ganas di power menengah

Sering kita dengar orang-orang pada ngomongin tentang power, power putaran bawahlah, putaran ataslah dan sering juga bicara mengenai limiter. Apasih keuntungan masing-masing.?? Kadangkala orang senengnya putaran bawahnya yang menggila, sampai-sampai saat lepas kopling motor langsung loncat. Dan kadangkala banyak orang juga senengnya ngegas motor sampai teriak sekencangnya….

lebih enak diajak ber'rolling speed'an

Mari kita bahas dimana cocoknya motor yang memiliki putaran bawah yang menggila atau putaran atas yang menjerit. Kita crosscek sekarang pada motor-motor harian yang beredar diindonesia yang power menengah bawahnya muantap mulai dari Honda supra X 125, new megapro, Yamaha yang sedari awal dengan jupiternya sampai vixion, Suzuki dengan shogun 125series’nya, Kawasaki ngunggulin ZX130. Kesmua dari motor itu sungguh enak diajak meliuk dikemacetan lalu lintas jalan, tidak perlu bejek gas dalem-dalem tinggal putar dikit langsung wussss…. Tapi dibawa di jalan mlempem…. Atuut ah… nafasnya cepet abis yang disebabkan rentang RPmnya yang sempit.

kawasaki denga power atasnya

Nah sekarang kita menuju ke motor harian yang putaran atasnya menggila, Honda dengan CS1 dan CBR150R’nya, Yamaha dengan RX-king,RZR, danTZM, Suzuki dengan bebek jantannya Satria Fu, dan Kawasaki dengan kaze-blitz’nya, memiliki power yang teramat yahud diputaran atas, dengan power yang baru muncul diatas 8000rpm, gas dibuka sedikit masih kalem dan begitu dipanteng lebih dalem lagi… badan siap didorong kebelakang dengan mendadak…. Diajak dijalan lurus nan panjang karakter mesin ini akan memberikan nafas panjang yang seakan-akan tak habis-habisnya….

di sirkuit dibutuhkan power mengah yang lembut untuk rolling-speed

Lain di harian lain di balap, di balap power yang meledak-ledak pada putan bawah sebenarnya agak merugikan, pembalap akan merasa kesulitan untuk mengontrol motor, disaat menikung “rolling speed” jika pembalap salah sedikit saja dalam melakukan ritme pemutaran selongsong gas, roda belakang akan melintir. Hal ini disebabkan sempitnya rentang Rpm yang dicapai mesin. Contohnya ducati superbike 1098sp dengan rentang power maxnya ada di 9.500rpm-10.000rpm. tidak semua pembalap dapat mengendalikan motor ini, dan juga karakternya sungguh beda dengan motor kepunyaan jepang. Pada motor balap dengan putaran atasnya menggila, Rpm’nya yang tinggi, motor lebih ramah diajak berolling speed, power yang keluar tidaklah menggila, contohnya semua superbike dan superspot jepang yang powernya baru muncul dikisaran 12.000rpm.

So how about you……???

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

21 responses »

  1. Juragan Bebek berkata:

    petromax… Mbledug.

  2. Aris otong berkata:

    Pilih motor keren…hahahhaa

  3. ter gantung ke butuhannya kali ya
    pada dasarnya putaran bawah yang paling di untungkan kalo buat harian pastinya lebih irit di jalan kota2 besar..
    lain cerita kalo di kota kecil/kampung yang jarang2 stop n go
    saya rasa putaran atas yang di untungkan dan mungkin lebih irit

    tapi itu semua dikalahkan disain dan model yang yahuut 😀

  4. Loui$ berkata:

    gue lebih suka power di putaran menengah ke atas………. 🙂

  5. Shrouder berkata:

    Untuk harian prefer putaran bawah yg ganas, mengingat jalanan di sekitar kita susah buat memacu top speed.

  6. Otomotif Plus berkata:

    Tergantung ma kebutuhan. Bener banget tuh.

  7. ridertua berkata:

    kalau saya atas bawah harus enak… dibagi rata… jangan jomplang….

  8. Ghost berkata:

    atas bawah oke

  9. NanaRed. berkata:

    Power rata disetiap RPM aja,lebih enak dan mudah dikendalikan.

  10. bintang berkata:

    saya suka di atas

  11. Kalo milih untuk Jakarta ya power bawah, macet soalnya, sering stop n go, kalo daerah ya power atas, lancar dan jauh treknya, kalo biasa harian tp jg buat touring ya atas bawah kalo bisa..
    nitip dagangan baru http://triyantobanyumasan.wordpress.com/2011/01/03/kabar-baru-2011-honda-tiger-di-upgrade/

  12. badboy berkata:

    Prefer ke mesin square biar atas bawar merata.

  13. j4na berkata:

    kebanyakan motor sekarang mengarah ke square, contohnya yang terbaru vixion, NMP dan byson…. yang sarat dengan power menengahnya yahuuud…..

  14. asmarantaka berkata:

    sesuai dengan trek..kalo banyak tikungan mending power bawah yg maen..kalo lurusnya banyak..mending milih yg power atasnya maen :mrgreen:

  15. badboy berkata:

    Klo bebek skrg kok ga ada yg square ya?
    ‘Tlng cubit klo slh’

  16. Pino Kio berkata:

    tergantung kebutuhan bro.
    untuk jalanan macet mesin dgn power bawah akan yahuud banget tapi kalau untuk jalanan yg lurus dan rata mesin dgn putaran atas akan enak sekaleee….!!!

  17. Bonsai Biker berkata:

    mau yang atas bawah menggila

  18. blognyamitra berkata:

    Maunya sih atas bisa bawah bisa, loh koq jadi film warkop DKI 😀

  19. Saya Ganteng Yaa berkata:

    Lebih enak atas bwh kang (emg ad y motor yg enak atas bwh?) 😀

    bwt yg mw belajar usaha mampir2 kesini ya:
    http://www.belajarberbisnis.com
    lumayan bwt nambah2 uang jajan 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s