Mungkin bagi blogger lain yang sudah dapat test ride atauoun dapat undangan dari Yamaha mungkin sudah merasakan gimana performa dari bebek super Yamaha ini. Tapi… dapatkah merasakan seutuhnya dengan test ride yang begitu singkat itu, apalagi dengan trek yang nggak memadai…. sudah tentu hasil pembuktiannya tidaklah terasa sempurna. SLR boleh saja ketinggalan dalam merasakan si MX 135LC ini, akan tetapi SLR dapat menjabarkan lebih dalam mengenai motor ini.
Kesempatan untuk mengendarai si bebek super ini dapatkan kemarin sore saat motor mimin biru SLR mati dan membutuhkan pergantian suatu part. Kejadian ini sudah tentu memaksa SLR untuk meminjam motor dari adik misan, nuaah disinilah kesempatan SLR membuktikan apa yang blogger lain telah jabarkan terlebih dahulu.
Pas jam 4, SLR pun mulai riding melewati jalan lurus nan panjang “Jl.by pass Ida Bagus Mantra” yang memanjakan top speed. SLR memacu si bebek super mulai dari gigi satu hingga gigi 5 dengan memacu habis Rpm sampai ketemu limitnya,mulai dari gigi satu tarikan terasa seperti motor dua tak macam F1ZR dan begitu juga gigi dua sangat responsip. Gigi 3 bisa dipacu hingga 80kph… selebihnya ga bisa dikarenakan sudah ketemu limit. Rasa terkejut sekaligus heran SLR rasakan ketika perneling ada di posisi 4 dan 5, tarikan dirasa sangat lambat untuk naik. Saat gigi 4 speed merangkak naik dari 80kph hingga 100kph namun untuk meraih diatas itu sangat sulit, begitu juga kala Gigi 5 speed langsung drop ke 95kph dan untuk naiknya SLR rasakan sangat lambat sekali. Torehan topspeed yang SLR capai hanya 105kph saja, ini kemungkinan di pengaruhi bobot badan SLR sendiri yang 78kg.
Tidak hanya segitu, pas SLR riding secara tidak sengaja ada MX lama yang alay ngajakin beradu… Kejadiannya itu berlangsung di lampu merah… Nah…. pandangan mata pun dimulai… daaan.. lampu hijau pun menyala!! Dari gigi 1 hingga 2 speed terasa sama, tapi begitu gigi 3 New Mx mulai maju sedikit daaan… pas gigi 4…waduuuh… terpaksa ngerem dikarenakan ada kendaraan yang menghalangi. Ini bisa diartikan Mx yang terbaru ini lebih menang di Gigi 3 yang terasa tarikannya ringan, tapi di gigi 1 dan 2 relatip sama dengan yang lama.

Tampang emang keren, tapi dari segi bobot bagian depannya terlalu ringan dan susahnya nyari TopSpeed
Handling…. emang serasa ringan disegala medan, mulai dari kemacetan hingga jalan nyante ataupun diajak berpacu dengan waktu. Bahkan disaat kecepatan tinggi menurut SLR sisi depannya terlalu ringan, saat diajak main diatas 80kph motor bagian depan terasa sangat tidak setabil dan cenderung limbung. Ini penyakit yang menimpa juga pada generasi yang lama. Mungkin bagi yang seneng main speed sebaiknya memasang stabilizer di kemudinya agar steering terasa lebih stabil. Gimana dengan sisi-sisi yang lainnya…. SLR jawab… sempurna….!! Apa sebab..??? Emang selain itu tidak ada masalah sama sekali yang berarti.
gigi5 malah drop?
ya bos…. drop jauh….
mx memang seperti itu, gigi 4 or 5 cm sbg overdrive, stang jg terlalu ringan jd terasa getarannya & kurang mantep handlingnya..
Kalah sama tormax dong bro.
sesama bebek sekelas , kalah sama zx130 tuh , ane pernah megang punya temen standart pabrik , sampe 120km/h spidometer , gigi 3 nyampe 100 , gigi 4 110-120 km/h , motor kawasaki sungguh luar biasa kalo luar kota + stabil sekali . Tapi di dalam kota lemotttt abis , ama vega saja kalah 🙂
Setuju.. ane recomend bngt deh ZX130 untuk touring (bebek yg paling enak buat touring).. gigi 3&4 nya mantap bngt..
pernah bawa jakarta – sukabumi berasa bngt enaknya Stabil ga capek karna Joknya yg lebar kali ya,,
Kalo tarikannya si (“_ _) Hadeehh amit² apa lagi pas boncengan, berasa bngt beratnya..
Yang baru tampangnya asli kereeen..
Ada foto rontgen simoncelli. http://forum.kompas.com/racing/45642-foto-rontgen-simoncelli-beredar-di-bbm.html
Memang overstroke gitu. CBR 250R juga gitu gigi 1 sd gigi 4 nendang giliran gigi 5 agak drop gigi 6 haduh berat bgt naik dari 158 km/j ke 160 lbh
Njmx yg asik tu torsi bawahnya…enak n responsif
Tp napas atasnya emg kurang..ciri khas overstroke
Torsi buas tenaga kurang
Klo mau sebaliknya ya cs1
Gigi 1-2 letoy tp 3-4-5nya galaak abis
Masi kurang ambil fu deh..asli kenceng 😀
yang lucu itu zx130 , dia overstroke …bawah lemot , tapi atasnya puanjanggg…aneh kan
Zx emg overstroke tp rasio gigi 3-4nya berdekatan…jadi dropnya dikit
Tp dr 2-3dropnya jauh…
Bobot jg lebih ringan sih
Klo njmx mpe 116kg…cs1 aja klh berat…
lha wong pas dulu aku diundang test di awal2 launching di kenjeran SBY , justru topspeed di stright sirkuit malah tinggian yang old kok bli!
, tp torsi memang nendang yang new
hahaha…sama ma ane pas pertama kali belum mengenal karakter mesin NJMX ini…
cuman sampe 105 kpj…tpi setelah d pakai harian dan mengenal bgaimana memperlakukan NJMX ini hasilnya bsa lebih…
gear 1 = 40 kpj
gear 2 = 65 kpj (udah kena limit)
gear 3 = 90 kpj (udah kena limit)
gear 4 = 110-115 kpj
gear 5 = butuh trek yg panjang
Kalo njmx bermesin cs1 bakal ane beli deh hhehe
Pernah test ride 1jam ama di jogja…dibawa ke jalan jogja klaten gigi 4mentok 110kpj..gigi 5 emg ngedrop abis…
Shifting kudu pas…nyoba lagi gigi 4 mpe 106 shifting gigi 5 bisa nembus 115kpj…tp dah gak naek2..sama aja ama mx lama tp gigi 3nya kerasa nampol njmx
Bentuknya njmx oke bgt tapi sayang enginenya tanggung banget dengan cc segitu tapi power masi kurang…atasnya ngedrop banget….andai overbore kayak cs bakal asik nih..
Motor overstroke ya gitu gan, mau naik lebih dari 8000 rpm aja berat. tapi sisi positifnya torsinya gede enak bgt kalo di jalan macet. Semuanya ada plus minusnya 😀
MAu beli NJMX mikir2 dulu nih stelah baca review ini… tq..
solusi yg tepat ya minimal ganti cdi racing sama knalpot racing, mudah2 an gk ngedrop, klo nggak ya disumpali blok vixion biar gk ngedrop 😀