Ini merupakan seri terakhir pembahasan SLR tentang kehebatan mesin honda yang pada khususnya RC-seriesnya, RC-series merupakan seri motor balapnya honda yang bermesin 4tak “kec. RC250M”dan ready untuk diturunkan balapan, jika dihitung dari awal, sebenarnya banyaknya RC-series mencapai 45 jenis, tapi rasanya tidaklah mungkin SLR bahas kesemuanya itu, SLR pilih seri yang paling bagus dan yang paling terkenal. nah dari seri 1 sampai seri terakhir sekarang merupakan pilihan yang menurut SLR paling bisa bicara dikancah balapan motor.
kembali ke judul diatas, yaitu kehebatan dari seri terakhirnya RC-series yaitu motor yang sampai sekarang masih ditunggangi pedrosa, siapa lagi selain RC212V yang artinya RC_series yang diturunkan pada abad ke-21 generasi ke-2 dengan mesin V. tapi… kok kayak wirosableng ya… 😀 !!!???
pertama kali motor ini diperkenalkan pada akhir 2006, yaitu saat didengungkannya regulasi yang membatasi kapasitas mesin MotoGp yang hanya boleh 800cc saja dan juga dengan jumlah silinder yang tidak melebihi 4 buah. Honda pun tak abis pikir, dengan regulasi ini honda dapat keuntungan lebih banyak dibandingkan kontestan yang lain dengan mengambil basis mesin dari RC45 yang sama-sama V-4 namun beda kapasitas mesin yaitu 750cc, yang dilakukan bore-up untuk menggenapkan kapasitas mesinnya menjadi 800cc, so honda tidak lagi memerlukan riset yang berkepanjangan. terbukti dengan kecepatan honda yang begitu sangat cepat di trek lurus, walaupun ada pemangkasan kapasitas mesin.
Spec
Honda RC212V
Overall length | (mm) | 2,052 |
Overall width | (mm) | 645 |
Overall hight | (mm) | 1,110 |
Wheelbase | (mm) | 1,435 |
Road clearance | (mm) | 115 |
Weight | (kg) | over 150 |
Engine Type | Liquid-cooled 4-stroke DOHC4valve V-4 |
|
Displacement | (cc) | 800 |
Maximum power | (kw) | Over 155/208hp |
Frame Type | Alminum Twin-tube | |
Front wheel | (inch) | 16.5 |
Rear wheel | (inch) | 16.5 |
Front suspension | Telescopic fork | |
Rear suspension | Pro-link | |
Fuel tank capacity | (liter) | 21 |
sekarang kita menarik kesimpulan dari seri pertama tulisan ini dimuat sampai sekarang di seri terakhirnya, selama SLR menulis tentang kehebatan mesin honda ini, SLR mengakui kehebatan desainer mesin Honda, rasa kagum, rasa terpacu untuk terus berkarya. SLR berpikir, kok dijaman sekuno itu”60’an” Honda bisa berkarya menciptakan mesin yang begitu hebatnya, kapasitas mesin yang hanya 50cc bisa meraih top speed 150kph, gimana gila ga tuh orang Honda saat itu?? dilain pihak, yamaha, suzuki berkiblat di mesin 2taknya, namun tidak bisa juga mengalahkan keberingasan mesin 4 taknya honda, baru di akhir tahun 70’an mesin 2tak berjaya yang harus memaksa Honda untuk menciptakan mesin 2taknya dengan kode NSR….!!! so… SLR merasa kagum dengan kehebatan Honda dimasa lalu…
tapi bukan bermaksud panatik lo… speed lover hanya panatik akan power dan kecepatan…. ingat 😀
Wihh,salut juga y,honda pny bnyk ide gila bli,,weleh2
ya memang honda super hebat. Terbukti Rc series handling super mantab dan kecepatan trek lurus bs berbanding dgn ducati. Tidak sprti yzf m1 yg seolah menyerah dgn ducati desmodici. Cb CBR 1000RR Pke teknologi mto gp pasti r1 bsa d asepin
saluutt… berarhir sudah pembahasan motor super powernya honda.. Hikz….
oke, lanjutnya apa neh…
ada deh mas… keep waiting…
sebenarnya diawal kehadirannya.sempat dikomplain hayden.karena dibuat seperti mengikuti postur pedrosa yg imut.rc211v telihat kegedean buat pedrosa.makanya rc212v dibuat menyesuaikan bodinya.
bravo bwt HRC,trima kasih byk ulasan tentang rc seriesnya bro,saia jd tau byk macam2 jenis rc,oh iya ditunggu lanjutan nsr series ya,meski ga begitu suka asap knalpot 2t
makasi banyak telah mengikuti dari seri petama mas….
oke…. siiip….
motor yang mengerikan
waktur mulai tau 4t & 2t, sy jd fanatik ama Honda, krn lbh memilih tuk ngembangin 4t di Indonesia.
pabrikan Pertama yg peduli dgn Lingkungan… (sy kan GreenLover, he… )
ga slh jd FBH.
udah selesai nih??… selanjutnya apa nih..??
selanjutnya keep waiting aja…..
selanjutnya rancangan mesin untuk gp mendatang. Tapi, saya bingung cz mana mesin yg akan d pilih ?
Cz stoner dan pedrosa tu beda karakter. Satu suka screamer satu lbh suka rancangan hnda skrg. Apakah hnda akan bkin mesin berbeda ?
time will tell lah.
tidak mungkin beda kok, honda udah tentu dengan screamernya, tapi bisa dibuat lembut dengan cara pengubahan grafik pengapiannya…
@ j4na ooo gtu nice info gan.,
Mesin hebat tp sayang belum bisa juara dunia! Kenapa ya?
mungkin pembalapnya tidak bermental juara….. kita tunggu aja gimana pengaruh stoner…..
pedrosa bilang honda boleh digdaya d trek lurus. semburan tenaganya ajiib. tp wkt melibas tikungan honda terlalu bnyk bergerak..aq perhatiin d san marino 09. pedrosa dgn entengnya ninggalin lorenzo d trek lurus. tapiii menjelang tikungan walaah lorenzo deket lg. ada apa dgn sasismu honda? smoga gak trjadi lg d 2011. smoga stoner bs memberi masukan yg berarti.
mgkn dgn masuknya stoner akan mmbuat honda lbh kuat. pedro boleh aja d kenal seperti peluru d trek lurus tp jgn salah stoner sebelas dua belas bl d bandingkan dgn pedro wkt d trek lurus. yg ptg lg bro balap gak melulu trek lurus. 70 % sisanya chichane,hairpin, dll. Smoga stoner gak fobia right cornering lg. Bravo kurikuriboy!
yang penting satu hati >_<