RC30 dengan nama tenarnya VFR750R, merupak motor honda yang dihomologasikan penuh untuk diturunkan di ajang kejuaraan dunia motor masal yang tenarnya disebut superbike, didesain penuh oleh Honda Racing Corporation (HRC). pertamakali di luncurkan untuk pasar jepang pada tahun 1987. mengandalkan mesin yang mirip dengan generasi RC212V yaitu V490′ dengan jumlak klep 16 buah. pertamakali motor ini diturunkan dengan power yang dibilang tidak begitu waaah, hanya 86hp(persi amerika) dan 112hp untuk pasaran eropa. ada yang aneh pada motor ini,transmisinya yang hanya 5speed… knapa ya…!!!. Redline mesinnya sendiri ada pada 12.500rpm, bisa dibilang tidak seheboh generasi superbike sekarang yang bisa mencapai 14.000rpm. darinpower motor ini memang tidak dihandalkan, tapi daya tahan dari motor ini bisa dibilang nomer satu.
yang menarik dilihat pada motor ini adalah pada swing-armnya, memakai pro-arm yang disini terkenal di NSR-SP. menjadikannya motor yang sangat revolusioner dalam tampilan di jamannya. yang ditujang oleh suspensi showa. beralih ke knalpotnya, memakai konfigurasi 4-2-1 dengan bahan stainless-steel. satu lagi yang menarik motor ini, batang pemegang kaliper belakangnya tidak lagi terhubung dengan arm seperti motor kebanyak, akan tetapi terhubung dengan kerangka motor, yang bertujuan menjaga titik suspensi saat dilakukan pengereman. hal sama juga ada pada ducati dan pernah diterapkan oleh tim AHRS pada motor shogun 110 balapnya.
berikut speknya:
Manufacturer | Honda |
---|---|
Also called | Honda RC30 |
Production | Unknown |
Model year | 1987–1990 |
Class | Race Replica |
Engine | 748.00 cc (45.646 cu in) water cooled v-twin |
Bore / Stroke | 70.0 × 48.6 mm (2.76 × 1.91 in) |
Compression ratio | 11.0:1 |
Power | 86hp-112hp @ 9,500 rpm[1] |
Torque | 7.1 kg·m (70 N·m; 51 ft·lbf) @ 7,000 rpm |
Transmission | 5 speed, chain drive |
Suspension | Front: telescopic fork Rear: swingarm |
Brakes | Front: Dual disc Rear: Single disc |
Tires | Front: 120/70-17 Rear:170/60-18 |
Wheelbase | 1,410mm |
Dimensions | L 2,045mm W 700mm H 1,100mm |
Weight | 180kg (dry) n/a (wet) |
Fuel capacity | 18.00 litres |
Related | Honda VFR400 |
Pertamaxxx
keduax
ketigax
harapan satu
*maruk amat
andai atpm ngeluarin model gitu………
*ngimpi abiiisssss.com
udah ada mas NSR-SP tapi lewat IU…
mantaf memang honda…….. iklan 🙂
Revolusioner di jamannya
Honda memang berani tampil beda
moga aja rumor seri vfr yg baru beneran brojol