di seri ke-6 ini pembahasan kita kembali ke RC series yang berkapasitas mesin 125cc. Di seri-2 kita sudah membahas RC146 yang berkapasitas mesin yang sama yaitu 125cc tetapi dengan jumlah silinder yang berbeda, jika RC146 jumlah silindernya 4, maka RC143 hanya mempunyai silinder sebanyak 2 buah saja.
sebenarnya, RC 143 merupakan pendahulu dari 146, akan tetapi rc146 saya bahas terlebih dahulu karena keunggulan dalam jumlah silinder. kembali ke RC143…..!! dibekali mesin 4tak DOHC berpendingin udara dengan sudut kemiringan silinder 35′ yang berguna untuk meng’efektifkan aliran udara sehingga pendinginan mesin lebih baik. dari segi powernya sendiri dapat menghasilkan 22hp@14.000rpm, terbilang sangat besar dengan kapasitas mesin yang hanya 125cc, apalagi mesinnya 4tak.
Manufacturer | Honda |
---|---|
Production | 1960 |
Predecessor | Honda RC142 |
Successor | Honda 2RC143 |
Class | Grand Prix motorcycle racing 125cc class |
Engine | Four stroke, inline 2 cylinders, double over head camshafts |
Transmission | 6-speed |
Weight | 93 kg |
pada tahun 1961, seri RC143 kembali dikembangkan, namun apa yang dikembangkan tidaklah begitu jelas. pengembangan itu terbukti dengan keberhasilan merebut 8 kali kemenangan dari 11 seri yang dijalaninya, dengan pembalap tom philip berhasil menjadi juara dunia pembalap dan honda berhasil menjadi juara dunia konstruktor.
Pertamaxxx
amazing,keren
foto ketiga wah2 tanpa firing kikikikiki… kayak drag lokalan aja… ? 🙂
ada gak ya disini???
mungkin aja ada ditangan kolektor mas…..!!!!
om, it bisanya powere kya bdak knp yah
itu disebabkan piranti dohc, pemakaian timing gear, stroke pendek, dan material kelas wahid…..