RT60 merupakan motor suzuki yang petama turun di kancabh Gp internasional, yaitu isle of man TT. menghandalkan motor dua silinder 2tak 125cc iniyang juga dinamai colledas, suzuki tidaklah begitu berjaya, padahal dijaman modern seperti sekarang ini jika motor 2tak disandingkan dengan motor 4 tak dengan kapasitas mesin yang sama akan meninggalkan jauh motor 4 tak. beda sekarang beda dengan tahun 60’an, mesin 4tak yang dimiliki honda dengan RC-seriesnya mengubek-ubek podium juara. pada tahun 60’an tidak ada satupun media yang mempublikasikan tim suzuki karena ketidak pernahan suzuki bertengger dipucuk juara.
kelemahan suzuki ada pada putaran atas mesiinya yang loyo, mesin mau berputar kencang namun tak cukup tenaga yang mau mendorongnya untuk meraik kecepatan tinggi di sirkuit. dengan kekurangan ini, suzuki kembali ke jepang untuk memperbaiki mesinnya yang terbilang tidak kompetitif.
nantikan kelanjutannya di seri berikutnya…
berikut spek mesinnya:
Colleda RT 60 1960
Engine type: Air-cooled 125 cc two-stroke twin. 13 ps/ 11.000 rpm.
Bore x Stroke: 44 x 41mm
Carburetor type: M20
Compression ratio: 8,8 :1
Maximum speed: 140 kph
Clutch type: Dry multiple plates
Transmission: 6-speed
Tire sizes: 2.50-18 / 2.50-18
Front brake: Drum, 2 x 1 cam
Rear brake: Drum, 1 cam
sejaman dng SIS sekarang, produknya ga kompetitif, suruh balik jepang aja ya Bro
disuruh bertapa digunung puji…. padahal suzuki terkenal akan 2taknya….
mbah satu neh dpt bhn dr mn y
bahannya dari bertapa digunung mrapi…. ha ha ha 😀
bener gan,jadi rindu jaman RgR ma FxR dulu, baru denger suara RgR minggir dah.
Jangan Salah gan,…. thn 90an Suzuki memang terkenal dengan inovasi mesin 2 taknya,.. beda dengan Honda yang jarang berinovasi dengan mesin 4 taknya. Tapi dengan sedikit modifikasi, mesin 4 tak juga gak kalah sangar dengan mesin 2 tak,… soalnya thn 1995 gw pernah ngebuktiin sendiri RGR 150 cc keok sama GL Pro 145 cc punya gw ……. hehehe 🙂