Semua kalangan pecinta dunia kedirgantaraan pasti sudah tau dengan pesawat tempur kebanggan indonesia ini, ya siapa lagi selain Sukhoi SU-27 series. Kalau tau dengan si Sukhoi tentu sudah taukan dengan apa keunggulan pesawatnya, so pastilah… hayo…. apa??? sudah pasti yang terkenal ntuh manupernya yang super gila, yaitu patukan ular kobra atau yang lebih terkenalnya dengan sebutan Cobra Pugachev. Manuper ini menunjukkan kelincahan dan kehebatan dari sebuah pesawat buatan russia, walaupun bentuk pesawatnya terbilang bongsor namun desainer Russia telah berhasil membuktikan besar itu bisa juga meliuk-liuk bahkan bisa seperti motor balap yang dari awalnya ngebut kuenceeeng lalu ngerem sekuat-kuatnya lalu menikung sangat tajam, bahkan Sukhoi SU-27 series sendiri bisa ngerem sampai kecepatan “0 kph” tanfa terjadi stall.

Itulah kehebatan orang-orang russia dalam hal rancang desain plus pilotnya yang super nekat dalam menemukan manuper ini, bagaimana dengan negara musuh bebuyutan Russi?? Ya siapa lagi selain Amrik yang terkenal akan pesawat F-16’nya… Eeeeh diem-diem ternyata amrik juga kesemsem dengan manuper super kuereen ini, terbukti dari video dibawah ini menunjukan biro angkasa luar Amrik “NASA” telah melakukan uji coba terhadap F-16 yang telah dimodifikasi  sehingga bisa melakukan manuper kobra. Program modifikasi ini diberikan sebutan MATV yaitu Multy-Axis Trust Vectoring, yaitu modifikasi pada sistem pembuangannya yang bisa mengarahkan arah semburan sesuai manuper pesawat. MATV sendiri terpasang di pesawat F-16 experiment NASA di tahun 1993, namun tidak diketahui kapan akan dilakukan penerapannya untuk produksi masal, begitu juga dengan tipe trust vectoringnya entah itu bertipe 2D ataukah 3D. Lebih jelasnya lihat Videonya dibawah ini:

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

4 responses »

  1. Modar mengatakan:

    Sayang, russia masih belum bisa membuat pesawat yang kemampuannya selengkap n sehebat F-22, dan juga intelijennya ga sehebat CIA yang mampu mengobrak abrik pemerintahan negara targetnya…Bahkan kehancuran uni sovyet pun karena kehebatan CIA…

  2. esn1422 mengatakan:

    Di youtube saya juga pernah lihat F-22 bisa melakukan manuver cobra, di salah satu air show di amerika tapi belum sebaik Sukhoi.

  3. Rollerman mengatakan:

    STALL???
    apa itu bro??soalnya wktu main Ace Combat 3 setiap pesawat kekurangan daya dorong pst akan pemberitahuan Stall

    oh iya request artikel ttg SU-43 dunk (entah ada ato gak,soalnya d Ace Combat3 ada)?

    • hen mengatakan:

      stall itu pesawat kehi;langandaya dorong, sehingga spt gak ada tenaga. nah, pesawat teknologi terbaru ada yg udah d lengkapi dgn anti stall.yaitu tambahan daya dorong ketika terjadfi stall
      *+

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s