bro semua udah tau kan over-bore/over-stroke itu apa. kan saya udah pernah bahas ditulisan saya yang dulu” kenapa RPM ninja 250 bisa sampai 14000rpm??“. Di zaman sekarang kebanyakan dari motor-motor yang berlalu lalang bahkan yang bro-bro pake sekarang kemungkinan berjenis over-stroke, mulai dari generasinya honda kirana sampai supra x125, suzuki dengan shogun 125nya, bahkan yamaha tetap setia dari generasi crypton sampai jupiter mx…..
loh kok kebanyakan over-stroke sih….?? ntar qita bahas… gimana dengan overbore…? honda dengan generasi Cnya.. C70sampai C100supra generation. suzuki bersama shogun11o yang sempat merajai jagat road-race,smash lama, yang paling powerful si kesatria FU,yamaha … apa ya… ga ada digenerasi 4tak’nya,nah yang terakhir kawasaki yang paling setia dengan desain mesin ini.
kita cari dulu keunggulan over-stroke, barudah tau sebabnya kenapa motor bebek sekarang peke nih tchno…
keunggulan over-stroke:
- putaran mesin relatif rendah untuk menggapai power maksimal, jadi ga perlu plintir gas dalam-dalam.
- ukuran seher,klep,blok silinder ukurannya relatif kecil sehingga mengurangi cost…. sesuai dengan zaman sekarang yang lagi sulitnya nyari sepeser duit.
- irit bahan bakar yang diakibatkan rendahnya putaran mesin…. nah lagi berubungan ma yang namanya duiiit… ga perlu beli bensin banyak-banyak….so kantong tetap tebal.
- bagi kalangan speed lover, ngoprek untuk menaikkan CC gampang,tinggal ganti seher yang lebih besar,CC pun meningkat pesat… “ga perlu naik stroke”
kekurangan:
- dengan kecilnya diameter seher, otomatis diameter klep akan kecil juga… tentu mengakibatkan sedikitnya bahan-bakar yang masuk, mesin ga mau teriak, dan putaran atas loyo.
- untuk kalangan speed lover harus berhati-hati dalam pergantian komponen mesin,seperti CDI, dengan CDi non limit akan mengakibatkan mesin cepat berteriak,jika melebihi piston speed limit (21m/s) piston rawan jebol”pengalaman saya dengan jupiter mx”
nah sekarang giliran keunggulan dan kekurangan si over-bore.
keunggulan :
- dengan besarnya diameter seher, maka klep yang dijejalkan bisa lebih besar. bahanbakar yang masukpun bisa loooooos… buanyaak….
- putaran mesin serasa tak abis-abis….contohnya ninja yang 14.000rpm. disebabkan saat putaran tinggi piston speednya blom mencapai limit (21m/s)
- walaupun digeber abis-abisan mesin tetep aman… stay cooooool….
- bangga naik motor yang bertenaga di putaran 10rebu keatas…. 🙂
kekurangannya:
- dengan putaran mesinnya yang tinggi, dan diameter klep yang besar so…. bensinya ngocor…. terpaksa deh kanker… kantong kuuueeriing….
- tenaga tidak responsif saat putaran bawah, ya terpaksa diasepin dulu saat tanjakan…..
dari kelebihan dan kekurangan diatas tentu bro sudah bisa menyimpulkannya kan???
bebek-bebek sekarang senengnya over-stroke karena kasian pada sipemiliknya… kasian kantongnya kering…, he he bcanda… ya tentu demi keekonomisan. dengan cc bebek yang kecil tentu power pada putaran bawah yang cocok,jalan indonesia yang stopNgo sesuai dengan karakter over stroke.
monggo… di share komennya…..
tiger masuk yg mana bro?
tiger square bro… sebenarnya over bore… tapi bedhttps://dewataspeedblog.wordpress.com/wp-admin/index.php#anya tipis…. 63.5 x62mm
ternyata karakter tiger dan megapro lama beda.megapro sangat cepat 0-80kpj nya tapi setelah itu agak lambat.
tiger bawahnya lambat tapi speed 80kpj keatas lebih cepet dari megapro.
Padahal dari segi stroke seharusnya tigi menang di menengah-bawah..
info mantap.
Tigerku ganti kampas dan per kopeling racing, ganti pilot jet dan bobok knalpot… amankah mesinnya? aseline orang jaringan kabel jd ga paham blazzz ama over – overan… makasih Bro
Aman mas!! Asalkan rpmnya ga keseringan diatas 10.000rpm!! Lebih dari itu mesin riskan mengingat stroke tigi 62mm!!
cs1 tuh overbore yak ¿
trus klo mesin overbore kurang buat nanjak yak.
Yoi masbro.. Cs1 karakternya lembut,tapi putaran atasnya teriak!!
Makanya mtr sekarang topspeednya memble.
Kebanyakan motor sport skarang aquare kok mas,liat ja byson dan vixion..!!
Lebih suka mesin square coz powernya lebih merata.
@Bro j4na
menurut rumus spidpiston kmaren brarti mesin motor ninja 2t masih aman pd @11500 rpm walo redline nya mulai @10500 rpm.. Kos stroke ninja 2t 54,4 mm.. Iya kan Bro.?
Iya mas!! Ampe 12.000pun boleh kok, saya yakin akan kehandalan motor 2tak ini,..ninja… Siapa yang ga taw…
bro, kalo ngopi artikel boleh gak???
InsyaAllah nanti tak tulis sumbernya……
Boleh kok bro… Silahkan!!
