slipper clutch

Di motoGP dan superbike slipper clutch merupakan piranti jamak/sebagai keharusan dari masing-masing motor memakainya. Dengan slipper clutch pembalap ditak akan takut lagi akan terjadinya roda melintir saat engine break/penurunan gigi persneling.

Jika sebuah motor balap tidak memakai slipper clutch, saat melakukan penurunan gigi di rpm yang relative tinggi, maka dalam pembukaan kopling perlu dilakukan secara hati-hati sampai Rpm ada dilevel aman untuk melepas kopling. Jika si pembalap tidak cakap dalam permainan kopling-mengopling, maka tidak dihindari lagi roda belakang akan mengunci dan slip….. cit….cit….ciiit.

tampak keren dengan perpaduan warna merah-hitam-silver

Gimana sih cara kerja slipper clutch ini, bisa ga distel keras tidaknya fungsi slipper clutch?? Cara kerja slipper clutch ini sendiri menganbil input dari tingkah laku dari sipenunggang motor, misalnya slipper clutch disetel aktif saat Rpm diatas 12.000. maka saat pembalap melakukan engine break/penurunan gigi diatas 12.000rpm, maka kopling akan membuka/terjadi selip pada kopling. Pembalappun terhindar dari ban belakang mengunci. Masalah bisa dietel/tidaknya.. jawabannya bisa, tergantung selera dari pembalap mau di Rpm berapa slipper clutch ini dinonaktifkan.

slipper clutch punyanya ducati

Sebagai catatan: slipper clutch tidak aktif saat melakukan akselerasi/penaikkan perbandingan gigi persneling.

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

Satu tanggapan »

  1. ridertua berkata:

    edan tenan teknologi motoGP & F1 bikin geleng2 kepala…kok bisa yah nemukan hal semacam itu……

  2. tonosaur berkata:

    ooo.. gitu ya..
    klo saya malah pake engin brake buat membantu pengereman..
    tapi motor saya kecil dan ga perlu dikasi piranti yang mahal2

  3. sastrodoemilah berkata:

    wah mantab bli… 😀
    apa hanya motor-motor di motoGP, superbike n motor cc besar aja yg pake sistem slipper clutch ini bli??

  4. martini berkata:

    tekem kopling otomatis ketika gas ditutup…hehehe….

  5. […] itu sliper clutch ???? ada yang belum tahu, monggo lirik blognya bli speedlovers Dengan slipper clutch pembalap ditak akan takut lagi akan terjadinya roda melintir saat engine […]

Tinggalkan komentar