Waaah muantap jika bener TVS ngeluarin motor yang bertransmisi matik puinteer. Menurut info yang SLR dapet dari beberapa e-news, transmisi matik yang akan diterapkan pada motor matiknya TVS layaknya transmisi mobil yang tinggal pindahin tuas transmisi untuk menyesuaikan tingkatan transmisinya atau ada juga yang tinggal pencet2 langsung pindah. Pencet sih tinggal penceet tapi gimana sih cara kerja transmisi puinter ini??? Nah SLR akan coba membantu rasa penasaran braders dalam cara kerja Smart-matic ini.

Menurut TVS, transmisinya masih memakai sistem CVT akan tetapi ada opsi baru yang berupa perpindahan giginya bisa diatur oleh pengendara layaknya motor bertransmisi manual. Sebenarnya di dalam transmisi Smart-matic CVT tidaklah ada perbandingan reduksi gigi transmisi yang berpindah layaknya transmisi manual, cenderung sistemnya sangat mirip dengan sistem matic seperti motor biasanya namun ada satu blok komponen yang digantikan sistemnya. Sistem itu adalah rumah roller beserta rollernya yang tidak lagi ada, digantikan dengan sistem penggerak hydrolik ataupun elektrik yang menekan rumah roller sesuai perintah tangan si pengendara lewat pencetan tombol. Lihat video dibawah, SLR akan mengumpamakan saat rider memencet mode D…. Maka transmisi agak bersikap seperti matic biasa. Namun ketika rider memindahkan ke sport mode maka perpindahan giginya akan seperti layaknya motor manual, namun perpindahannya just penceeet. Saat gigo 1 maka sistem hydrolik atau elektrik akan menekan drum “rumah roller di transmisi matik biasa” hanya sedikit saja sehingga seolah-olah puli penggerak rationya lebih kecil dibandingkan puli yang digerakkan. Saat gigi 2 sistem hydrolik akan menekan puli depan lebih keras sedikit sehingga memaksa belt agak mengarah keluar sedikit dan begitu selanjutnya di gigi 3 sampai 5… pokoknya biar lebih jelas lihat videonya dan bisa juga kunjungi ini

Kira-kira begitulah sistem kerja dari smart matic secara sederhananya, namun mungkin ada beberapa perbedaan yang ada karena penjelasan SLR diatas hanya secara jeneral saja…. monggo share pendapatnya….

Iklan

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

4 responses »

  1. davied berkata:

    klo mobil sistemnya triptonic(muda2han penuisannya bner) bro,perpindahan gigi berdasarkan rpm dan reaksi throttel gas..pasti lebih irit..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s