Memang selama ini banyak kalangan penggemar otomotif yang menganggap mesin dua silinder Ninja 250R adalah yang paling perkasa untuk menghantarkan rider-nya ke kampium juara dibandingkan kontestan yang lainnya macam CBR250R ataupun Megelli series yang berbekalkan mesin bersilinder tunggal. Tapi jika benar dua silinder itu sangat perkasa kenapa juga moto3 yang akan dihelat tahun depan memakai mesin single??? Nah lo…!! Yang itu sih alasannya klasik buanget, yaitu Dorna membuat regulasi begitu guna menghemat pengeluaran tim balap moto3. Jadi ga ada alasannya jika dilihat dari torehan power antara kedua jenis mesin ini, seandainya moto3 diperbolehkan twin, mungkin saja powernya akan menggila… iya kan???

Balik lagi ke judul diatas dan kembali ke pembahasan yaitu masih adanya kesempatan besar bagi mesin bersilinder tunggal macam CBR250R dan Megelli series, dengan sedikitnya jumlah silinder sudah tentu bobot akan lebih ringan dibandingkan dengan Ninja 250R yang bobotnya buerat buanget. eeeiiiiit…. ini nggak berlaku buat CBR250R loooh, bobotnya itu hanya selisih dikit dibandingakn dengan ninja. Laah… percuma dong silindertunggal jikalau bobotnya setara motor twin. Nah inilah rumitnya…!!! Gimana dengan megelli yang berbobot skitar 135kg-an??… inilah menjadi keuntungan yang dimiliki megelli dengan bobotnya yang amat jauh dibandingkan punyanya Honda dan Kawasaki yang ada di angka 160-165kg…!!! Baca artikelnya mas triatmono yang membahas tentang unggulnya silinder tunggal GPmono dibandingkan si twin Ninja, sudah tentu kalah dari handling dan bobot. Dengan bobot yang ekstra akan mempersulit pembalap dalam melakukan manuver dan handling di tikungan… ujung-ujungnya motor yang berbobot ringanlah yang akan mencetak waktu yang paling tipis.

Gimana dengan CBR250R yang obotnya setara dengan motor twin Ninja 250R, solusinya sudah tentu dengan melakukan diet berat, kurangi makanan yang berdaging dan yang bisa memicu peningkatan bobot…:mrgreen: oeeeiii… emangnya cewek gendut nih motor harus diet segala… waxaxaxaxa…!!!  Maksudnya bobot CBR250R harus diringkas dengan pengurangan komponen yang ga perlu dan mengganti komponen yang berbobot berat dengan yang lebih ringan. Dari pihak penyelenggara balapan juga harus memberikan kelonggaran pada motor bersilinder tunggal, yaitu bobot motornya boleh kurang(bahkan selisihnya bisa sampai 40kg) dari yang twin guna mencari keseimbangan. So… walaupun satu silinder yang suaranya thumper… bule bilang gitu.. he he he!!! bisa bersaing dengan mesin multi silinder… bekalnya satu yaitu keuntungan bobot yang ringan….

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

32 responses »

  1. safety rider mengatakan:

    murah-murahnya moto3 harganya lebh mahal dari diavel 35K dolar bro. kl dibikin dua silinder jd berapa yah. masa ga bisa bikin 35k dua silinder?

  2. B M W ♣ mengatakan:

    Semakin mengagumkan

  3. ipanase mengatakan:

    100 kg, tanpa buritan, potong sasis, ganti velg ringan, bodi full carbon, tanki, yang berat2 diganti

  4. Pak Bambang Nunggang Byson mengatakan:

    berat harganya piye mas?

  5. lekdjie mengatakan:

    pelek ganti aluminium ruji-ruji(spoke whee),buntut dikepras fairing dibolongbolongi..knalpot model pendek,balancer engine dilepas..

  6. artbar mengatakan:

    ujung2nya tetap jadi balapan mahal…….karna memaksa dapur pacu yg terbatas
    mau contoh ….liat aj motor prix …

  7. Rc166 mengatakan:

    Ini membuktikan bahwa 1 silinder dengan cc yang sama mampu mengungguli yg 2 silinder.walau mahal, oprek lagi dong biar seimbang

  8. ferry mengatakan:

    Yg cylinder tunggal yg bobotnya mirip yg twin cylinder diet biar seringan mungkin,biar tambah kenceng..nah klo yg twin nya diet juga??..hayooo…jauh lagi dong?!.

