masuk Eco-gen.... hi-torque eco.... apaan tuh???

Jika ditelisik lebih jauh, perkembangan motor sport berkapasitas mesin 250cc kebawah, dari awal tahun 60’an sampai sekarang telah terjadi beberapa penyesuaian terhadap jaman ataupun generasi. SLR telah melakukan pengamatan terhadap penggenerasian dari bermacam-macam merek motor dibawah 250cc yang diproduksi dalam kurun waktu 50 tahun kebelakang ini, yaitu dari awal tahun 60’an sampai ditahun 2011 sekarang ini.

SLR masukkan ke grup Eco-Gen//low-power eco... apaan lagi tuh??

Sebenarnya SLR sendiri mengelompokkan motorsport dibawah 250cc ini menjadi 5 katagori generasi, salah satunya yaitu Eco-Gen* yang akan SLR bahas sekarang ini. Menurut SLR motor yang masuk ke dalam Eco-gen disini adalah motor yang diproduksi dari tahun 2005 sampai tahun sekarang ini, Eco-Gen disini SLR buat sendiri istilahnya, dengan artian Eco= ekonomic dan Gen= generation, Jadi Eco-gen* mengartikan Generasi dimana motor yang dikeluarkan di rentang tahun 2005 sampai sekarang ini lebih condong kearah Ekonomis, mengingat ditahun terjadi peningkatan harga dan juga kelangkaan   bahan-bakar minyak dipasaran. Bahkan pemerintah kedepannya merencanakan untuk membatasi penjualan BBM untuk mobil berplat hitam.

Sepeda motor yang masuk ke Eco-Gen* disini adalah motor yang memang bner-benar mementingkan aspek ekonomis dalam pemakaian BBM, bahkan sampai ada yang mengorbankan segi power untuk mendapatkan aspek ekonomisnya. Eco-gen juga akan SLR kelompokkan menjadi dua yaitu low-power eco dan hi-torque eco*. Low -power eco* adalah motor sport yang memiliki power rendah dengan pemakaian bahan bakar rendah juga, sebagai contohnya adalah Suzuki thunder 125 dan bajaj 125, dengan kapasitas mesinnya yang 125cc, seharusnya powernya sebanding dengan CS1 atau dengan motor 125cc sekelasnya, akan tetapi powernya tidaklah bisa dibilang seimbang dengan kapasitas mesinnya. dari segi BBMnya memang motor ini sangat irit. Sedangkan hi-torque eco* adalah motor yang memiliki power yang rendah tetapi ditutupi dengan torsinya yang besar dan juga konsumsi BBMnya yang irit, sebagai contohnya yamaha Vixion dan CBR250R.

Bertorsi besar namun irit.....Hi-torque eco

Selain dari segi pemakaian BBM, Eco-gen* ini juga bisa dibilang motor sport yang memiliki teknologi yang mengarah ke arah ekonomis, seperti motor yang memakai Injeksi, Air induction system , catalitic dan limiter. sebagai contohnya VIXION, CBR150R, CBR250R, Byson, MX dll.

Lain lagi dengan Kwasaki Ninja 250R, tidak lagi dimasukkan gen Eco-Gen*, akan tetapi masuk dalam katagory simply-poweful gen, ingin tau apa itu simply-pwerful gen*, baca tulisan SLR selanjutnya….

Maaf jika pengelompokan yang SLR lakukan tidak berkenan dihati pembaca, masih banyak terdapat kekurangan dalam artikel ini, mohon permaklumannya.

catatan: yang betanda(*) adalah istilah yang SLR buat sendiri.

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

14 responses »

  1. tiktak.. mengatakan:

    mantap…
    klo MX masuk apaan neh???

    • j4na mengatakan:

      masuk ke Eco gen mas, walaupun MX tidak bisa dibilang irit. MX juga bisa dimasukkan ke eco dikarenakan MX ditujukan untuk ekonomis dakam perawatan. taukan MX itu dilimit Rpmnya yang bertujuan untuk ekonomis dalam komponen mesinnya.

  2. #99 bro mengatakan:

    o…gitu to…

  3. de2tninja mengatakan:

    kapan2 bahas tentang semua merek n jenis motor yang rpm mesin nya di limit n yang ga di limit ya mas bli J4na…

  4. Briyan mengatakan:

    Ditunngu mas artikel selanjutnya.

  5. ridertua mengatakan:

    obat Gen…generik :mrgreen:

  6. Bonsai Biker mengatakan:

    tiger gak masuk ya

    • j4na mengatakan:

      tiger masuk ke kelas Simply-powerfulGen mas jams….
      sama seperti ninja,…. pembahasan dan penjelasan Simply-powerfulGen ini akan ada diseri selanjutnya….

  7. ウィナ mengatakan:

    supra pasti mesuk eco gen
    hehehee..murah + irit lg

  8. moy17 mengatakan:

    makin top aja nih blognya bli
    Vote vixi
    Terbarunih ngomongin vixi😆
    http://moy17.wordpress.com/2011/02/10/modif-v-ixion-murah-meriah-uuuy-300-ribu-udah-mantap/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s