Mungkin tidak banyak kalangan pecinta balapan Supersport yang ngeh dengan Supersport yang satu ini, MV Agusta F3 675 sangat jarang terlihat kala balapan Supersport dunia. Bukannya dikarenakan motor ini lemot atau kalah spek dengan motor jepang atau motor italia, akan tetapi MV Agusta sendiri tidaklah menurunkan kuda pacuannya secara resmi di ajang Supersport Dunia. Namun taukah brader semua dibalik tampangnya yang eksotis itu tersimpan mesin yang sangat bengis nan Extreme, berikut sistem elektronik tercanggih dibandingkan supersport yang lainnya.
Bayangkan mesin tiga silindernya memiliki ratio bore x stroke ang terbilang ekstrim dibandingkan supersport lainnya, F3 memiliki ratio 1:1.71 sedangkan supersport jepang rata-rata 1:1.5…!!! Dengan berbekalkan seher extra lebar yaitu 79mm membuat strokenya sangat pendek “45.9mm” dan hampir mendekati stroke dari Supersport 4 silinder (R6 sendiri strokenya 42.5mm), padahal F3 sendiri cuma diperkuat tiga silinder. Dengan ratio yang sebesar itu F3 pun mempunyai peak power yang terbilang tinggi “126hp@14.500Rpm” dan peak torsinya berada di 10.900Rpm, sedangkan limitnya berada di 15.000Rpm. Pitur lain dalam mesinnya meliputi klep titanium, throttle body 50mm and double injector.
Yang tidak kalah ekstremnya ada di sistem elektroniknya yang terbilang sangat canggih, yang dinamai MVICS (Motor & Vehicle Integrated Control System). Namun untuk menikmati pitur elektronik canggih tersebut, user harus meng’Unlock potensina dulu dengan membeli paket tambahan yang telah disediakan pabrikan. dalam paket itu sudah ada part-part seperti vehicle lean sensor yang telah terintergrasi dengan traction & engine control system, launch control modul berikut anti wheelie control’nya, dan yang terakhir Electronicolly Assisted Shift (EAS) quick-shift system. Pokoknya dengan opsi tambahan MVICS, F3 ini menjadi supersport bike tercanggih dijagat ini.
Wow,komputer lintasan
sadisss
Knalpotnya ito lho ga nahan….
ga ga ga… ga kuat…. aq ga kuat…. he he he…. mantaaap
Knalpotnya gak secantik F4
F4 kan senalpotna ada 4 buah… n lebih gahar….
Ternyata canggihan moge eropa ya…
kalo honda mah jualan bebek saja…
gak pantes jualan moge..
canggih nan mahal bro…..
Apa dasar apa lo ngomong gitu ?! Moge Honda emang gak kenceng. Tapi durability dan reliablenya no 1. Lagipula honda kalo bikin moge kencang gila2n. Piston oval v4 milik nr 750. Motor 750cc dgn power terbesar yang belum terkalahkan 160 hp. Itu jaman jebot. Gmn kalau dipadu teknologi sekarang ?
Catatan waktu jaman Nr 750 di buat power gsx 750 baru 106 hp. Sekarang dgn teknologi canggih 150hp on the crank. Gmn nr 750 160 hp jaman jebot, sekarang berapa ? 180 hp kah ?
woooow
canggih, mahal, but blm terbukti di lintasan
takut kalah??
atau takut dibilang operpres …wkwkwkk
mv agusta, cuma bisa ngendarain di game Test Drive doang
salam kenal masbro
http://nunoo.wordpress.com
ni motorkan memang baru mau diproduksi masaal jadi memang belom turun di balap, trus sepertinya mesinnya mengambil basis triumph daytona 675, MV Agusta biasanya ngak bikin mesin, hanya sasis saja seperti Bimota
wah ente salah,
mv agusta itu bukan aprillia loh,
klo aprillia emang terkenal suka comot, dari suzuki, dari rotax
tp klo mv agusta lain,dia buat mesin sendiri,
dan juga mempunyai trade mark sperti ducati dg desmodromic-nya,
yg mnjadi trademark mesin MV adlah radial valve,
yg diadopsi dr sistem valve ferrari F1