seher extra short

dulu pernah saya bahas tentang motor bebek yang pake sehernya superbike, maksudnya bukannya masang langsug sehernya superbike, tapi bentuk sehernya seperti sperbike yang amat pendek, disini. bebek yang memakainya adalah jupiter mx, Satu-satunya bebek yag sehernya super pendek.

apa sih untung dan ruginya memakai nih seher, untungny banyak, ruginya jugabanyak… ya sebandinglah, tapi kalo ga kebanyakan untung, knapa juga diterapin di mesin superbike…??? emang banyak juga untungnya nih seher, berikut pembahasannya:

mau seher hancur kayak gini??

  • keuntungan, bro taukan yang namanya gesekan, semakin sediit penampang benda yang bergesekan akan semakin kecil pula panas yang dihasilkan. jadi dengan seher pendek bisa mengurangi panas yang dihasilkan mesin. gimana jika seher pendek ini ditirapkan pada motor stroke-up??, dengan diterapkan pada motor yang akan di stroke-up,akan membuat packingnya tidak perlu lagi dibuat tebal. taukan, jika melakukan langkah stroke-up diperlukan packing aluminium yang tebalsampai 4cm yang tergantung berapa mili stroke dipanjangkan. dengan seher pendek ini,  seher tidak banyak nongol melebihi blok. keuntungan selanjutnya dari segi bobot, dengan pendeknya seher, makabobot seherpun akan dipangkas, itu artinya semakin mudah juga seher bergerak melontar bolak-balik didalam silnder, Rpmpun bisa menjulan tinggi selanjutnya… ya power akan meningkat.

    tidak hanya seher yang mampus... stang seherpun bisa bengkok

  • kekurangan, dibalik keuntungan pasti ada kekurangannya, kita balik dulu ke piston yang berpenampang panjang, yang keuntungannya ada pada segi getaran dan suaranya. dengan penampangnya yang lebar maka sisi yang bersentuhanpun semakin lebar, maka getaran yang ditimbulkan pada seherpun minim, getaran itu pasti menimbulkan suara…dengan seher lebar maka suaraberisikpun akan minim. balik lagi ke seher pendek. kekurangannya ada pada kebalikan dari keuntungan dari seher panjang, seher pendek riskan akan getaran dan noise, dengan sedikitnya penampang yang bersentuhan maka seher akan riskan getar dan bergoyang….!! dari pengalam saya dengan jupiter MX170cc, sekali mesin mengalami macet/kekurangan oli/over heat… langsung dah mesin kluar suara berisik yang mengganggu telinga,padahal dari segi lari/powernya masih yahud…. udah gitu getaran pada putaran atas teramat tinggi.

    pendek vs panjang

motor-motor nasional yang memakai seher pendek inipun bisa dihitung dengan tangan, seperti honda CBR150, kawasaki ninja 250R, yamaha vixion/MX. Seher-seher dari motor ini bisa diterapkan pada motor bebek bore-up plus troke-up dengan keutungannya yang saya jelaskan diatas.

 

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

23 responses »

  1. anang nurcahyo mengatakan:

    informasi menarik. trima kasih banyak

  2. Aris othonx mengatakan:

    wow mantap…

  3. Hourex mengatakan:

    pokok e saya aplod terus artikelnya Belih..

  4. gaplek mania mengatakan:

    wah nambah pengetahuan nih.

  5. esn1422 mengatakan:

    Ooo… jadi seher pendek bisa diterapkan untuk motor yang strokenya panjang, saya kira hanya untuk motor yang karakternya oversquare. Siip artikelnya… Lanjut terus bro…

  6. blognyamitra mengatakan:

    Sip, thanks atas infonya…

  7. Nyubie mengatakan:

    Wihhh…, mantep artikelnya bro jana, jd tambah ilmu. Kl bisa buatin artikel ttg teknologi yg dipakai sama motor2 yg udah sliweran disini. Misalnya cara kerja sistem injeksi, karburator vakum tps, cdi, abs, dll.

  8. cow tulen mengatakan:

    kalo nggak salah tvs apace juga sama bro, cuman suara mesinnya kok alus banget yah, tanya kenapa?

    • j4na mengatakan:

      alus dikarenakan gap antar seher dan silindernya dbikin sempit, maaf saya belum begitu kenal mam teknologinya tvs,mungkin aja silinder apahe udah memakai bahan yang anti gores macam diasilnya yamaha,….

