Banyak penggemar dari MotoGp pada khususnya fans berat Ducati-Rossiyangmasih penasaran dengan kiprah dari Geng merah ini, banyak kabar beredar di dunia maya tentang motor baru Ducati yang berjuluk Gp12. Yang paling hangat tentu dari sasis’nya yang telah berganti rupa dan desain dari tipe monocok FC ke Twin Spar Aluminium yang digadang-gadang memiliki kelenturan dalam melakukan manufer. Lama berselang kabar itu, akhir-akhir ini kembali berita hangat merebak. Bukanlah aksi Rossi-Hayden yang beraksi bermain sky di padang salju, akan tetapi kabar tentang desain mesin baru yang telah mengalami perubahan dari sebelumnya.

Menurut beberapa sumber, Ducati dikabarkan tidak lagi memakai mesin V4 dengan sudut lebar “90°”. Di Gp12 terbaru yang akan dipakai dikejuaraan tahun 2012 ini akan memakai mesin dengan sudut yang lebih sempit, yaitu 75° atau lebih sempit 15° dibandingkan dengan mesin-mesin pendahulunya. Sudah tentu dengan sudut sempit ini desain mesinnya tidaklagi membentul L4 akan tetapi murni berdesain V, kemungkinan penyempitan ini guna mempersingkat bentuk mesin sekaligus bisa memperpanjang Arm “dengan sudut kecil berarti semakin pendeklah jarak antara sisi depan mesin dengan sisi belakang, dengan penguranganjarak ini berdampak pada Arm yang bisa diperpanjang sedikit”. Dengan memperpanjang Arm akan berdampak pada kesetabilan roda belakang saat melahap tikungan, dan ini sudah jelas sesuai dengan permintaan rossi akan motor yang enak diajak rebahan. Selain itu desain 75°  ini mengingatkan kita pada desain mesin Honda RC212V yang bersudut mendekati itu,  sudut mendekati angka 70° ini telah terbukti menghantarkan Honda memperoleh kemewnangan di tahun lalu.Arm panjang akan memberikan kesetabilan dalam manuver...

L atau V kita buktikan di peluncuran resmi dari GP12 ini, dan janganlah berharap braders akan dapat mengetahui derajat Vnya dengan pasti, mengingat besaran sudut ini beserta spek pastinya menjadi rahasia suatu tim balapan… Pokoknya kitatunggu balapan aslinya beberapa bulan lagi…..

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

8 responses »

  1. bapakeValen mengatakan:

    yg penting menang lah.

  2. One mengatakan:

    Go Rossi…..

  3. agungsevi mengatakan:

    ganti motor?? ducati kerja keras untuk ini… semoga terbayarkan dengan kemenangannya…

  4. j4na mengatakan:

    @all apapun itu yang penting menang…….

  5. rullynova mengatakan:

    Yg cocok pake L mungkin yg 2 silinder aja ya bli bila melihat motor2 ducati punya performa oke (produk masal)

  6. dendeng mengatakan:

    tapi powernya ningkat tuh jadi 250 hp
    berarti ada kemajuan dengan ganti ke V4. Dulu waktu era 990 cc powernya cuma 240 hp

  7. adit mengatakan:

    trnyata GP12 tetap pake lebar 90 drajat, dengan lebih dongak 45 drajat (sebelumnya lebar 90 drajat, dongak 17 drajat).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s