lihat sistem pendinginan headnya....

Tentu braders tau dengan yang namanya liquid cool ataupun air cool, di motor harian pun yang namanya liquid cool sudah sangat jamak diterapkan. Mulai dari motor bebek sampai yang sport dengan performa kuenceeeng. Di bebek diwakili Yamaha Jupiter MX dan di motor laki ada Vixion dan CBR. Apalagi yang air cool… jangan dibilang lagi daaah… setiap hari setiap menit bahkan setiam mikro detik kita meliha berseliweran di jalanan.

Dari kedua sistem pendinginan mesin itu ada satu sistem lagi yang tidak diketahui khalayak buanyak. Sistem pendinginan baru  ini datang dari HD atau Harley Davidson. HD mematenkan sistem pendinginan baru yang teramat nyeleneh jika dibandingkan dengan sistem pendingin lainnya yaitu gabungan antara air cool dengan liquid cool. Sudah pada taukan ciri khas dari HD itu datang dari mesin V2nya plus sistem pendinginannya yang tetap aircool yang tercirikan dari sirip-sirip pendinginannya.

Untuk mempertahankan sistem pendinginan mesinnya yang tercirikan dari sirip-siripnya itu HD menggabungkan kedua sistem pendinginan, ada pendinginan cairan namun tetap juga mempertahankan sirip-sirip pendinginnya sebagai ciri khas HD. Lihat gambar diatas yang menunjukkan sistem pendinginan head bloknya yang amat berbeda dengan sistem pendinginan cair umum, yang biasanya berbentuk mantel atau rongga pendinginannya menyelimuti sisi luar head ataupun blok, maka paten dari HD ini tidaklah demikian.

Sistem pendinginan head dari HD ini hanya berbentuk lubang memanjang yang berbentuk selang dan mengelilingi lubang exhaus/ exhaust port. Kemungkinan ini dilakukan desainer HD guna menurunkan panas yang dihasilkan pembakaran mesin yang terbuang melalui exhaust port. Radiator dan saluran selang’nyapun nampak lain daripada yang lain, radiatornya berbentuk sangat kecil yang dibagi menjadi dua bagian dan di masing-masing radiatornya terdapat kipas sebagai penarik hawa panas dari radiator.Bentuk radiatornya pun tersamarkan penutup yang berbentuk cembung yang seolah itu bukanlah radiator. HD pun merencanakan akan menerapkan paten ini di produksi motor terbarunya di tahun 2012.

 

Iklan

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

12 responses »

  1. kurniaprorider berkata:

    gimana kalo NMP pake kayak gini??

  2. koplax berkata:

    Mosoook!

  3. Othonx berkata:

    Wah… teknologi/paten baru di dalam cover classik

  4. raya berkata:

    vario dah pakek..

  5. myf berkata:

    ealah sampe segitunya mempertahankan tradisi, tradisi kuno kok masih dipake, mending sekalian make radiator biasa

  6. SKSD berkata:

    unik, tapi kliatannya kurang efisien deh sistem pendinginnya, heum..

  7. nanared berkata:

    gak suka HD bli
    *gak suka HARGANYA*
    nitip lapak kw9999
    http://www.nanared.wordpress.com
    SALAM KARET BUNDAR™

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s