  9. radityohari mengatakan:

    masalahnya kan balapan cmn di selenggarain di sentul, sentul tipe sirkuit speed bukan teknikal, jadi lebih mengeksplorasi kemampuan mesin motor, itu jga sebabnya m fadli kenceng di sentul tapi malah memble di supersport asia

  10. uungferi mengatakan:

    minjem ke sapa dulu yahhhh

  11. lexyleksono mengatakan:

    Gambar megelli nya kueren euy..!

  12. seranggapio mengatakan:

    sama scorpio250cc menang mana?

    • joe mengatakan:

      klo sm2 standar……ngimpi, CBR 250CC DOHC 6 speed VS Scorpio 225CC SOHC 5 speed, dr segi teknologi dan spek pasti kalah telak, apalagi diadu sm CBR yg spek balap,meskipun PIO d bore up pasti ga akan skenceng CBR(yg spek balap). itu baru dr engine,blom masalah rangka,teknologi pengereman,dll

  13. awan mengatakan:

    bukan hanya masalah bobot aj bro. contoh kasus, Ninja 250r dapat teriak ampe 16 rb rpm kl dah modif dan mesin single pun kl special engine jg dpt teriak ampe 16 rb rpm. Apakah sama kecepatanya…jelas tidak kl 2 silnder berati msng 125cc. Utk memperoleh kec yg sm dg single rpm harus lebih tinggi 2-3rb. Pada mesin single kec motor saat rpm 16 rb bisa jadi sampai 230 km/jam tp kl doble silnder rpm 16 rb paling dapetnya 200 km/jam. Dinaikan aj rpm ampe 20rb biar lebih kenceng..apa ga protol mesinya?

  14. awan mengatakan:

    seandainya cbr 250 atau megelli bisa melaju 14 rb rpm maka top speed yg diperoleh jauh lbh tinggi dr n250. Modifnya paling tidak karbu harus gede (ga boleh krn ada regulasi). Dg mesin std apa mampu digeber sedemikian jgn2 ngowos lg..

    • dio.jet mengatakan:

      bakal gak awet buat lomba tuh kalo sampe 14 ribu RPM.

      lagian untuk CBR 250,format mesinnya aja udah big torque,untuk merubah karakter jadi kayak Ninja (high RPM) butuh merubah komponen dalam mesin tuh

  15. Luthfi Aziz mengatakan:

    Batas regulasi Kejurnas 250 dan OMR Ninja 250 di sentul cuman radioator harus di isi air bukan radiator coller, selebihnya bebas.. mesin boleh bore-up sampai 300 cc, tidak ada pembatasan bobot, jadi masih sangat berat CBR 250 atau Magelli melawan Ninja, apalagi ninja sudah riset 3 tahun di sirkuit, kalau regulasi diganti lagi bakal banyak yang protes, kadung susah…sudah terlanjur…

  16. TDF mengatakan:

    tunggu kiprah magelli ah🙂 moga2 mampu berbicara…

  17. Rollerman mengatakan:

    sebenernya kembalikan lagi ke Dorna,kan Dorna mengadakan MotoGP sebagai ajang motor Prototipe bukan motor harian.dan kalo pun Moto3 pake 2 silinder,apa gak powernya melebihi motor 125cc 2 tak (kan kelas ini dijadikan kelas pemula,mosok pemula tiba2 naik motor dengan power d atas 50 HP,pasti gak safety)

    dan kalo pun 2 silinder dengan power 40an HP,apa gak boros financial tuh?

    yaa mungkin beberapa penjelasan tadi menjawab mengapa Moto3 pke single silinder

  18. Aank Wijaya mengatakan:

    masi..
    bisalah yaaa…
    jangan takut yaaa!!!!

  19. arzo mengatakan:

    cbr sama megellinya turun jd 2 tak aje mas… hahahahah di jamin ninja g kan ngejar…. hehehhe
    ninja 150 2 tak aje selisih sama ninja 250 masih mnang 250 walopun tipis… hahahhwhehehe

  20. arzo mengatakan:

    cbr sama megellinya turun jd 2 tak aje mas… hahahahah di jamin ninja g kan ngejar…. hehehhe
    ninja 150 2 tak aje selisih sama ninja 250 masih mnang 150 walopun tipis… hahahhwhehehe

  21. joe mengatakan:

    CBR sm megelli mesti dkasi regulasi bobot minimal 130kg,NInja 250 160kg biar imbang. trus batasan modif mgkn bs dilakukan dgn membatasi tenaga pada motor agar PtWR imbang,misalnya CBR max 40HP,NInja 45HP,cmiiw

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s