Teringat akan proyek yang SLR kerjakan dulu dimasa SMP, yaitu proyek ekstra kulikuler elektronik yang mengharuskan murid yang mengikuti ekstra tersebut harus bisa merakit satu buah radio AM sampai bisa bunyi atau ready to use. Berkat ketekunan dan minat SLR dibidang elektronik, SLR pun berhasil merakit radia AM tersebut sampai bisa dinyalakan. Tentu rasa bangga dalam diri saat itu teramat tinggi, anak yang masih terbilang sangat hawam dengan perangkat elektronik bisa merakit sebuah radio. Walaupun hanya merakit saja hal itu tidak bisa dibilang remeh, jika tanfa didasari pengetahuan komponen elektronik yang benar maka bukannya bangga yang diperoleh, akan tetapi muka gosonglah yang didapat. Bagaimana tidak, jika satu saja komponen elektronik yang salah terpasang maka akan mempengaruhi komponen yang lainnya dan ujung-ujungnya komponen tersebut akan meleduk… duaaar…!!!

SLR pun di tulisan ini kepengin berbagi pada bro-bro semua yang mungkin belum tau bagaimana penerapa komponen-komponen elektronik seperti dioda, zener, resistor dan kapasitor. Mulai dari fungsinya sampai dengan penerapannya, akan dijabarkan dalam tulisan ini. Seperti yang SLR utarakan di tulisan diatas, jika tanfa pengentauan dalam pemasangan komponen-komponen ini maka tidak jarang kita akan menemui kerusakan pada komponen tersebut bahkan yang paling patalnya bisa meledak (kapasitor ledakannya yang paling keras).

Dibawah ini komponen-komponen elektronik yang sangat berguna dalam sepeda motor yang kemungkinan braders bisa memasangnya sendiri.

klik untuk memperbesar

  • Dioda, berfungsi sebagai penyearah arus yang awalnya AC menjadi DC. Selain itu dioda juga berfungsi untuk mencegah berbaliknya arus kearah berlawanan. Di sepeda motor sendiri sebenarnya dioda ini sudah ada, akan tetapi dengan bentuk yang besar dan dengan sebutan yang lain yaitu Kiprok (kiprok merupakan dioda bridge yang berfungsi mengubah arus AC dari spul pengisian menjadi DC setelah keluar dari kiprok dan juga sebagai penyetabil arus). Selain itu dioda juga bisa sebagai penurun tegangan, satu buah dioda bisa menurunkan voltase +/-1volt. Jika disusun secara seri maka penurunan tegangannya akan semakin besar sesuai dengan jumlah diodanya,sehingga lewat beberapa dioda dan led sebenarnya kita bisa membuat alat pengukur tegangan aki.
  • Zener, merupakan salah satu bagian dari dioda namun dengan fungsi yang berbeda. berfungsi sebagai penyetabil arus lewat pembuangan arus berlebihan yang lewat dalam sebuah sirkuit dan pemasangannya dengan diparalelkan. Semisalnya sebuah zener memiliki ambang batas voltase 15volt, jika arus yang lewat di kutup negatipnya dibawah 15volt maka arus akan tetap dialirkan secara normal. Berbeda bila arus yang lewat melebihi ambang batas, semisalnya 16volt maka arus yang lagi 1volt itu akan dibuang ke masa. Sebagai contoh penerapannya ada di kunci kontaknya Honda CBR250R.
  • Resistor, berpungsi sebagai tahanan/penghambat dari arus yang nilai hambatannya disesuaikan dengan besaran satuan ohm, besarnya nilai resistan suatu resistor ditunjukkan oleh warna-warna cincin yang tertempel di tubuh resistor ini. Penerapannya yaitu pada piranti yang membutuhkan nilai tegangan yang rendah semisalnya led lampu stop, lampu pariasi,dan angle eye.
  • Kapasitor, piranti ini sebenarnya sudah terdapat di motor kita dan hampir setiap orang sudah pernah membicarakannya. Yaitu piranti yang bernama singkat CDI, nama CDI sendiri diambil dari Capacitor Discharge Ignition. Jadi di dalam CDI itu sudah terdapat yang namanya kapasitor yang berfungsi sebagai penyimpan arus sementara yang kemudian dilepaskan ketika dihubungkan ke negative. Sebagai fungsi pokoknya yang bersifat menyimpan arus sementara maka kapasitor juga dimanfaatkan sebagai DC Booster dan Kapasitor Bank. DC Booster dan Kapasitor Bank ini sebenarnya berfungsi sama namun dibedakan dari kapasitas penyimpanan arusnya, jika DC Booster biasanya kapasitas tertingginya 4700mf x 4 sedangkan Kapasitor Bank kapasitasnya bisa lebih besar lagi mencapai 1f.

 Gimana??? sudah pada masuk dikit kan ilmunya…?? Dengan sedikit penjabaran diatas semoga braders mas-masbro dapat mengerti fungsi dan kegunaan berbagai komponen elektronik di sepeda motor brader. naaaah… monggo di share…

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

16 responses »

  1. lekdjie mengatakan:

    Jaman smp ku tragis,ga dapet elmu elektro

  2. Othonx mengatakan:

    Smp cuma dapat adaptor…

  3. ipanase mengatakan:

    1F? 10 rebu Uf kali seratus

  4. hadiyanta mengatakan:

    Kapasitor Bank kapasitasnya bisa lebih besar lagi mencapai 1f.

    besar banget ya?

  5. Ghost mengatakan:

    1.5f wujud e sepiro kui?

  6. erte mengatakan:

    wujude kyok lek pas tangi turu trus nang wc ,,,,,,,la sing lugur nang bolongan,,,,kyok kuwi wujude…..are u understand?

  7. Dj mengatakan:

    Mantap ilmunya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s