Matic itu ga ada giginya alias ompong, matic ga bisa berakselerasi layaknya motor bergigi dan masih banyak lagi kata-kata yang terungkap dari seseorang yang begitu tau dengan dunia motor matic. Tapi benarkah motor matic itu tidak bisa dibuat layaknya motor bergigi biasa.

Oooooh siapa yang bilang ga bisa??? Bisaaaa….., asalkan…!!! ada asalnya looh..!! Masalah asal-asal kita bahas nanti, bahas dulu motor matic di belahan bumi barat yang motor matic dari pabrikan-pabrikan eropa bisa diatur perpindahan giginya hanya lewat pencetan tombol saja, atau bisa dibilang matic dari skutik berkapasitas besar eropa itu layaknya sebuah mobil matic sport yang ada handle perpindahan giginya di belakang setir.

Nah…. bisa ga motor matic yang beredar di Indonesia dibuat begitu… oooh bisa…!!! Sebenarnya dalam perpindahan gigi di mobil/motor matic(dengan perpindahan dikendalikan rider) tidaklah seperti mobil/motor dengan transmisi manual, akan tetapi tetap memakai sistem matic biasa atau CVT. Namun dalam sistem CVTnya tidak lagi variatornya dikontrol eleh roller akan tetapi dikontrol oleh tekanan oli yang menekan variator sesuai dengan keinginan pengendara. Saat pengendara mengklik tombol di posisi satu, maka variator hanya mendapat sedikit tekanan oleh oli. Berpindah ke posisi dua, kembali tekanan oli menekan variator lebih keras dan begitu juga dengan seterusnya. lebih jelas lihat video:

Dalam video diatas ditunjukkan bagaimana sistem perpindahan giginya sangat terlihat mudah dan hanya memakai sedikit komponen saja. Akan tetapi dibalik kesederhanaan itu tersimpan kerumitan di segi cotrollernya seperti selenoid yang dikendalikan ECU untuk memerintah seberapa besar tekanan oli yang diberikan pada variator selain itu dibutuhkan pompa oli dengan kemampuan yang tingggi.

Jika diterapkan pada matic lokal sudah jelas bisa asalkan mekanik kita mau terampil, punya imajinasi tinggi dan sudah barang tentu mempunyai modal lebih. Merubah Vespa yang bermesin 2tak menjadi V-Twin 4tak saja bisa masak mengubah CVT dengan perpindahan auto menjadi terintergrasi  ga bisa..!! Bisalah…. kita tunggu kiprah-kiprah kepintaran mekanik Indonesia, SLR hanya bisa mengasi ide saja…

he he he … SLR hanya menang teori aja… praktek…. nol besar:mrgreen:

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

15 responses »

  1. raya mengatakan:

    honda jazz kan dulu juga pake cvt manual seperti ini?

  2. ipanase mengatakan:

    honda VRF1200 moge yang bisa juga matic

  3. Tarzan mengatakan:

    ngeri ga kebeli, atpm bikin yg murah2 aja udah pd ribut2

  4. Othonx mengatakan:

    Triptonic,multitronic.. Audi

  5. most mengatakan:

    mantav

  6. boerhunt mengatakan:

    cocok ini bli utk alay yang suka mainin hp pas berkendara, bukannya menggunakan matic utk kemudahan, malah membahayakan orang lain..biar tangannya disibukkan sama kopling gk pegang hp..
    nitip ya..
    http://boerhunt.wordpress.com/2011/08/17/kisah-mas-narji-dengan-tunggangannya/

    *masalah brand minded
    http://boerhunt.wordpress.com/2011/08/18/menutup-diri-itu-merugikan-diri-sendiri/

  7. nanared mengatakan:

    mudah2an bisa terwujud
    izin promo menu warung mas bro
    http://www.nanared.wordpress.com/2011/08/17/modifikasi-ala-biker-daerah/
    SALAM KARET BUNDAR

  8. wah…..makin ribet dunk…. tp ga papa dech tetep keren ….

  9. StripingMotor.com mengatakan:

    Daripada repot motor matic nya diganti mesin bebek aja mas bro..hehe.. :p
    Btw, nitip lapak stiker striping motor ori: http://www.stripingmotor.com
    Thanks & sukses selaloe!! ^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s