hampir jadi penguasa motoGp

sebelum motogP 4 tak pertamakali dirilis ditahun 2002, ditahun 2001 sebenarnya banyak pabrikan mesin yang telah berancang-ancang untuk menurunkan mesinnya di motoGp. salah satunya dari Drysdale Motorcycle.co yang mendesain mesin motoGp 990ccnya yang akan direncanakan siap turun tarung ditahun 2002, namun terganjal regulasi yang tidak memperbolehkan silinder lebih dari 6 dan pembatasan jumlah bahan bakar yang dibawa, yaitu maksimal 24liter.

kemana ya mesin ini sekarang???

sudah barang tentu mesin ini sangat menyalahi peraturan saat itu, dari jumlah silindernya aja yang bisa dibilang melebihi regulasi yaitu sebanyak 8buah, yaitu V8, berkapasitas 988cc. jika saat itu regulasi dibebaskan seperti saat motoGp tahun 60’an, maka yang terjadi adalah mesin ini akan menguasai jagat permotoGP’an. Dengan jumlah silindernya yang 8 buah maka putaran mesinnyapun akan bisa sangat menggila, yaitu 22.000rpm… saat 2002 motoGp honda hanya bisa 18.000rpm.

lihat knalpotnya... buanyak... 1silindernya 2 knalpot

berikut speknya:

  • 988cc – 8 cylinder
  • 80 degree vee configuration. ( Front cylinder at 30 deg. from horizontal )
  • Length – 450 mm
  • Width – 380 mm ( At crank centreline )
  • Height – 400 mm
  • Mass – 52 kg complete with electrics.
  • Lubrication – dry sump ( 4 pumps )
  • Cooling – twin pump “reverse” flow liquid cooling.
  • Electrical – 36 volt alternator.
  • Redline – 20,000 rpm ( 22,000 with development )

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

18 responses »

  1. Triyanto Banyumasan mengatakan:

    sayang bener di loakin, mending di kasih Doni Tata, biar dipakaiin rangka Scorpio, buat latihan di sirkuit Semprul . ..hi.ihi:mrgreen:

  2. Triyanto Banyumasan mengatakan:

    nyemplak Enthok sekarang katanya Bli, dr 600 cc ke 125 cc … Apa kata Burges ahi..hi…🙂

  3. ウィナ mengatakan:

    wuuiihh..nih power dpt brp ya?>250hp?

  4. cbngluyur mengatakan:

    Bisa dikendalikan gak? Entar kegedean power jadi lari babi. Kayak Ducati diawal awal motogp.

    • j4na mengatakan:

      bner mas… ducati waktu gp2 larinya bukan main, powernya diperkirakan lebih dari 300hp, stiap kluar tikungan bak lari kesetanan, isi gaya geal-geol segala….

  5. nanaredpro mengatakan:

    klo ndlosor gitu pasti innalillahi,secara mesin asli liar gitu

  6. asmarantaka mengatakan:

    ah pasti kalo jadi motor nasibnya kayak aprillia di moto gp..kegedean power…lagipula apa ngk berat tuh bobot motornya??…belum lagi borosssnya:mrgreen:

  7. gaplek mania mengatakan:

    bisa jadi terlalu liar kaya RS CUBE dan GP2

    • j4na mengatakan:

      bner mas, aprilia aja sampe melimit powernya dan penambahan berat motor, saya perkirakan jika sekarang seandenya mesin itu diperbolehkan, kemungkinan bisa dikontrol kok, kan ada piranti elektronik yang canggih, ducati contohnya….

  8. Bonsai Biker mengatakan:

    estimasi biayanya gimana tu om kalau banyak silinder gitu

    • j4na mengatakan:

      so pasti membengkak mas, bandingkan dengan mesinnya honda yang paling mustahil semisalnya NR500, selain biaya untuk mesinnya, budget juga mengucur untuk mendanai engineering yang terbagi menjadi 3 shift dalam merawat mesinnya, begitu juga dengan V8 ini, akan sangat banyak komponen yang mesti dirawat… !!!

  9. rbk mengatakan:

    kalo gak salah honda dulu juga sudah siapin mesin v-10, pernah dimuat di motorplus tahun 2000an, sudah di kasih hangtag valentino rossi

  10. rombenk mengatakan:

    dengan 8 silinder, harusnya nggendong brp liter bhan bakar tu kalo untuk 1 kali balapan??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s