Pas santai-santai di depan TV, SLR tak sengaja menonton acara INPERIUM di TV1. Disana dijabarkan awal-mula masuknya mobil-mobil ke pangsa pasar indonesia. Diawali jaman sebelum kemerdekaan sampai 60an akhir dirajai oleh mobil-mobil amerika dan eropa. Dan di tahun 60an mobil jepang mulai masuk, nah mobil jepang macam Daihatsu mulai merojoki pasar. Nasibnya pun mirip-mirip dengan motor-motor nasional macam Minerva sekarang yaitu kepercayaan pasar sangat sedikit dan memberi image motor jepang pada waktu itu sebagai Mobil asal jadi alias tidak dibuat secara betul-betul.
Namun sejalan dengan jalannya waktu, tahun demi tahun mobil jepang pun mulai diterima kalangan luas dan menggeser keberadaan mobil eropa dan amerika dikarenakan murahnya mobil jepang dan juga dikarenakan dari segi kualitas mobil jepang sudah mulai berangsur-angsur membaik.
Belajar dari kasus yang pernah terjadi pada mobil-mobil jepang dimasa lalu yang amat sulit dalam kepercayaan, seharusnya itu terjadi juga pada motor nasional. Walaupun dibilang motor asalan tetap memberikan yang terbaik… bukan omongan saja, akan tetapi bukti kepada konsumen. Misalnya si-V dengan tampang kerennya, jangan asal menjual tampang keren dan kualitas saja… berikan juga konsumen berupa performa. Part-part performa ini juga jangan kelas wahid dulu macam yang mahal-mahal, berikan konsumen barang yang murah namun jangan murahan. Semisal CDI, mau yang murah??? ya ambil aja dari Varrow. Karburatornya?? mau murah… ya pake aja PE28. Noken-as?? Apa sih sulitnya pabrikan ngelakuin riset buat noken-as yang bisa bikin kenceng, andalain mekanik lokal buat riset pertama. Trus noken-as tadi di copy menjadi buanyak… toh jaman sekarang udah canggih. hayooo apa lagi..??? Pokoknya manfaatkan yang lokal-lokal, toh barang lokal kualitasnya ga jelek kok dibandingkan beli utuh dari china yang ga karuan kualitasnya.
Pokoknya sangat buanyak celah guna menarik konsumen untuk membeli motor lokal, atau apa perlu pabrikan motor lokal konsul ama SLR… he he he sok pinter nieh… padahal gobloknya keterlaluan buanget. Ingat satu prinsip….. Murah boleh… Asalkan saja tidak murahan.
# Pak_Lurah Was Here #
Its about safety riding…
http://motordohc.wordpress.com
Sip
bener bnget bli.
Wah Sudah mulai aktif lagi nulis artikel.
pas lagi ga kerja bro n lagi sakiiit…. he he he… welcome back to speedlover
mesti terus di gaungkan broooo….. tentang motor nasional..
mau bikin kaya gimana, kalo gak ada dukungan pemerintah percuma Gan 😦 tengok saja modenas, dia basisnya dari bebek kawasaki dari matiknya dari SYM(taiwan), gak usah riset mesin dari nol, tinggal bikin body baru aja :p
apik apik apik
ngebangun brand image sangatlah muahalllll bgt…. bisa melebihi 2,3x anggaran awal…..uda gtu mana ada pengusaha yg berspekulasi untuk mengivestasikan dananya untuk mempromosikan produk yg blum ketauan…….itu terlalu idealis…bisnis hanya mengenal comersialis….
hal yang menjadi dasar orang beli motor adalah kualitas.lalu model.kemudian ktersedian part.performa??liat dulu,bebek,skutik ato sport.kalo bebek gak perlu kenceng2 lha,pokoknya bisa lari 100 km/h (on speedo udah cukup).untuk sport??yaa setidaknya 11-12 dengan motor2 jepang.
jadi target2nya harus jelas,soal harga??motor India aja bisa murah,kenapa motor produksi lokal gak bisa?
Ya mo gimana lagi bli.
pemerintah sak’uenake udele dewe.
rakyat gak di urusi apalagi bikin motor kebanggan indonesia.
maunya korupsi terus
apa mereka gak mikir kalo mati nanti
perutnya jemblung dan masuk neraka jahanam…..!!!
Sedih bli jika melihat keberhasilan india & cina, coba NKRI bisa seperti itu.
kapan ya….???
mantap pgn bgt jd FBM udah percaya ma nie produk syg lum ada duit
hehe
kagak ada niat
ya setuju
http://extraordinaryperson.wordpress.com/