overstroke atau overbore???

bro semua udah tau kan over-bore/over-stroke itu apa. kan saya udah pernah bahas ditulisan saya yang dulu” kenapa RPM ninja 250 bisa sampai 14000rpm??“. Di  zaman sekarang kebanyakan dari motor-motor yang berlalu lalang bahkan yang bro-bro pake sekarang kemungkinan berjenis over-stroke, mulai dari generasinya honda kirana sampai supra x125, suzuki dengan shogun 125nya, bahkan yamaha tetap setia dari generasi crypton sampai jupiter mx…..

loh kok kebanyakan over-stroke sih….?? ntar qita bahas… gimana dengan overbore…? honda dengan generasi Cnya.. C70sampai C100supra generation. suzuki bersama shogun11o yang sempat merajai jagat road-race,smash lama, yang paling powerful si kesatria FU,yamaha … apa ya… ga ada digenerasi 4tak’nya,nah yang terakhir kawasaki yang paling setia dengan desain mesin ini.

antara stroke panjang dan pendek

kita cari dulu keunggulan over-stroke, barudah tau sebabnya kenapa motor bebek sekarang peke nih tchno…

keunggulan  over-stroke:

  • putaran mesin relatif rendah untuk menggapai power maksimal, jadi ga perlu plintir gas dalam-dalam.
  • ukuran seher,klep,blok silinder ukurannya relatif kecil sehingga mengurangi cost…. sesuai dengan zaman sekarang yang lagi sulitnya nyari sepeser duit.
  • irit bahan bakar yang diakibatkan rendahnya putaran mesin…. nah lagi berubungan ma yang namanya duiiit… ga perlu beli bensin banyak-banyak….so kantong tetap tebal.
  • bagi kalangan speed lover, ngoprek untuk menaikkan CC gampang,tinggal ganti seher yang lebih besar,CC pun meningkat pesat… “ga perlu naik stroke”

kekurangan:

  • dengan kecilnya diameter seher, otomatis diameter klep akan kecil juga… tentu mengakibatkan sedikitnya bahan-bakar yang masuk, mesin ga mau teriak, dan putaran atas loyo.
  • untuk kalangan speed lover harus berhati-hati dalam pergantian komponen mesin,seperti CDI, dengan CDi non limit akan mengakibatkan mesin cepat berteriak,jika melebihi piston speed limit (21m/s) piston rawan jebol”pengalaman saya dengan jupiter mx”

nah sekarang giliran keunggulan dan kekurangan si over-bore.

keunggulan :

  • dengan besarnya diameter seher, maka klep yang dijejalkan bisa lebih besar. bahanbakar yang masukpun bisa loooooos… buanyaak….
  • putaran mesin serasa tak abis-abis….contohnya ninja yang 14.000rpm. disebabkan saat putaran tinggi piston speednya blom mencapai limit (21m/s)
  • walaupun digeber abis-abisan mesin tetep aman… stay cooooool….
  • bangga naik motor yang bertenaga di putaran 10rebu keatas….🙂

kekurangannya:

  • dengan putaran mesinnya yang tinggi, dan diameter klep yang besar so…. bensinya ngocor…. terpaksa deh kanker… kantong kuuueeriing….
  • tenaga tidak responsif saat putaran bawah, ya terpaksa diasepin dulu saat tanjakan…..
kebiasaan yang aneh pada r125… sportbike kok overstroke????

dari kelebihan dan kekurangan diatas tentu bro sudah bisa menyimpulkannya kan???

bebek-bebek sekarang senengnya over-stroke karena kasian pada sipemiliknya… kasian kantongnya kering…, he he bcanda… ya tentu demi keekonomisan. dengan cc bebek yang kecil tentu power pada putaran bawah yang cocok,jalan indonesia yang stopNgo sesuai dengan karakter over stroke.

monggo… di share komennya…..

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

47 responses »

  1. glewehwonogiri mengatakan:

    tiger masuk yg mana bro?

  2. glewehwonogiri mengatakan:

    ternyata karakter tiger dan megapro lama beda.megapro sangat cepat 0-80kpj nya tapi setelah itu agak lambat.
    tiger bawahnya lambat tapi speed 80kpj keatas lebih cepet dari megapro.

  3. Triyanto Banyumasan mengatakan:

    info mantap.
    Tigerku ganti kampas dan per kopeling racing, ganti pilot jet dan bobok knalpot… amankah mesinnya? aseline orang jaringan kabel jd ga paham blazzz ama over – overan… makasih Bro

  4. sofiyan mengatakan:

    cs1 tuh overbore yak ¿
    trus klo mesin overbore kurang buat nanjak yak.

  5. badboy mengatakan:

    Makanya mtr sekarang topspeednya memble.

  6. badboy mengatakan:

    Lebih suka mesin square coz powernya lebih merata.

  7. Hourex mengatakan:

    @Bro j4na
    menurut rumus spidpiston kmaren brarti mesin motor ninja 2t masih aman pd @11500 rpm walo redline nya mulai @10500 rpm.. Kos stroke ninja 2t 54,4 mm.. Iya kan Bro.?

  8. 46 99 mengatakan:

    bro, kalo ngopi artikel boleh gak???
    InsyaAllah nanti tak tulis sumbernya……

  9. Hourex mengatakan:

    @Bro j4na
    thankz Bro,tp klo lebih dari @11rb rpm keknya dah ga nambah lg powernya tu.. Mesin standaran aj kok Bro..

