new jupiter mx

Pada banyak nih bloggers yang ngebahas tentang Yamaha new Jupiter mx. Bak kacang goreng, artikelnya diserbu. Saya memang membuat artikel tentang new Jupiter mx, tapi lebih mengedepankan pitur dan teknologinya. Apa saja pitur-pitur dan teknologi baru yang nambah keunggulan new Jupiter mx dibanding Jupiter mx lama, berikut akan saya jabarkan satu persatu:

magnetic sutle key n speedo

  • Speedometer, berbentuk membulat yang agak lonjong/ditambah 1 bulatan lagi, terkesan hi-tec. Ditambah lagi disisi samping bulatan terdapat penunjuk sein ,dim, dan netral. Meteran penunjuk isi bahan bakar ada dibawah meteran penunjuk kecepatan.
  • magnetic suttle key. menambah rasa aman dikala parkir.
  • Lampu rem belakang dan sein. Terkesan sporty dengan sudut lancipnya. Jika  dilihat lebih teliti, kok kayak punyanya shogun sp ya.
  • Pembuangan udara panas dibelakang mesin.berupa sirip-sirip yang berlubang, berada dibelakang mesin membuang  hawa panas mesin keluar, selain itu menambah kesan sporty.
  • Lampu depan meruncing. Terlihat hampir mirip wujudnya dengan vega ZR, namun Nampak serasi berpadu dengan lampu sein depan yang bak mata elang.
  • Body baru. Terkesan gagah meruncing,bagaikan elang yang siap membelah udara pada saat kecepatan tinggi.
  • Ban lebih lebar, dengan dimensi 100/70 memberikan manufer yang lebih baik disaat menikung.
  • Piranti ciiieet. Beda dengan generasi sebelumnya yang masih tromol, pada new generation ini mengandalkan cakram belakang dengan dijepit oleh satu oiston pada kalipernya. Selain nambah kesan gantengnya, juga menambah rasa aman dikala mengerem.
  • Penarikan kopling di kiri dan 5 speed.  Merupakan basis dari mesin vixion yang letak penarikan/stut koplingnya berada di kiri. Begitu juga dengan piranti gigi persnelingnya… sudah 5 speed sama seperti vixion. Memberikan akselerasi yang tidak drop pada saat perpindahan gigi, yang terjadi pada generas sebelumnya.
  • Knalpot sporty dengan tekuk-tekukan pada heat protector’nya.

Sekarang dari segi akselarasi dan speednya, menurut otoplus  tarikan awalnya begitu enteng dan lembut, saat perpindahan pada masing-masing giginya terasa bertenaga. Pada gigi 3 larinya agak terasa berat untuk mencapai 80kpj, namun setelah dipindahkan ke gigi 4 kecepatan mulai merangkak naik meninggalkan angka 80kpj pada speedo. Pada gigi 4,napas mesin terasa panjang dan penggunaan gigi 5 relatif sebentar yang disebabkan habisnya trek. Saat test new Jupiter mx dapat menembus kecepatan 120kpj.

Dari kapasitas mesinnya sama dengan generasi terdahulunya, yaitu 135 cc diasil cylinder, Sama seperti teknologi yang dimiliki vixion. Selain diasil mx juga mengaplikasikan forged piston yang dibuat melalui system tempa yang membuat piston menjadi lebih ringan dan kuat terhadap gesekan. Pada karburatornya terdapat throttle position sensor yang mengatur pengapiannya sesuai dengan bukaan gas. Dan juga AIS(air induction system) yang mengendalikan emisi dari si Jupiter mx lewat penyuntikan udara murni ke exhaust.

Untuk kenyamanannya, handle barnya dirubah dari generasi sebelumnya, pada Jupiter mx lama sudutnya 16’ sedangkan pada new Jupiter mx menjadi 19’. Walopun  dengan body lebih gambot akan terasa mudah dikendalikan berkat perubahan pada sudutnya ini.

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

7 responses »

  1. ridertua mengatakan:

    Sip lah yamaha banyak perubahan….

  2. arya mengatakan:

    ada bagasinya ga mas?

  3. j4na mengatakan:

    @arya
    Ga ada mas!! Sama seperti yang dulu!

  4. snalpot99 mengatakan:

    lumayan mas kayaknya, 125cc mesin tegak milik tetangga sebelah sepertinya masih berani head to head untuk top speed.

  5. j4na mengatakan:

    @snalpot99
    Jangankan menyamai,ngungguli bisa mas!!

  6. hermanto ilp mengatakan:

    kpan kr2 beredar di lampung tu si jupi mx new da ngk tahan pgin test top speednya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s