klik gambar untuk memperbesar

Banyak anggapan timbul kala kemunculan desain awal Ducati Superquadrata, ada yang beranggapan superquadrata merupakan superbike paling powerful, desainnya yang revolusioner, dan itu memang benar adanya. Akan tetapi ada satu informasi yang masih simpang siur yaitu mengenai mesin yang dipakai Superquadrata, banyak kalangan yang beranggapkan Superquadrata memakai mesin V4 dan ada juga yang beranggapan Superquarata masih setia dengan tipe mesin yang dulu L-Twin/V-Twin.

Coba dipikirkan, mungkinkah Ducati mau meninggalkan mesin L-Twin nya yang telah menjadi ciri khas Ducati, yang telah menghantarkan Ducati unggul di kejuaraan superbike. SLR pikir tidak, sebab dalam regulasi superbike mesin 4 silinder kapasitas mesinnya hanya diperbolehkan paling tinggi 1000cc, beda dengan mesin twin yang diberi kelonggaran sampai 1200cc. Terbukti juga dari petikan artikel A&R.com dibawah ini:

The Superquadrata v-twin motor is built overly-square, and should produce nearly 200hp in its max trim. Other features are the LED headlight system, a horizontally-mounted rear shock, and a unicorn tears lubrication system (we’re not so sure about one of these three features). Expect more photos and info to “leak” out of Ducati as we get closer to EICMA, where the Ducati Superbike 1199 will debut.

Petikan diatas memang tidak menyatakan secara khusus superquadrata bermesinkan twin, akan tetapi penyebutan The Superquardata v-twin..telah mengindikasikan pemakaian mesin twin di dalam body sangarnya.

Kita pun kembali dibuat berpikir akan power yang dihasilkan Superquarata yang dikabarkan lebih dari 200hp,”kok mesin twin bisa menghasilkan power sesangar itu?”. Bisa lah… nothing imposible in the world. Siapa yang tidak tau akan kehebatan piranti buka tutup klep Ducati yang dinamai Desmodromic yang mencegah terjadinya klep mengambang, dari desmodromic ini saja sudah menghasilkan power yang sangat gila. Dikabarkan juga Ducati telah membuat mesin twin yang beda dengan generasi sebelumnya, yaitu ada pada bore x strokenya. Diameter silinder dibuat lebih lebar dan juga strokenya diperpendek guna mengail Rpm yang lebih tinggi, dengan lebih tingginya Rpm sudah pasti power akan meningkat.

Iklan

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

7 responses »

  1. ricthofen berkata:

    widih cuman sayang tuh motor klw nyampe sini pasti harganya gila2an

  2. hbiebatc berkata:

    klau mesinya L4 kubikasi tteup 1200cc, curang dong..udh bda kelas..haha

  3. rullynova berkata:

    Buntutnya pendek, single apa double seater?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s