Mungkin judul diatas bisa menyiratkan bagaimana mesin-mesin Suzuki begitu digemari di eropa sana dan begitu dilupakan oleh sipembuatnya sendiri. Di eropa nan jauh disana, pabrikan-pabrikan motor pada berbondong-bondong mengambil spek dan mengCopy mesin Suzuki. Misaknya mesin dari RGV250 yang dicopy teknologinya oleh Aprilia buat dipasangin di RS250nya.
Salah satu mesinnya sudah ditulis diatas yaitu mesin RGV250 diambil teknologinya dan dikembangkan lagi oleh Aprilia, begitu juga yang terjadi dengan Sachs XTC 125 yang mesinnya mencomot dari Suzuki FX125. Sachs sangat bangga dengan motor 125nya ini, bagaimana tidak, dengan mesin 125cc ini Sachs XTC dapat memuntahkan power sampai 15hp yang standarnya hanya 14hp bawaan FX125.
Kedua jenis motor Suzuki ini RGV250 dan FX125 telah didiscontinue alias tidak diproduksi lagi, bisa dibilang kedua jenis motor ini telah dilupakan. sama seperti judul diatas, di eropa mesin suzuki sangat digemari dan dinegara pembuatnya telah dilupakan.
Bagaimana dengan mesin Yamaha yang terkenal diEropa sana macam mesinnya Vixion dan R125, didunia mesin ini masih sangat diperhitungkan juga, termasuk oleh pabrikan pembuatnya Yamaha jepang. Walaupun speknya masih kalah jauh dengan kepunyaan suzuki Fx125, namun tetap dipertahankan oleh Yamaha.
Jadi seharusnya Suzuki harus tetap mempertahankan generasi mesin lamanya macam genersi DOHC FX125, rider 125, FXR150 dengan membuat motor baru dan memakai mesin ini, Dengan adanya mesin yang handal ini seharusnya Suzuki thunder 125 tidaklah seloyo sekarang ini jika dari sedari dulu memakai generasi mesin dahysat macam FX125.
bnr2.pdhl mesin dohc suzuki it punya potensi lohh.tenaga cukup ok,gak repot2 lg pk radiator lg cukup oil cooler aja,
Cm perlu di sempurnain jga.coz mesin seri it punya getaran ckp bsr.sm suara yg agak bising.jd perlu penambahan n perbaikan:
1) engine balancer
2) perbaikan rante keteng yg gmpg kndor n jd brisik
3) klepny lemah n jg brisik
Paling it aj.n trserah mw pk karbu taw inject. Pasti djamin mantaf…
suzuki emang pabrikan mantap….kurang teknik marketing aja
http://extraordinaryperson.wordpress.com/
culik aja orang marketing punya Yamaha
hehehehehehe
fx125 sama kan sama fu125? kebetulan pernah pake yang fu125
beda di body, FX125 itu kayak bebek namun ga kluar di indonesia sini, mesinnya sama….
lha iya masbro, maksudnya mesin yg dipake fx125 sama fu125,,,hehehe…
mantan fu125 rider soalnya..hehehe 🙂
Mesin vixion bukan dibuat di jepang, tapi di italia, saya lupa nama pabriknya, yang jelas pabriknya anak perusahaan Yamaha CMIIW
Nama pabriknya Motori Minarelli, mas bro.
betapa berharganya hasil riset2 jaman dulu ko malah gak di perhatin ya terlalu fokus kepada next gixer 2012 kali ya :mrgreen:
http://moy17.wordpress.com/2011/03/05/wkwkwk-ini-sih-buaya-buntung-500-hp/
rgv ini sainganya nsr 250. Berdasarkan spek nsr kalah tapi kalau real gak tahu. Menang siapa bli nsr vs rgv
bukannya utk vixion si yamaha beli dari minarelli? pabrikan lain banyak yang pake bro contohnya rieju-spanyol dan fantic-italy
bner mas, saya yang keliru semalam nulis, memang bner dari pabrikan minarelli yang merupakan anak perusahaan dari yamaha jepang.
Suzuki eksis juga. . .
cs1 juga dipake di cbr125 he he he.
*masih honda juga.
Power standar fu125 tu brp ya?
Ane pernah baca sih di situsnya fu125 phillipina tertulis 13,3dk
Terhitung gede sih buat 125cc 4t skrg
Onta ane cuma 12,8dk
Niu mx 5speed jg cuma 12,52dk
Manteb beneer!
Lawannya raider125 cuma sonic125 yg 13,5dk,,perang klasik bebek balap sbelum 2005 ini mah 😀
data dynotestnya untuk satria Fu beragam….. mulai dari 14hp sampai 15hp….. jika dikembangkan lagi sedikit saja mendekati spek FXR maka powernya bisa sampai 18hp’an!!!
kenapa bisa 125cc powernya sebesar itu….. kan sudah jadi rahasia umum, indonesia itu dapat spek kedua…. alias turunan….
Ow begitu rupanya, suzuki dulu bagus di moto gp skrng loyo…
bisa dimaklumi, untuk anak2 generasi sekarang ini di indonesia memang sepertinya banyak yang ngga tau dengan keunggulan suzuki. taunya suzuki dipecundangi dua pabrikan lain yang sekarang dominan.
masih keren hingga kini
;;;;;;;;;;;;;
http://2brk.wordpress.com/2011/03/06/gl-pro-lawas-si-bandel-nan-kencang/
mesin suzuki tl100 juga dipake sama cagiva raptor
Tambah lagi, mesin Suzuki SV 650 juga dipake Hyosung GT 650
sbenernya sih its not abou engine
beli motor gak hanya beli engine aja,tp juga beli MODEL,PERAWATAN,KONSUMSI BBM,dll
Itulah sebabnya mesin LC4V YZF R125 aja terkenal,meskipun kalah kenceng dbanding RS 125 2 tak dr Aprilia,yaa karena orang2 beli motor gak hanya beli mesin
maklum gan thunder 125 dari suzuki china..
mantap bro.maju terus suzuki.
iya ni aku aj jatuh cinta sama satria f150 2006 tenaganya dahsyat banget….
thunder 125 juga bisa dibikin 15 hp cuma dengan potong filter dan pasang main jet 110
Yang pasti mesin2 SUZUKI lebih baik dari pabrikan tetangga, cuma desain bodinya aja yang kalah karena pihak pabrikan suzuki kurang terbuka….
Jangan salah !!! mesin thunder sebenernya garang….. bahkan mantap saat rpm tinggi ( tdk spt motor lain yg malah loyo )…… konstruksi sdh bagus, cuman di downgrade …. coba aja kalo berani porting polish dan sudut porting diatur agak landai….. bisa jadi monster 125cc tuh …..