Di brita-brita televisi, koran maupun di brita maya sekarang sedang ramainya dibahas tentang penempatan kekuatan Infantri AS sebanyak 2500 di Darwin Australia. Hal ini disampaikan ke kalayak umum saat kunjungan Presiden AS Barack Obama ke Australia, Menurut Obama kawasan Asia-Fasifik sekarang menjadi pehatian utama dari Amerika. Yang selama ini tertuju ke kawasan timur-tengah berpindah ke kawasan Asia-Fasifik, hal ini terjadi mengingat meningkatnya kekuatan militer di kawasan ini.

inilah bukti kehebatan China

Kemungkinan utama  yang diwaspadai AS adalah peningkatan pesat kekuatan China di laut China-selatan, apalagi beberapa saat yang lalu China telah memperkenalkan kekuatan barunya berupa kapal induk, kapal induk merupakan jajaran tertinggi dari mesin penggertak bagi negara-negara yang mau macam-macam bagi negara yang memilikinya. Jangankan kapal induk, kapal selam saja sudah sangat membuat negara-negara lain pada mengecutkan dahi macam saat indonesia menyatakan diri mau membeli kapal selam kelas Kilo daaan akhirnya Kelas Kilo ini terpental oleh kelas canbogonya korea. Kembali ke sleptooop…. Jika dilihat kenyataan maka di Asia-Fasifik sekarang terdapat dua kekuatan super yang menjepit Indonesia, di sisi selatan ada Amerika yang berpangkalan di Darwin Australia sedangkan di sisi utara ada China yang bercita-cita menyaingi kekuatan Amerika.

Indonesia sebenarnya sekarang ini dalam posisi yang sangat sulit yang terjepit dari dua kepentingan yang sama-sama mengancam kedaulatan Indonesia, akan tetapi yang paling mengancam itu tentu kepentingan AS. Dengan pangkalannya di Darwin sudah tentu jika mau menuju ke kawasan Asia, Amerika akan menginjak halaman rumah Indonesia dan tidak mungkin akan mencari jalur lain selain Indonesia.  Kawasan yang kemungkinan akan sering dilewati jajaran tempur amrik  tentu kawasan laut bali dan laut kupang kemudian menuju utara. Berbalik lagi ke hal hibah 24+6 pesawat bekas “F-16”, tidakkah ini bertujuan untuk menyogok Indonesia agar berbaik hati mengijinkan halamannya diinjak amrik.

inilah yang ditakuti AS

Dengan peningkatan kekuatan di kedua sisi Indonesia ini antara sisi utara dan selatan, Indonesia harusnya mengutamakan juga penguatan militernya. Jangan hanya mengandalkan barang bekas yang diretrofit, jangan hanya mengandalkan barang dari satu pemasok yang sewaktu-waktu bisa meng’embargo. Berdayakan tangan-tangan pintar Indonesia dalam membangun Alutsista Nasional, belajar dari China dan Iran yang teknologi sudah mandiri di berbagai lini. Manfaatkan pesawat-pesawat bekas yang tak terpakai sebagai bahan contekan yang kemudian dikembangkan menjadi pesawat yang memiliki daya saing macam J-10’nya china yang mengambil basis dari F-16, begitu juga Iran yang memodifikasi F-5 tiger dari awalnya mempunyai sirip vertikal 1 mnejadi 2 buah membentuk V. Indonesia seharusnya bisa begitu… Asalkan ada aliran dana guna membiayai riset. Pokoknya dengan penguatan di kedua sisi ini harus diperhatikan betul…. geto…..

*Just Opini*

Iklan

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

20 responses »

  1. den berkata:

    emang pesawat bikinan iran apa c mz?
    Percaya ko ma ahmad dinejad yg bisa koar2 d tv doang,..
    Pesawat bekas dgn kwantiti byk itu jelas lebih di butuhkan au buat jaga indonesia,
    ibarat motor,
    nt mau jagain 1 kota pake 6 motor ninja rr apa pilih 24 rx king,
    jelas 24 rx king lebih bisa diandalkan..

