apaan tuh undersquare engie….?? bro-bro pasti ada yang berpikir begitu…. atau tumben dengernya??
dalam perbandingan antara diameter seher dengan panjang langkah seher bergerak ada tiga jenis, pertama over square, oper square disini artinya, diameter dari seher lebih besar perbandingannya dibandingkan dengan langkah sehernya. sebagai contohnya suzuki shogun 110, honda supra. yang kedua namanya square, yaitu perbandingan antara bore dan stroke sama atau mendekati sama lah… contohnya motogp 125cc, bore strokenya 54×54.5mm. nah yang terakhir yaitu undersquare engine, diameter sehernya lebih kecil dibanding langkah sehernya, contohnya,shogun 125, supra x125,..
mengapa saya tulis diatas bebek cocoknya undersquare engine, coba sekarang tengok spesifikasi mesin bebek baru, kebanyakan dari motor-motor itu memakai undersquare, bahkan suzuki smash beralih dari oversquare ke undersquare pada generasi smash titan. dulu honda yang setia sama mesin oversquarenya(c100 series) beralih ke undersquare,
sekarng alasanya. pertama, motor bebek cenderung dibawa oleh orang-orang yang mementingkan ekonomis dibandingkan performa, nah disinilah kecocokan undersquare (US), US tidak membutuhkan putaran tinggi untuk mendapatkan power maksimumnya,jadi dengan rendahnya RPM dapat menghemat bahan bakar dan memperpanjang umur mesin.
alasan yang kedua, bebek memiliki power yang relatif rendah, jika bebek dikasi mesin oversquare, maka rendahnya torsi akan kentara sekali pada saat putaran bawah,lain dengan motor berCC besar,rendahnya torsi pada putaran bawah ditutupi dengan tingginya power.
ketiga, jalana diindonesia tidak menuntut putaran mesin tinggi,jadi perlunya tarikan motor yang spontan, yang ini adanya cuma di undersquareengine.
maaf jika masih banyak kekurangan…..
Pertamax… under square apa sama dengan over bore mas?
benar sekali
sekang bebek-bebek kayaknya sudah overstroke semua deh
kesuali Kawasaki
http://maskurmambangblog.wordpress.com/2010/11/24/layanan-bengkel-resmi-service-record-database/
@yudibatang
Beda mas,over bore itu persamaannya oversquare mas…
Wah ajib bro sampeyan….. kerja dimana kok tau ttg engine….. ?
Maksud saya apa pernah sekolah teknik bro…….
@ridertua
Pernah mas!! Saya anak stm, kuliahnya bagian pariwisata,kerjanya bagial logistic…jadi gan nyambung… He he..
Pengetahuan yang saya dapat dari membaca mas!!.
Tapi saya masih banyak kekurangan kok,jadi butuh saran n kritiknya…
@maskur
Bner bro maskur, cuma kawasaki yang ga mikirin ekonomis,..
Kan kawasaki menang di bandel n keawet mesinnya…!!
Maaf balasan comentnya agak ancur2an, maklum comentnya pake HP,saya lagi dilapangan!!
Saya lebih gampang pake istilah:
Square,over bore dan over stroke
Langsung kena gitu…
Hihihi…
@maruto
Tergantung kebiasaan aja mas, yang pentingkan artinya sama… He he.. Bbetuul…
Nice Info ..
Motor jaman dulu juga kebanyakan undersquare, seperti punya saya dulu Binter Merzy KZ200 …
Motor Trail juga kebanyakan underSquare ..
betuuul… mungkin banyak hal yang dipertimbangakan pabrikan….
paling lucu sih yamaha alfa yang mesinnya undersquare… suara knalpotnya itu lo.. treng teng.. teng.. teng..
Makanya bebek sekarang topspeednya pada memble enak tarikanya doang betul…!
jadi bebek2 sekarang enak buat srunthulan… pada OverStroke semua…. cuman Kawasaki ama TVS yg masih bertahan tanpa OverStroke dikelas 110cc….
betul….
tapi kok vegazr n new jupz yg sangat overstroke putaran bwh nya lbh loyo ktimbang vegar n jupz lama,tanya kenapa?
Kalo menurut saya yang seorang mekanik d’AHASS, buat bebek yang overstroke malah lemot d’putaran bawah misalnya 125 series,tapi putaran atas sip. beda sama Grand atau C100 series, biar dia berhenti d’tengah2 tanjakan tetep jalan & lebih responsive d’RPM rendah. dengan catatan dalam kondisi baik, ga selip kopling misalnya. kalo jupy new & VG ZR ganti piston Jupy Z lawas pasti tarikan lebih mantap, bisa d’coba. itu menurut pengalaman saya & temen2 berdasarkan riset sehari2. Piss……
@ weduz
Itu sih beda masalahnya mas!!!
Pada jupyz yang baru udah banyak restrictornya… Kebanyakan part2 yang bikin ngemat bensin, kayak air induction sistem pada exhaust’nya…,CDInya beda…
Kebanyakan dilimitin!!
Air induction setauku untuk memperbaiki emisi gas buang? Di jupz n vega r lama udah ada,
Trus cdi limiter,untuk membatasi rpm,
Lho ini kan di putaran bwh,
CMIIW
maksud saya pada CDInya tu kurva pengapiannya beda, vega lama dengan vega sekarang beda CDI, buka MOTORPLUS di roadrace jupiter z banyak pake pengapian vega lama,
he he makasih maS Jana,
Lanjut,
Salam..
kalo di motor2 trail SE jaman sekarang malah kebanyakan overbore tuh!
Ngejar power gede yg meledak2, kalo tarikannya diakalin pake gear ratio
apalagi gear blkgnya yg guedhe bgt,hhe
Kalo supra saya, udah overbore masih tak bore up lagi
n hasilnya, mmh mantab waktu high rev!
bner tuh bro….
mungkin juga diakali dengan durasi noken-as dan rasio close…. plus girnya super ringan!!!
komenku masuk moderasi ya?
patesan tarikan awal cs1 berat, tp topspeed OK
Ya mas,cs1 powernya lembut dari bawah n beringas diatas!!!
Sejak tren mesin 4T melanda pasar bebek di tanah air, hanya Yamaha yg memulainya dg mesin over stroke / under square.
Di mulai dari Yamaha Crypton dan tetap konsisten sampai era New Jupiter Z.
Padahal di masa itu, Suzuki Shogun 110, Kawasaki Kaze, & Honda C-100 serius, semuanya memakai mesin over bore.
Akhirnya Suzuki & Honda mengikuti langkah Yamaha dg mesin over stroke.
Mengamini bahwa untuk motor komuter serba guna bermesin tunggal cc kecil, paling efisien & user friendly kalau berdimensi over stroke.
saya aja punya cripton drmah…..
udah pake seher kaze lagi…. larinya maknyus…..
Nice Info gan, jadi tambah ilmu neh 🙂
makasi bro..
MAS BRO…ADA YG TAU GA DERAJAT PENgAPIAN VEGA LAMA 4ST..???? Aku ws muter” ra nemu loh