Diawal kemunculan dengan desmosidicinya Ducati telah membuat gebrakan baru dalam bidang frame motor prototipe. Di balapan MotoGp yang telah lewat tidak ada satupun pabrikan yang berani memakai frame bertipe tubular yang disebabkan sifatnya yang kaku kala diajak bermanufer menikung. Ducati pun menjadi kontestan satu-satunya yang memakai tubular frame hingga kedatangan stoner di tim Ducati.

Saat ujung tombak dipegang oleh Stoner, Ducati pun mengganti frame kebanggannya menjadi lebih modern lagi yaitu tipe monokok carbon fibre. Tiada orang yang tau pemikiran Ducati dengan pemilihan tipe frame ini, yang jelas frame ini telah menghantarkan Stoner meraih pucuk juara dunia pertama kalinya dan juga bagi Ducati juga. Namun tidak begitu dengan pembalap-pembalap ducati yang lainnya, sebagai contohnya Hayden yang menjadi rekan setim stoner saat itu tidak berdaya mengendalikan keberingasan D16. 

Tahun ini pun sama seperti itu dengan kedatangan Rossi yang bermaksud membawa perubahan ke benak tim Ducati. Rossi dengan waktunya yang super singkatpun merasa tidak berdaya dengan handling D16 yang tidak mau menurut pada pembalap, alih-alih seting Rossi pun tertinggal jauh dengan rival-rivalnya, hingga tiga seri yang lalu Ducatipun memperkenalkan D16 tipe baru dengan nama GP11.1 yang memakai frame dari GP12. Perubahanpun tidak nampak, malahan prestasi Rossi terkesan merosot dengan GP11.1.

Beberapa hari yang lalu pembalap senior Ducati “Loris capirossi” pun berucap akan frame Ducati, dia mengusulkan akan pergantian frame yang sekarang ini “monokok carbon fibre” menjadi tipe aluminium seperti yang dipakai kontestan pabrikan lainnya. Diperkuat juga dengan usulan Rossi yang menginginkan dilakukan perubahan besar, namun Rossi tidak menjelaskan secara pasti apa usulnya itu, kemungkinan itu adalah pergantian sasis lama dengan tipe aluminium yang sudah terjamin kelenturannya.

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

12 responses »

  1. koplax mengatakan:

    #1

  2. dho mengatakan:

    pake deltabox aja,, sdh terbukti rigiditas nya.
    tzm, vixi, touch, cbr pd pake ntu.

  3. wwaaaaaaaaaaa mengatakan:

    ducati emng dr jaman jebot masi pake sasis tubular,. yg sbenere itu teknologi lama bgt.. smp ganti ke karbon bwt moto gp. mslhny carbon katany susah dibentuk,. tidak se fleksibel alumunium. lagian jg, tipe sasis karbon ducati, yg menjadikan mesin bagian dr sasis gt malah bikin ribet.
    jaman rossi baru2 di yamaha dia banyak melakukan perubahan pada sasis,. yg dulu sasis cmn sekedar menggantung mesin, dibuatny jadi kyk memeluk mesin. lah sasis ducati mlh lebih parah kekny..

  4. myf mengatakan:

    stoner juara dunia bukan pake sasis carbon om, alias masih pake trelis frame

  5. nunoe mengatakan:

    sasis carbon Ducati baru dipake di GP9 (musim 2009), stoner jurdu masih pake sasis lama (tubular)

  6. Goyip mengatakan:

    Klo di wsbk kenapa fine-fine aja ya???malah menang mulu???

  7. Rollerman mengatakan:

    udah kangen neh melihat Rossi melibas lawan satu persatu

  8. artbar mengatakan:

    yg gw tau waktu rosi ngebangun M1….yamaha menghabiskan dana 40% dari keuntungan global mereka tapi hasilnya ketaun…kalo ducati brapa ya..??

  9. sofyan hadi mengatakan:

    jika pake sasis almini msh gagal
    pasti ada gp 11.2 gabungan sasis ferrari dan mesin ducati 800cc

  10. Rancangan yang sangat keren bngt mas brow…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s