Di eropa generasi mesin ini sangat digemari

Mungkin judul diatas bisa menyiratkan bagaimana mesin-mesin Suzuki begitu digemari di eropa sana dan begitu dilupakan oleh sipembuatnya sendiri. Di eropa nan jauh disana, pabrikan-pabrikan motor pada berbondong-bondong mengambil spek dan mengCopy mesin Suzuki. Misaknya mesin dari RGV250 yang dicopy teknologinya oleh Aprilia buat dipasangin di RS250nya.

Ditinggalkan Suzuki namun disukai Aprilia

Salah satu mesinnya sudah ditulis diatas yaitu mesin RGV250 diambil teknologinya dan dikembangkan lagi oleh Aprilia, begitu juga yang terjadi dengan Sachs XTC 125 yang mesinnya mencomot dari Suzuki FX125. Sachs sangat bangga dengan motor 125nya ini, bagaimana tidak, dengan mesin 125cc ini Sachs XTC dapat memuntahkan power sampai 15hp yang standarnya hanya 14hp bawaan FX125.

generasi mesin yamaha yang terkenal dan digemari

Kedua jenis motor Suzuki ini RGV250 dan FX125 telah didiscontinue alias tidak diproduksi lagi, bisa dibilang kedua jenis motor ini telah dilupakan. sama seperti judul diatas, di eropa mesin suzuki sangat digemari dan dinegara pembuatnya telah dilupakan.

Bagaimana dengan mesin Yamaha yang terkenal diEropa sana macam mesinnya Vixion dan R125, didunia mesin ini masih sangat diperhitungkan juga, termasuk oleh pabrikan pembuatnya Yamaha jepang. Walaupun speknya masih kalah jauh dengan kepunyaan suzuki Fx125, namun tetap dipertahankan oleh Yamaha.

Jadi seharusnya Suzuki harus tetap mempertahankan generasi mesin lamanya macam genersi DOHC FX125, rider 125, FXR150 dengan membuat motor baru dan memakai mesin ini, Dengan adanya mesin yang handal ini seharusnya Suzuki thunder 125 tidaklah seloyo sekarang ini jika dari sedari dulu memakai generasi mesin dahysat macam FX125.

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

29 responses »

  1. kirana88 mengatakan:

    bnr2.pdhl mesin dohc suzuki it punya potensi lohh.tenaga cukup ok,gak repot2 lg pk radiator lg cukup oil cooler aja,
    Cm perlu di sempurnain jga.coz mesin seri it punya getaran ckp bsr.sm suara yg agak bising.jd perlu penambahan n perbaikan:
    1) engine balancer
    2) perbaikan rante keteng yg gmpg kndor n jd brisik
    3) klepny lemah n jg brisik
    Paling it aj.n trserah mw pk karbu taw inject. Pasti djamin mantaf…

  2. extraordinaryperson mengatakan:

    suzuki emang pabrikan mantap….kurang teknik marketing aja

    http://extraordinaryperson.wordpress.com/

  3. fx125 sama kan sama fu125? kebetulan pernah pake yang fu125

  4. vixionr15 mengatakan:

    Mesin vixion bukan dibuat di jepang, tapi di italia, saya lupa nama pabriknya, yang jelas pabriknya anak perusahaan Yamaha CMIIW:mrgreen:

  5. Moy17 - in max speed mengatakan:

    betapa berharganya hasil riset2 jaman dulu ko malah gak di perhatin ya terlalu fokus kepada next gixer 2012 kali ya :mrgreen:

    http://moy17.wordpress.com/2011/03/05/wkwkwk-ini-sih-buaya-buntung-500-hp/

  6. Moy17 - in max speed mengatakan:


           cek

  7. dendy mengatakan:

    rgv ini sainganya nsr 250. Berdasarkan spek nsr kalah tapi kalau real gak tahu. Menang siapa bli nsr vs rgv

  8. setiawanovic mengatakan:

    bukannya utk vixion si yamaha beli dari minarelli? pabrikan lain banyak yang pake bro contohnya rieju-spanyol dan fantic-italy

  9. Briyan mengatakan:

    Suzuki eksis juga. . .

  10. gaplek mania mengatakan:

    cs1 juga dipake di cbr125 he he he.
    *masih honda juga.

  11. Ontaonda mengatakan:

    Power standar fu125 tu brp ya?
    Ane pernah baca sih di situsnya fu125 phillipina tertulis 13,3dk
    Terhitung gede sih buat 125cc 4t skrg
    Onta ane cuma 12,8dk
    Niu mx 5speed jg cuma 12,52dk
    Manteb beneer!
    Lawannya raider125 cuma sonic125 yg 13,5dk,,perang klasik bebek balap sbelum 2005 ini mah😀

    • j4na mengatakan:

      data dynotestnya untuk satria Fu beragam….. mulai dari 14hp sampai 15hp….. jika dikembangkan lagi sedikit saja mendekati spek FXR maka powernya bisa sampai 18hp’an!!!
      kenapa bisa 125cc powernya sebesar itu….. kan sudah jadi rahasia umum, indonesia itu dapat spek kedua…. alias turunan….

  12. TDF mengatakan:

    Ow begitu rupanya, suzuki dulu bagus di moto gp skrng loyo…

    • The Sunday Painter mengatakan:

      bisa dimaklumi, untuk anak2 generasi sekarang ini di indonesia memang sepertinya banyak yang ngga tau dengan keunggulan suzuki. taunya suzuki dipecundangi dua pabrikan lain yang sekarang dominan.

  13. enth mengatakan:

    mesin suzuki tl100 juga dipake sama cagiva raptor

  14. Busa_tio mengatakan:

    Tambah lagi, mesin Suzuki SV 650 juga dipake Hyosung GT 650

  15. Rollerman mengatakan:

    sbenernya sih its not abou engine

    beli motor gak hanya beli engine aja,tp juga beli MODEL,PERAWATAN,KONSUMSI BBM,dll

    Itulah sebabnya mesin LC4V YZF R125 aja terkenal,meskipun kalah kenceng dbanding RS 125 2 tak dr Aprilia,yaa karena orang2 beli motor gak hanya beli mesin

  16. tomy mengatakan:

    maklum gan thunder 125 dari suzuki china..

  17. smart mengatakan:

    mantap bro.maju terus suzuki.

  18. Joko Aja mengatakan:

    iya ni aku aj jatuh cinta sama satria f150 2006 tenaganya dahsyat banget….

  19. ra mengatakan:

    thunder 125 juga bisa dibikin 15 hp cuma dengan potong filter dan pasang main jet 110

  20. thoyib mengatakan:

    Yang pasti mesin2 SUZUKI lebih baik dari pabrikan tetangga, cuma desain bodinya aja yang kalah karena pihak pabrikan suzuki kurang terbuka….

  21. ompuns mengatakan:

    Jangan salah !!! mesin thunder sebenernya garang….. bahkan mantap saat rpm tinggi ( tdk spt motor lain yg malah loyo )…… konstruksi sdh bagus, cuman di downgrade …. coba aja kalo berani porting polish dan sudut porting diatur agak landai….. bisa jadi monster 125cc tuh …..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s