Kala baca tabloid Otoplus yang ngebahas tentang throttle body’nya Vixion, yang dikabarkan Throttle-bodynya bisa diganti dengan yang lebih besar dari merek Koso ataupun injektornya diganti dengan yang memiliki daya sebur bensin lebih besar… eeeh SLR jadi teringat akan salah satu komentar yang masuk ke Blog SpeedLover ini, dia menanyakan tentang Yamaha Vixion’nya yang kepengin nambah kemampuan powernya. Lalu diapun mengutarakan keinginannya untuk mengganti piranti pengabutannya, berikut kutipan komennya:
Mas, aq punya Vixion nieeh… kepengin banget di’upgrade supaya larinya nambah kuenceng, parts apa aja ya yang harus diganti???. Trus aq kepengin ganti karburator standarnya Vixion dengan ukuran yang lebih besar, karbu apa ya yang cocok untuk Vixion?.
SLR pun jadi keheranan ngebaca komennya bro ini, kok punya Vixion sampai ga tau keunggulan teknologi di motornya… apa saat membeli motornya si dealer ga ngejelasin keunggulannya ya??? Kok bro yang satu ini sampai ga tau ya keunggulan yang dimiliki Vixion “sistem injeksi”, yang sudah pasti ga pake karbu. SLR pun menjawan pertanyaan bro ini dengan simpel nan mengena “Maaf bro, Vixion sendiri tidaklah memakai karbu dalam suplai bahan bakar ke mesin, akan tetapi sudah memiliki teknologi yang diberi nama sistem injeksi. Sistem injeksi inilah yang menggantikan peran manual dari karburator, yang diberikan input lewat berbagai sensor yang tertanam di sekujur motor. Jadi di Vixion tidak ada lagi yang namanya karburator, yang diganti itu berupa trottle body.”
Selain itu, saat SLR nongkrong di post kamling…. teman si owner Vixion ngomong agak sombong mempromosikan motornya “Bro motor gue udah di tune nieeh, CDInya udah diganti dengan Rextor punya dan Karbunya pun sudah pake PE28… motor ente gimana???” Ujar dia ke SLR. waxa xa xa xa… xix xix xix… oeeeiii…dasar pembohong bodoh. SLR pun tertawa terbahak-bahak mendengar ocehan sombongnya dia, emangnya Vixion pake CDI atau karbu… he he he!!!
Melihat hal-hal diatas, sebaiknya pabrikan lebih gencar dalam memasyrakatkan yang namanya sistem injeksi. Jangan hanya mempromosikan keunggulannya akan tetapi berikan si pembeli pembelajaran agar mereka tau dan paham akan kondisi motornya. jangan sampai si empunya motor diledekin gara-gara ga tau kondisi motornya sendiri…
tuh,,,si reka pake pe 28
kan pikson bisa di modif, pake karbu pe 28, trus cdi racing,,bisa lah,,,,,dah banyak speed freak yang gitu,,,..
maaf masbro, maksud SLR ntuh… si dianya ga tau kalo vixion ntuh pake injeksi…. dia hanya tau tentang karbu…. gitu….
Banyak pikson yg udah di ganti karbu
Motor injeksi mo ganti pake karbu bs aja atau sebaliknya . . . Biasanya untuk balap liar .
komentar teman SLR hanya segelintir aja yg gak tahu menahu soal piranti apa yg melekat di vixion, sama aja kok dengan mekanik2 non dealer hanya segelintir yg gak tahu menahu…malah klo menurut ane udah sangat banyak baik pemilik maupun mekanik non dealer yg udah tahu bahwa vixion itu dah injeksi…dan merupakan pelopor injeksi pada motor batangan CC kecil a.k.a light sport di Indonesia
jangan diketawain dulu bro, check dulu , kli aja bener dia pake karbu di vixionnya, dan itu sesuatu yg mungkin kok..
kenapa diketawain..? klo buat speed lover apa aja dilakuin asal kuenceng
Piss
maaf baru bisa bales bro, saya sekedar meluruskan…. yang SLR maksud ntuh…. si dia ntuh ngira dari pabrikannya vixion ntuh pake karbu…. dan setelah dicek sudah jelas si dianya bohong bro…
kalo mau ganti karbu, bisa, tapi tuh perangkat sepul ikut diganti juga, n biayanya juga gak murah, belon lagi harus mikirin dudukan karbu juga, so mending upgrade pake injection kit yg uda banyak beredar di pasaran, toh udah enak2 pake injeksi ngapain pake karbu juga? ane punya vixion juga udah 4 tahun sejak pertengahan 2007 (termasuk 100 pemilik pertama lho :p) so far no problemo yg berarti, semua part yg uda diganti emg part fast moving yg habis dipakai, part yg berhubungan dengan injektor belon pernah ada yg trouble n harus diganti, ane juga gak rutin servis menurut anjuran dealer, 10000km sekali, dan itu uda bertahun-tahun, jadi salah 1 faktor enaknya pake injeksi itu adalah interval servis yg lebih panjang, yg penting oli jgn dilupakan, tetep harus rutin ganti……
sudAH pernah dibahas M+…. ribet bro…
kayaknya ribet dechhh…..
bukan salah daeler atw pabrikan.mmg riderny aj yg goblok dan alay….org wkt ambil motor pst d ksh yg namany brosur tntang motor yg mw d beli.D situ jg ud d jelasin ko ap aj fitur & teknologi calon motorny.Dan saya rasa orng mcm itu cm ada 1 dr 1000,,,abg alay yg baru pny motor sekalipun “rata2” sdh tau kLo vixion sdh injeksi….cb SLR tny sm abg2 yg d dkt2 rmh,
maaf gan, saya salah satu penggun vixion dr bali.. di club mtor saya emank ada 2 org yg makek vixion yg di modif n di tambah karburator, tapi saya mah gak tau gmn carana meraka modif, tapi yg jelas emank bisa kok vixion di tambah kaburator….
emang bro, tapi biayanya sama dengan upgrade pake sistem injeksi KOSO, bagusan KOSO aja sekalian….
bener tuch mas bro yang di atas,,pngen tau ngubah vixion sistem karbu….
memang teknologi injeksi masih butuh sosialisasi lebih lanjut
kita yang tau sebaiknya memberi pencerahan
klo kelebihan injeksi KOSO dari injeksi bawaannya apa bro
bisa nambah top speed ngak
cara mendapatkan injeksi koso di mna sya tingal di deah cilacap masbrooo
mas bro vixi q kmren bis jatuh,malah tambah lambat tu motor,pening mas bro,solusi gmana
Bisa pake karbunya RX King.
broo bisa gak byson karbu nya d’ganti injeksi klo bisa ntr motor gua mau pasang
gua malesnya bro ama motor v-ixion itu napasnya doang PENDEK … masa ama motor kecil aja/satria f kalah bro…. v-ixion mah bagusnya/cocoknya di pake bapak2/ustad yang bawanya kaya siput… hahahahaha pis all