  9. azizyhoree mengatakan:

    sipph se- 7 sama artikel ini😎
    hanya ada sedikit pertanyaan >>>

    hmmm MX – sama FU pendek an mana bli❓ sya belum pernah pegan piston MX❗
    ➡ kalo paijo 150 R jelas lebih pendek dari FU >>meski FU menurut saya termasuk pendek untuk kelas motor indonesia :mrgreen:

    dengan diterapkan pada motor yang akan di stroke-up,akan membuat packingnya tidak perlu lagi dibuat tebal. taukan, jika melakukan langkah stroke-up diperlukan packing aluminium yang tebal sampai 4cm yang tergantung berapa mili stroke dipanjangkan. dengan seher pendek ini, seher tidak banyak nongol melebihi blok.
    ======================================================================
    bukan nya yg menyebabkan piston nongol lebih dari cylinder blok adalah type doome dan langkah stroke nya bli❓

    sementara engine stroke up memper panjang langkah connecting rod dimana ujung small end nya terkoneksi dengan pen piston jadi TMA piston juga bergeser sebanyak stroke up yg dilakukan

    sebagai contoh misal engine stoke up pada 1 mesin yg sama…….dengan piston standart dibanding dg piston after market berjenis pendek, dengan spesifikasi jarak muka piston dengan center lubang pen >> sama dengan piston standart >> bukannya hasil nya TMA juga sama
    ========================= >> kemudian engine yg stroke up tersebut diganti dengan piston misal katakanlah piston XXX type pendek, namun jarak muka piston dengan center lubang pen piston berbeda / lebih pendek dari spesifikasi bawaan engine tersebut….. hasilnya TMA pasti lebih pendek kan? (dalam artian tidak terlalu nongol dari ujung cylinder block?)
    ➡ jadi penyebab tidak terlalu nongol nya piston pada kasus engine stoke up disebabkan karena piston type pendek / faktor yang lain bli? ❓

    just discussion bli mohon pencerahan 😳

    sambil jemur cucian kemaren yah bli : :mrgreen:

    http://azizyhoree.wordpress.com/2011/01/21/bongkar-replace-kampas-kopling-scorpio-z-225/

    • j4na mengatakan:

      jlasbanget MX mas….. fu masih panjangan lai dikit…. betuknuapun lom sesempurna mx…

    • j4na mengatakan:

      emang bnar gitu bro, tapi tipe seher standar biasanya memiliki panjang”jarak antara bibir seher atas dengan small-end” yang panjang,bukan hanya satu atau dua piston aja tapi semuanya, beda dengan seher yang kayak mx!! anggap dah kita lakukan stroke-up pada 2 buah jupiter Z lagi 4mm dan sehernya beda pada masing2 motor, satu dengan seher mx dan yang satunya dengan seher kaze”kedua seher sama diameternya 54mm”. anggap semuanya dah diaplkasikan, tinggal dilakukan pemasangan blok, packing, seher dan head. apakah yang terjadi setelah dipasang?? motor yang memakai seher kaze sehernya lebih nongol beberapa mm dibanding motor yang memakai seher MX, so packing bawahpun harus cari yang lebih tebal beberapa mili…

    • j4na mengatakan:

      nongolnya ada 3 paktor, pertama dari segi panjang pendeknya seher “bibir seher-smallend”, cari seher yang paling pendek. kedua dari segi stroke-up, dan ketiga dari tebalnya penampang seher dari ring seher sampai bibir seher.

  10. herdisundawibawa mengatakan:

    Izin nyimak, salam kenal..

  11. gagah mengatakan:

    sayang piston pendek masih mahal2… ada info piston pendek 70mm yang harganya dibawah 500rb

  12. timmy mengatakan:

    bro, mang ada ya jupiter MX170cc
    “dari pengalam saya dengan jupiter MX170cc, sekali mesin mengalami macet/kekurangan oli/over heat”
    sudah ganti piston dll dong klo smpe 170cc..

  13. kongkalikong mengatakan:

    Mengulang pertanyaan yg diatas; mas bro punya info seller piston pendek 70mm di Indonesia gak ya? 70 ya, bukan 65. Thanx sebelumnya.

    • j4na mengatakan:

      waduuuuh…. hal sama juga dialami SLR brader…. sangat sulit nyari piston pendek 70mm, SLR juga mau bore-up pake tuh piston…
      brader semua ada yang bisa bntu ga??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s