  2. gogo berkata:

    Yup, pengembangan armada china ke blue water navy memang sanggup mengobrak abrik hegemoni US dipasifik, terutama aussie yg terus ‘merengek’ ttg legenda ancaman dari utara. RI adalah negara besar dan kuat yang sengaja ‘diberangus’ barat, lemahnya pemerintah thd tekanan asing, bumn strategis yg dikebiringi, Kapal selam yg berbeli-belit bikinnya.. setuju sg mas, kita harus belajar bikin alutsista utama sendiri kek china, walau awalnya susah tp ini buat rencana jangka panjang, pasti bisa klo mau. N250 bs diidupin dan dimodif jadi pesawat AEW&C biar mudh mendeteksi pelanggaran udara musuh.
    selama kesatuan dan persatuan RI kuat, 2 raksasa g bkl macem2.. yg dpt menghancurkan NKRI hanyalah dirinya sendiri.

    • j4na berkata:

      bner buanget mas gogo, ditengah persaingan AS dengan China, kita harus memperkuat diri supaya kita ga diinjak2 terus…… kan sudah ada CN295, nah itu kemungkinan dibuat jadi AEW&C…. cuma menunggu sipemesan saja.
      masalah kapal selam yang jadi dari korea, kelas kilo’nya ga jadi… gara2 indonesia takut ada kesenjangan di asia… atau petingginya yang main2….

    • sami berkata:

      yang namanya boneka pasti ngikut maunya juragan… gak bakalan kok untuk saat ini Indonesia kuat, klo terlalu kuat pasti dkandangin
      lihat saja kasus timur tengah, dulunya siapa yang masang boneka, setelah arus berubah ya dikandangin juga dengan berbagai intrik… intinya kembali ke ‘new world order’

      • gogo berkata:

        begitulah bro, Uni Eropa dan US adalah Z.O.G (Zionis Occupied Government) yg pemerintahanna dikendalikan oleh ‘organisasi’, benar tidaknya sudah dirasakan akibatnya. UE adlh bagian awal dari NWO.

  3. Ali berkata:

    kerjasama sama Iran saja,,bikin Pabrik nuklir.
    d jamin ,,USA kaburr.

  4. az3angle berkata:

    dulu perusahaan tempat habibie cari maem,harus ditutup gara2 imf ngasih dana pas krismon 97,kyknya klo indnesia nekat ngembangin peralatan perangnya bakalan di serang dulu

  5. ipanase berkata:

    di korupsi semua,,,duit amblas

  6. bintang berkata:

    mana mau pemerintah sekarang menyediakan dana buat riset. mending masuk kantong sendiri.

  7. ocecoco berkata:

    yg dikhawatirkan AS sekalian mau membantu pembebasan papua lepas dr NKRI. knp base di darwin – mencurigakan

  8. TDF berkata:

    udang rusia,vietnam,cina (poros jakarta-ho chi min-bejing-moskwa) buat pangkalan bersama di papua.

  9. shotoshop berkata:

    waduh..topik kelas berat..>>sumpah demi allah swt, merinding disko aq mas! hidup yg lempeng2 aja gak bisa ta dunia ini? Knp slalu ind. Yg jd sasaran empuk y mz? Kata guru ips saya> “mungkin karna letak geografis yg strategis dgn bnyk oknum2 yg materialistis & rasa nasionalisme yg miris..!” Tp klo kata ustadz saya, “Saatnya brPerang melawan “Dajjal” yg sesungguhnya yaitu HAWA NAFSU KITA SENDIRI.”**

  10. HSP berkata:

    TENANG AJA.. ” BAMBU RUNCING MASIH adA ” (y) ….Asal TIADAK ADA ” PENGKHIANAT” BAngsa….:)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s