    • j4na mengatakan:

      ya mas… saat 11.000 rpm mesin seperti ga bertenaga,bisa sih naik ke 12.000…
      ….kalo diseting ulang port exhaustnya(dipertinggi beberapa mm) dan pemapasan head akan menaikkan peak power, standarnyakan saat 11.000rpm power drop. tapi dengan ubahan itu saat 12.000rpm power masih besar.
      ….but tuk harian kasian ma mesin ninjanya… he he…🙂

  10. Hourex mengatakan:

    @Bro j4na
    thankyu egain.. Emg cm buat harian Bro, tp sesekali ja buat shotturing (190an km) saat mudhik..

  11. tonosaur mengatakan:

    info yang bagus

  12. Hourex mengatakan:

    @Bro j4na
    kasi tau Bro jeting yg sip utk ninja L ama filter yg rekomended..

    • j4na mengatakan:

      Kalo ga salah STD spuyernya ninja r/l 145-32.. Nah penggantinya bisa 148-35.. Setelan anginnya disesuaikan!!
      Filternya bisa pake koso,harganya sktar 130rbuan.. Atau merk lainnya pun banyak kok!!

  13. Hourex mengatakan:

    Knalpotnya std aj apa wajib ganti jg Bro..

  14. Aris otong mengatakan:

    Over stroke = ngejar torsi.. Dan efisiensi..
    Semakin kecil diameter piston& valve,maka semakin kesil pula contack antar komponen..sehingga meminimalkan kemungkinan akan kebocoran dalam (internal leakage) pada silinder itu sendiri

  15. j4na mengatakan:

    @aris otong
    Bukan gitu mas!.. Emang kecilnya silinder mengurangi gesekan,akan tetapi dengan piston kecil langkahnya memanjang,radius putar krukas lebih lebar…so kan smakin besar gesekan n beban mesin bertambah!!

  16. Aris otong mengatakan:

    Ya kalau silinder.. Kalau valve.. Semakin banyak& semakin besar memaksimalkan fuel+air intake exhaus system..tetapi memperbesar ‘kemungkinan’ kebocoran kompresi..
    Brarti mana yang bener???klo gtu overstroke cuma ngejar torsi..contohnya motor diesel,setau saya g ada yan overbore alias over strooke smua,toh tetap maksimal untuk air intake exhaus system..

    • j4na mengatakan:

      emang bner mas… semakin besar seher, semakin besar klep maka untu mencari kompresi tinggi sulit, karena besarnya ruang bakar. mengenai kebocoran, kan udah ditutupi dengan teknologi/kualitas dari bahan bantalan klep yang goood

  17. Aris otong mengatakan:

    Ok deh… jadi tambah tau… Tapi teknologi apa yang udh diproduksi masal.

  18. teaser mengatakan:

    mongtor ane overbore semua….😀
    marai kere….sing penting seneng..

  19. Hourex mengatakan:

    @teaser
    podo Maz Bro.. Megapro korek an ku jg borosnya imbang ama ninjaku, tp klo bw megapro kemana mana musti ngantongi top1 octan booster Bro.. Marai kompresi tinggi ples ga da yg jual Pretamax neng gon ku Bro..

  20. Farid21rr mengatakan:

    hehehe..boleh belajar banyak dari mas jana nih?

  21. Alvin mengatakan:

    Mas Jana, motorku kan honda blade, mau tak pasang CDI BRT dualband, berarti kalau dipasang rawan jebol sehernya juga kayak pengalamannya mas jana? Solusinya gimana mas? Terimakasih.

    • j4na mengatakan:

      nggak kok, pake aja rumus piston speed….langkah seher blade kan 55,6mm,..
      ps=(2 x 0.0556 x 11.000rpm)/60
      =20.3869
      dengan batas aman untuk motor harian yang 21m/s
      maka untuk blade yang ps’nya 20.3869 pada 11.000rpm
      so diusahakan limiter CDInya tidak melebihi 11.000rpm… tapi lebih dikit ga pa2 asalkan ga kelamaan….

  22. Alvin mengatakan:

    O, begitu ya mas jana, thanks atas infonya.

  23. agus mengatakan:

    kalo over bore d pake jarak jauh bagus ga browww…???

  24. inunk mengatakan:

    mas bro mau tnya,rmus untuk nentuin CC mtor gmn??

  25. inunk mengatakan:

    mksdnya 1/2D2 pa ms bro?

  26. inunk mengatakan:

    mas bro aku puny mtor satria fu,enaknya pengapian pke apa…????

  27. shogun110tromol mengatakan:

    hmm, Shogun 110ku juga overbore:mrgreen:

    pas jalan rame ato gigi rendah, suka ditinggalin mulu ama motor2 laen, tapi begitu masuk putaran tinggi, ato trek lurus yg panjang, wuii, ngibritt:mrgreen:

    emg di dalem kota yang rame gak cocok sih karakter overbore, kurang torquey, maennya daya maksimum, pantesan aja on paper Suzuki brani mengklaim klo maksimum tenaga Shogun 110 ini 9,8 dk………..

    bebek ini pantesnya maen di sirkuit aja deh😆

  28. speedfreak mengatakan:

    Aman mas!! Asalkan rpmnya ga keseringan diatas 10.000rpm!! Lebih dari itu mesin riskan mengingat stroke tigi 62mm!!
    1. maksudnya gimana mas dgn stroke 62mm ga boleh keseringan >10rb rpm
    2. kalo tiger stroke std, piston scorpio, rpm aman di limit brpa
    3. bagusan tiger pake piston pio ditambahi stroke biar lebih aman ?

  29. gemuukkkk mengatakan:

    kalo tiger main klep besar ama seher besar bisa lebih enak dong mas bro, ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s