mahal di motor belum tentu mahal di ongkos....

Di dunia sangat banyak jenis balapan motor, mulai dari yang terkecil 100cc sampai yang terbesar 1200cc. Dengan dana yang murah sampai yang supermahal, mulai dari dana pribadi sampai dana dari sponsor raksasa.  Pokoknya tidak ada balapan yang tidak mengeluarkan dana didunia ini, entah itu kecil maupun dengan dana yang super buesar. Di Indonesia pun sudah menjadi rahasia umum kalau balapan bebek menjadi rajanya, raja ini bukannya hanya raja balapan saja akan tetapi raja dari pengeluaran dana untuk turun dalam sekali race, dan menurut M+ dana yang dikeluarkan untuk menurunkan satu bebek juara bisa melebihi dana untuk menurunkan satu unit motor supersport.

Itu untuk di Indonesia yang regulasi Supersportnya masih bersahabat, bagaimana dengan supersport dunia yang regulasinya sudah hampir bisa dibilang open…. waaaaah….. bisa dibilang super muahaaal….!! eeeiiiit…. tunggu dulu…. nggak juga kok….!!! Sebagai buktinya lihat data di bawah ini yang SLR ambil dari motorcycle-usa untuk upgrade Yamaha R6 :

Braking 
CM66 Semi-Metallic Front Brake Pads: $159.80
Dynojet 
Power Commander V: $352
Auto Tune for Power Commander V: $244
Quickshifter: $219.99
Graves Motorsports 
Graves Full Ti System: $1765
YEC Kit ECU: $702
Sub Harness Adaptor ECU: $152
WORKS Brake Line Kit: $248.67
WORKS Velocity Stacks: $600
WORKS Throttle Tube: $85
Fixed Rearsets: $595.95
50mm Clip-on Set: $99.99
R6 Bodywork Kit: $90
R6 Dzus Bodywork Kit: $80
R6 Seat Foam: $99.50
MC Pro Designs
Paint Job: $800
Race Tech Suspension 
25mm Drop-in Cartridge Fork Kit: $1299.99
0.95 kg/mm Fork Springs: $109.99
R6 Oil Seals: $35.99
Fork Oil: $30.00
G3-S Shock: $1099.99
Sharkskinz Racing Bodies
R6 Race Upper: $366
R6 Race Lower: $240
R6 Race Tail: $258
R6 Seat Support: $40
R6 Draftshield: $60
R6 Front Fender: $103
VP Racing Fuels
U4.4 Five-gallon Pail: $60-80
Zero Gravity 
Double Bubble Windscreen: $89.95
Jika di total keseluruhan biaya itu, maka akan menghabiskan dana 90-100juta diluar motornya. Menurut M+ lagi dana yang dihabiskan untuk membangun sebuah bebek juara plus biaya balapnya habis diatas 500an juta, dengan Supersport biaya yang dikeluarkan masih bisa dibilang dibawah 500an juta, coba saja dijumlahkan biaya diatas dan harga motornya, nggak habis 500 juta kan…!!!! Trus kenapa ya banyak tim balap terlalu bersemangat dengan motor bebeknya??? padahal kelas yang lebih tinggi bahkan jauh sangat-sangat tinggi lebih murah  biayanya!!! Apakah dikarenakan kelihatannya bebek itu berharga murah… ya dengan dana 15 jutaan sudah dapat satu unit bebek, bagaimana dengan dana risetnya, belum lagi jebol, belum lagi ini itu….!!! Apalagi ngirim mesin ke swedia sana buat nyeting head mesin,…. isunya satu unit head itu seharga 70juta….!!! ada lagi yang ngirim motornya ke thailand ataupun australia sana… belum lagi ongkirnya…. belum lagi ongkos mekaniknya yang hitungan jam….!!!

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

9 responses »

  1. Rollerman mengatakan:

    maaf Bli,setahuku harga part motor kyak gtu emg murah,tp kalo beli dsana n DIPAKAI dsana

    kalo pun harga partnya d datang kesini,yaa tau sendiri kan pajak Indonesia kyak gmana

    yaa mirip motor India vs Motor Indonesia,FZ 16 dsana dhargai 13-14 juta RUPIAH (udah d konversi dr rupee ke rupiah) kalo beli dsana.trus kalo d datangkan CBU??bakal mahal

    nah itulah yg membedakan Bli,kalo suatu tim Indonesia langsung berlaga disana dan beli part disana,mungkin taksiran harganya segitu (seperti d atas)

  2. Othonx mengatakan:

    Mekanik…. Cuma $1/jam.. Hehehhehehhe…. Nasib jadi mekanik di indonesia.

  3. kang_ulid mengatakan:

    mahal juga ya… kan di indonesia bebek lebih berkembang… sirkuit untuk bebek relatif lebih mudah daripada yg supersport… cmiiw

    http://jheren.wordpress.com/2011/07/04/dan-mereka-pun-pergi-untuk-selamanya/

  4. umarabuihsan mengatakan:

    faktor jualan bebek lebih didukung pabrikan mungkin …

    ijin nitip artikel Bli: UTAK ATIK: Catur 6 orang VS 6 orang

    http://umarabuihsan.wordpress.com/2011/07/04/60-utak-atik-gimana-ya-kalau-permainan-catur-”-6-orang-vs-6-orang/

  5. idadzzz mengatakan:

    ah yg bnr bli mpe 500 jtn?

  6. Modar mengatakan:

    500jt tuh tuk riset motor dari nol bli so kalo dah pernah ngriset, jatuhnya antara 50-100 jt pertahun tuk pengembangan ma maintenance. Balap bebek lebih berkembang tuh krn selain di dukung pabrikan, hasil risetnya bisa d gunakan tuk harian n jasa servis liar so pemasukan bagi bengkel/mekanik akan lbh besar jika ngriset mesin bebek kan populasi terbesar adalah bebek500jt tuh tuk riset motor dari nol bli so kalo dah pernah ngriset, jatuhnya antara 50-100 jt pertahun tuk pengembangan ma maintenance. Balap bebek lebih berkembang tuh krn selain di dukung pabrikan, hasil risetnya bisa d gunakan tuk harian n jasa servis liar so pemasukan bagi bengkel/mekanik akan lbh besar jika ngriset mesin bebek kan populasi terbesar adalah bebek

  7. Modar mengatakan:

    Kalo ngriset motor gedhe, mungkin lebih unggul soal image n kelas tp bagi mekanik n bengkel akan rugi krn populasinya cuma seuprit. Hasil riset ga bs d terapin di produk yg jumlahnya lbh besar. Kan pendapatan utama bengkel n mekanik adlh dari banyaknya pasien yg datang bukan dari keikut sertaan dalam balap. Balap cuma buat promosi ajah

  8. ninja250holic mengatakan:

    lahh sekarang shock balap merk ohlins aja… dah ngerambah bebek….. 1set dah diatas 10jt…. punya n250… shock ohlinsnya skitar 9-12jt.. gak kaget bebek bisa smpe 500jt.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s