keknya,,,ane buat sendiri ,,total 20 ribu UF kapasitornya
pengen pasang… tapi motorku masi AC kelistrikan’e… 😦
buat jupiter z ane bs ga gan???
klw yg rakit sendiri diatas (bro J4na) bs ga pasangin punya ane???
lokasi jakarta
😆
Cara kerjanya sih iya, tapi di motor yg akinya sehat, apa pengaruh signifikan?
sudah pernah pasang, ada pengaruhnya, temen ada yg bikin sendiri malah dari kapasitor mesin cuci, kalo mau beli, yg murah aja, buatan malang ada yg 80rb, ngapain beli mahal2 kalo fungsinya sama aja :p
ini link-nya yg buatan malang, http://alfasigmaracing.indonetwork.co.id/237765/xnl-dc-booster-booster-pengapian-dc.htm
emang yg alfa sigma racing masih jualan?
apaan tuh masbro…. maaf SLR baru denger…..
hasil tes DYNO bagaimana?
ada peningkatan performa?
test luminosensi lampu, ada penambahan?
kalo gak ada, berarti cuma placebo doang
Bro gimana kalo dipasang di binter merzy ? binter merzy ku pake cdi neotech accu 12 vol 10 ampere?
bisa kok…… kok buesar buanget amperenya……
binternya ada elektrik starternya ga???
ane masang di Tiger & megapro (Ke2nya mk aki Binter Merzy), Kok gk ngaruh sama sekali yak?? ane mk kap 35V 4700µF X 5 (ngikutin skema diatas)
anehnya pas ane coba di Shogun 125 & hsx125 baru berasa lampu, klakson & tarikan lebih mantep…Ukuran yg ane pake salah yak?? makasih sblmnya.
so pastilah bro… mercy dan tiger kan sistem pengapiannya AC
sedangkan shogin DC…. kan DC butuh arus dari aki plus dc booster….
Makasih bro..mubaazirr dah bikin dc booster..btw, Nama ente sama persis spt sepupu ane yg asal Sidan – Gianyar.
Dc booster ane dah bikin sendiri, itu utk input CDI biar mantap, terus klo utk booster/stabilizer output CDI ke koil itu rangkaiannya gimana dan komponen apa aja yg dipake?
Maturnuhun dan mohoon solusinya gan…
baru dipasang 1 minggu neotech GL ku CDI nya mati/tewas, aku pake yang 35V 6800µF X 5 , apa karna kelebihan muatan arus yang ke CDI yaaa . . .
Klo pemasangan di input CDI jg pke elco ukuran 10000 mf 50 volt ya gan
sama bro……
kalut pemasangan output CDI pke ukuran bpa mf dan volt nya ya gan…
Ocrhe..tak coba’e biar abs revo ane dilirik sm temen2..
Tambah ground strap lebih syahdu gan..
Gimana cara masangnya bro ? Ni klw buat sendiri.
Ni tk mrusak kmponen laen bro ?
Atau cpat lemah ke cdi/koil.
klo yg pengapian ac ad bro?
soalnya aq mw bwt untuk rx king n pengapian lgsg dr sepul bro.
bs kasih masukkan bro..
saya sudah buat sendiri nih bahan2nya 1 buah kapasitor 50v/10000 mikro farad konektornya model baut 3 biji dan 2 biji model jepit & kabel listrik yang diameternya 0,8 mm 3 warna (merah +, hitam -, putih (massa)) trus sama selotip elektrik, oya kabel hitam dan putih jadi satu di terminal negatif kapasitor tapi kabel putihnya ke massa (body/rangka).
Iy sama mas/mbak brow ane jg lg mo bikin nh yg kpasitornya 10rb f/50v..
gua pasang di VESPA gmana tuh ..?
bsa kga ??