@Bro j4na
thankz Bro,tp klo lebih dari @11rb rpm keknya dah ga nambah lg powernya tu.. Mesin standaran aj kok Bro..
ya mas… saat 11.000 rpm mesin seperti ga bertenaga,bisa sih naik ke 12.000…
….kalo diseting ulang port exhaustnya(dipertinggi beberapa mm) dan pemapasan head akan menaikkan peak power, standarnyakan saat 11.000rpm power drop. tapi dengan ubahan itu saat 12.000rpm power masih besar.
….but tuk harian kasian ma mesin ninjanya… he he… 🙂
@Bro j4na
thankyu egain.. Emg cm buat harian Bro, tp sesekali ja buat shotturing (190an km) saat mudhik..
sama2 masbro!!
Kalo mau untuk harian yang aman cukup rejeting n ganti filter..
info yang bagus
@Bro j4na
kasi tau Bro jeting yg sip utk ninja L ama filter yg rekomended..
Kalo ga salah STD spuyernya ninja r/l 145-32.. Nah penggantinya bisa 148-35.. Setelan anginnya disesuaikan!!
Filternya bisa pake koso,harganya sktar 130rbuan.. Atau merk lainnya pun banyak kok!!
Knalpotnya std aj apa wajib ganti jg Bro..
untuk menambah power sih wajib sebenarnya… kalo setingannya pas ga akan nyusahin kok….
n enak buat harian….
Over stroke = ngejar torsi.. Dan efisiensi..
Semakin kecil diameter piston& valve,maka semakin kesil pula contack antar komponen..sehingga meminimalkan kemungkinan akan kebocoran dalam (internal leakage) pada silinder itu sendiri
@aris otong
Bukan gitu mas!.. Emang kecilnya silinder mengurangi gesekan,akan tetapi dengan piston kecil langkahnya memanjang,radius putar krukas lebih lebar…so kan smakin besar gesekan n beban mesin bertambah!!
Ya kalau silinder.. Kalau valve.. Semakin banyak& semakin besar memaksimalkan fuel+air intake exhaus system..tetapi memperbesar ‘kemungkinan’ kebocoran kompresi..
Brarti mana yang bener???klo gtu overstroke cuma ngejar torsi..contohnya motor diesel,setau saya g ada yan overbore alias over strooke smua,toh tetap maksimal untuk air intake exhaus system..
emang bner mas… semakin besar seher, semakin besar klep maka untu mencari kompresi tinggi sulit, karena besarnya ruang bakar. mengenai kebocoran, kan udah ditutupi dengan teknologi/kualitas dari bahan bantalan klep yang goood
Ok deh… jadi tambah tau… Tapi teknologi apa yang udh diproduksi masal.
mongtor ane overbore semua…. 😀
marai kere….sing penting seneng..
@teaser
podo Maz Bro.. Megapro korek an ku jg borosnya imbang ama ninjaku, tp klo bw megapro kemana mana musti ngantongi top1 octan booster Bro.. Marai kompresi tinggi ples ga da yg jual Pretamax neng gon ku Bro..
sbenarnya kalo masalah boros… borosan mio dong…
ninja 30km/l….. mio 28km/l…
hehehe..boleh belajar banyak dari mas jana nih?
makasi mas…
Mas Jana, motorku kan honda blade, mau tak pasang CDI BRT dualband, berarti kalau dipasang rawan jebol sehernya juga kayak pengalamannya mas jana? Solusinya gimana mas? Terimakasih.
nggak kok, pake aja rumus piston speed….langkah seher blade kan 55,6mm,..
ps=(2 x 0.0556 x 11.000rpm)/60
=20.3869
dengan batas aman untuk motor harian yang 21m/s
maka untuk blade yang ps’nya 20.3869 pada 11.000rpm
so diusahakan limiter CDInya tidak melebihi 11.000rpm… tapi lebih dikit ga pa2 asalkan ga kelamaan….
O, begitu ya mas jana, thanks atas infonya.
kalo over bore d pake jarak jauh bagus ga browww…???
bagus kok bro…. apalagi trek jauh dengan memanjakan trek lurus…. mantap tuh…..
mas bro mau tnya,rmus untuk nentuin CC mtor gmn??
ooooh….
displacement=Phi. 1/2D2.r
Phi=konstanta (3.14)
D=Diameter seher
r=Langkah seher
mksdnya 1/2D2 pa ms bro?
maksudnya: cari dulu setengah dari diameter seher, kemudian dikuadratkan….
mas bro aku puny mtor satria fu,enaknya pengapian pke apa…????
hmm, Shogun 110ku juga overbore
pas jalan rame ato gigi rendah, suka ditinggalin mulu ama motor2 laen, tapi begitu masuk putaran tinggi, ato trek lurus yg panjang, wuii, ngibritt
emg di dalem kota yang rame gak cocok sih karakter overbore, kurang torquey, maennya daya maksimum, pantesan aja on paper Suzuki brani mengklaim klo maksimum tenaga Shogun 110 ini 9,8 dk………..
bebek ini pantesnya maen di sirkuit aja deh 😆
Aman mas!! Asalkan rpmnya ga keseringan diatas 10.000rpm!! Lebih dari itu mesin riskan mengingat stroke tigi 62mm!!
1. maksudnya gimana mas dgn stroke 62mm ga boleh keseringan >10rb rpm
2. kalo tiger stroke std, piston scorpio, rpm aman di limit brpa
3. bagusan tiger pake piston pio ditambahi stroke biar lebih aman ?
kalo tiger main klep besar ama seher besar bisa lebih enak dong mas bro, ?