Iseng buka-buka blognya mas IWB…. eeh ketemu tulisan menarik yang hampir mirip dengan pemikiran ane, yaitu kemungkinan Next Honda 150cc itu memakai basis mesin dari Honda CS-1 yang di Bore-Up.  Membaca beberapa tulisan mas IWB yang menyatakan si Next 150cc itu akan memakai mesin 150cc SOHC dan torsinya bakalan lebih dari CBR150R.  Nah mesin SOHC Honda yang paling powerful itu sudah tentu datang dari CS-1. Pada sudah pernah nyobainkan gimana performa si baby multystrada ini… temen SLR sendiri sang owner CS-1 gembar-gembor bilang CS-1nya bisa nyaingin akselerasinya Vixion yang kapasitas mesinnya 25cc lebih tinggi…!!

Akselerasi ringan nan gesit dari mesin 125cc ini sudah tentu dihasilkan dari konfigurasi mesin yang unik, yaitu SOHC, big-valve dan short-stroke. Ketiga kombinasi ini sudah tentu menghasilkan performa yang merata, SOHC memberikan tegangan power pada Rpm menengah bawah yang dasyat. Big valve memberikan teriakan mesin yang amat panjang di putaran atas plus ditemani Short-stroke, maka power akan terisi dari bawah sampai atas tanfa jeda. Mungkin inilah dicari Honda dalam mesin 150cc terbarunya, dengan mem’Bore-up CS-1 menjadi 150cc sudah tentu terbayangkan bagaimana akselerasinya. Apalagi dilakukan penyesuaian pada diameter klepnya, CS-1 yang 125cc saja diameter klepnya udah 28mm… gimana kalau 150cc… kemunginan sampai 30mm. 

Emang tidak salah jika emang benar Sport 150cc Honda memakai mesin Bore-up’an CS-1 maka akan menghasilkan performa yang menggila mulai dari Rpm bawah sampai atas tanfa jeda. CS-1 saja udah bisa nyaingin kaselerasinya si Vixion, apalagi yang 150cc…. ga kebayang dieh jadinya…..

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

16 responses »

  1. Gowes mengatakan:

    Mntap mas…td ane juga ngelink salah satu artikel nya mas ke komentar di warungnya bang iwan…emang senjata paling masuk akal dr mesin cs1 ini..

  2. j4na mengatakan:

    @gowes n #99 bro
    mantaaaap… semoga bener…..

  3. mr.E mengatakan:

    kalo beneran pake mesin cs1 diupgrade jadi 150cc, trus rangka teralis & harga 23 jtan, tampang keren, layak ditunggu nih…

  4. masmondol mengatakan:

    Eiih belum tentu masbro

  5. Yudakuzuma mengatakan:

    sejatinya basic mesin CS1 adalah CBR downgrade, tetapi walau downgrade tetap saja mesin CBR bertipe High Performance Engine (HPE). Makanya walau hpnya 125cc tapi tenaganya 12,8hp. Saya rasa gak mustahil bila 150cc SOHC (bore up CS1) bisa melebihi vixion karena mesinnya memang tipe HPE yang beda dengan Megapro sekalipun. Kalo melihat cbr tenaganya 18 hp, CS1 12,8 hp, estimasi saya tenaga sport 150 ini sekitar 14-15hp.

  6. gogo mengatakan:

    mantab neh pastinya.. melihat teknologi mesin cs1 sptnya performanya tak diragukan lagi..

  7. Rollerman mengatakan:

    akselarasinya setara dengan VIxion????hmmmm gak salah tuh bro,soalnya dengan Old MX aja akselarasinya masih gesit Old MX.tapi kalo top speed bisa lah sama dengan Vixion,kan overbore

  8. Modar mengatakan:

    Hmmm…Kayaknya kebalik dweh, cs1 tuh motor 125 cc yang putaran bawah aka akselerasinya paling boyok…Kalau putaran atas, neh mesin emang mumpuni tapi putaran bawahnya jauuuhhhh….Buerrraaattt…Musuk musti nahan rpm tinggi terus?

  9. Grendel mengatakan:

    Tepatnya tidak hanya top speed..tp juga putaran menengah hingga atas lebih unggul dr mx lama….gigi 3 – 4 udah cukup buat ngasepin mx…gigi 5 gk kepake
    Tapi emg sih gigi 1-2nya loyo…ama jupi z hsx125 mpe blade pun cs1 masi keberatan..tp klo dah masuk 3 mpe top speed mah keliatan bengisnya..enteng narik 11000rpm…ngisi teruus…nmp mx byson mpe p135 lewat…
    Power to weight ratio nya oke bener ni domba

  10. Maskur mengatakan:

    waw..aasyiiikk

  11. warung DOHC mengatakan:

    nganuuuuu Bli……. #ada yang lebih menghebohkan *tunggu aja entar 😛

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s