Saat ngumpul di poskamling, SLR disuguhi beberapa cerita seru sama teman-teman sepenongkrongan. mulai dari cerita cewek, nyeritain tentang trek liar, pokoknya buanyak…!!! Namun dari kesemua cerita itu ada satu cerita yang SLR paling menarik untuk didengar, yaitu mengenai kehebatan Jupiter Z korekan yang bisa wheelie saat melakukan aksinya, mulai dari gigi 1 sampai dengan gigi 3. Pokoknya teman SLR ini dengan bangga dan kagum menceritakan sosok motor itu!!!

Beda teman SLR, beda pula dengan SLR sendiri…!!! Sebenarnya wheelie di saat motor melaju dengan kencangnya bukanlah hal yang baik atau bisa dibilang merugikan. Kenapa begitu…??? Ya sudah tentu ada alasanya lah… masak SLR ngomong cuma asal saja. Coba tengok motogp melaju di trek lurus nan panjang, sedikitpun tidak terlihat terjadinya hentakan yang memaksa roda depan mengangkat. Kalaupun itu ada yang ngangkat palingan itu hal yang disengaja oleh ridernya saat pengujian traksi roda belakang ataupun saat selebrasi kemenangan.

Kembali lagi ke Jupiter Z yang SLR bicarakan tadi, terjadinya wheelie tersebut sebenarnya hal yang sangat merugikan bagi ridernya, ya sudah jelas dengan terjadinya wheelie ini akan menggangu konsentrasi rider saat berakselerasi. Selain itu wheelie sebenarnya menunjukkan bahwa power yang dihasilkan motor tidak berimbang antara RPM atas menengah ataupun bawah. Wheelie di gigi persneling besar biasanya diakibatkan ketidak berimbangan dalam pengaturan gigi rasio, putaran menengah bawah roda depan mau ngangkat tapi bagaimana dengan putaran atasnya… aduuuh dijamin payah daaah…..!!! SLR alami sendiri dengan Yamaha Crypton tunggangan SLR dirumah, waaah… dahsyat bener dah…. gigi 1 tanfa disengaja bisa wheelie, begitu juga dengan gigi 2’nya….!! tapi bagaimana setelah putaran atasnya…. waaah… kacau… powernya seperti ngempos…. alias ngooook.

Jadi kesimpulannya wheelie diusahakan dikurangi disebabkan power yang dibutuhkan pada motor itu hanya untuk mendorong motor kedepan secepat kilat, bukannya power yang bisa mengangkat motor, kalau mau motor terus menerus ngangkat ya ditambahin sayap saja… he he he:mrgreen:

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

22 responses »

  1. Pandahitam mengatakan:

    Buat freestyle baru cocok..Buat freestyle baru cocok..

  2. kangmase mengatakan:

    sayapnya kan dah sengkleh!

  3. icaq's mengatakan:

    wheelie dapet….top speed dapet. pake king…dah nyobain tp gak sengaja wheelie nya ampe kaget…hehehe

  4. Stevan mengatakan:

    Kalo motor trail & supermoto malah hampir tiap buka gas di gigi2 bawah bawaannya kayak mau wheelie trs…😀

  5. molang mengatakan:

    tulisannya kurang mengalir mas(kritik membangun)….but not bad laah..

  6. aaaaaa mengatakan:

    Selain itu wheelie sebenarnya menunjukkan bahwa power yang dihasilkan motor tidak berimbang antara RPM atas menengah ataupun bawah. Wheelie di gigi persneling besar biasanya diakibatkan ketidak berimbangan dalam pengaturan gigi rasio, putaran menengah bawah roda depan mau ngangkat tapi bagaimana dengan putaran atasnya…
    ———————————————————————————————————————-
    kykny mo pengaturan gear ratio kek gmn kl emng torsi n power gede ya tetep bakalan wheelie deh mas bro.. trus motogp jg wheelie bukan krn pengujian traksi belakang.. wheelie ya krn emng wheelie.. power segede itu.. tiap keluar tikungan pasti gt walo kykny semakin direduksi krn adany perangkat elektronik. .

  7. PakBambangNunggangJaran mengatakan:

    ga brani whelie

  8. Ghost mengatakan:

    Ih wow big air

  9. kentadis mengatakan:

    Aprilia aja bikin Anti Wheelie Control biar RSV4 ga ngangkat2

  10. nanared mengatakan:

    setuju,boros gearset juga wkwkwkwkwkwk
    ijin lapaknya digelar disini
    http://www.nanared.wordpress.com/2011/07/08/susahnya-biker-daerah/
    SALAM KARET BUNDAR

  11. ipanase mengatakan:

    beTUL gan,,,,,,,,,yang penting bisa dipakai

  12. penggemar ninja mengatakan:

    ngak bagus back ground nya bos, terlalu rame susah baca tulisannya

  13. shumy27 mengatakan:

    banyak rugi kalo wheelie,apalagi ditrek lempeng misal dragrace,malah buang waktu,mastinya maju cuma jengat(ngangkat)mulu…IMHO

  14. Goyip mengatakan:

    absen aja gan…

  15. TDF mengatakan:

    jupiz? ah masa si…..

  16. Moyseventeen - evolution mengatakan:

    DESAIN BLognya mantap xixixiix di komporin dari dulu skarang jadi betah visitnya bli mantap

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s