Baca-baca blognya mas triatmono yang mengulas tentang sosok bebek asal india yang akan menjadi kuda hitam dikancah Hyper/super Underbone, tiga musuh yang telah lama malang melintangpun sudah siap mengganjal, Pertama dari Jagoan Suzuki yang menurunkan Fu-150 sebagai rajanya, kemudian Yamaha dengan New jupiter Mx dan Honda denganX-over CS1. Dari ketiga jagoan itu powernya tidaklah bisa dianggap remeh, rata-rata diatas 12hp dan yang paling tinggi powernya satria FU-150 mencapai 16hp. Di blognya mas tri pun disodorkan power yang bisa dihasilkan oleh TVS tormax yang hanya 13.2Hp…. nah ada yang bertanya-tanya ga tentang 13.2Hp itu??
Sudah tentulah, masak kapasitas mesin yang sama dengan FU-150 powernya kalah jauh. Memang sih sistem camshaft’nya sangat berpengaruh ke torehan power, FU sendiri memiliki spek yang jauh lebih superior dengan sistem DOHCnya dibandingkan TVS Tormax yang masih SOHC. Bagaimana jika dibandingkan dengan dua jagoan selanjutnya CS1 dan MX, Tormax harus mengakui kehebatan kedua jagoan ini dengan selisih power yang hanya lagi sedikit saja dibawah tormax, lengkapnya lihat dibawah:
Motor | Satria FU | CS1 | Jupiter MX | TVS Tormax |
power | 16hp@9500rpm | 12.64hp@10000rpm | 12.14hp@8500rpm | 13.2hp@8500rpm |
torsi | 12.79Nm@8500rpm | 10.5Nm@7500rpm | 11.79Nm@6000rpm | 12.5Nm@5500 |
Terlihat power TVS tormax unggul tipis dibandingkan SC1 yang bisa menghasilkan power sebesar 12.64hp, Namun torsi yang dimiliki Tormax tidaklah bisa diremehkan yang hampir mirip dengan satri Fu, namun sedikit dibawahnya. Tetap saja Tormax unggul ditorsi dibanding FU jika dilihat dari torehan torsinya ada di Rpm rendah yaitu 5500rpm atau lebih cepat lagi 3000rpm dalam menggapai puncak torsi.
So…. Jika dilihat dari karakter torsinya yang sangat gila, bahkan lebih gila dibandingkan satria FU, pantaslah bebek TVS ini disebut dengan TorMax yang artinya Torsinya sangat Maksimal. Maka kemungkinan bebek hypernya TVS ini akan sangat unggul dijalan kemacetan dan perkotaan yang membutuhkan akselerasi yang kilat untuk salip-menyalipan, namun agak kurang jika diajak head to head dijalanan lurus nan panjang… Kita tunggu saja pembuktiannya.
1
wahh…torsinya sebanding dg FU cuma ini gak perlu teriak..cuma di 5.500 rpm…/ disinyalir mesinnya overstoke….soal top speed masih lebih tinggi dari N megapro/bison
so pasti bro…. kan menang dari PWR… motor bebek berpower sport….
kata siape…tormax cuma 131 km/jam…..lewat mah……
lebih kencang punya ane.YAMAHA R125.
udh pernah coba blm.
belum tau po??? memang RnD kasih nama nya gitu kok! TORsiMAXimal!
he he … besok tak bikin motor dengan nama powerMax…. biar ada saingan…
kalo motor pake nama pertaMAX? punya pertamina kali yak? 😀
Mantab ni TVS
Ane numpang jemuraan ya
Honda VTR 250, The Next Tiger Kah?
http://vespaalitalia.blogspot.com/2011/05/honda-vtr-250-next-tiger-kah.html
Motogp: Honda Menang, Honda Malang & Rossi Podium
http://vespaalitalia.blogspot.com/2011/05/motogp-honda-menang-honda-malang-rossi.html
Peluang Yamaha X-Max 250 ABS Sangat Besar
http://vespaalitalia.blogspot.com/2011/04/peluang-yamaha-x-max-250-abs-sangat.html
Yamaha Fazer 250 VS Suzuki GW 250, Mungkinkah?
http://vespaalitalia.blogspot.com/2011/05/yamaha-fazer-250-vs-suzuki-gw-250.html
tapi kalo cuma ngeliat spesifikasi diatas tanpa tahu dilapangan, saya yakin abg masih pada milih Satria Fu…
mohon atensinya ya:
FU dan CS1 mungkin menang di speed gan,tapi TORMAX menang difitur,soalnya gak semua rider suka kenceng,ada yg lebih mentingin fitur yang disematkan oleh ATPM
SALAM KARET BUNDAR™
l brand juga akan berpengaruh besar…
salam kenal bro juragan warung,
ane newbie dimari ni,
salam knal juga bro aryoningrat… sama SLR juga nubi….
kykny ni mtr menangny ma mx,kalo emg bnr tu speedony bs ampe 131kmh…
Fu mah kalo standartny lwny bkn mtr bebek,plg gak mesin dah bejaban lwn,cbr 150lama,tiger,scorpio,
Coz weight to rationya yg bnr2 edan
tpi FU kga diterima sama negara selain asean…
karna cc npower ga sbanding sama berat…
dan diklaim membahayakan…
jdi wajarlah klo yg bli rata” anak” ababil…
tunggu di lapangan dung . . .
kali ja dapet kejutan. . .
aku tunggu testimoni para pengguna, 1 tahun kedepan,baru beli
kuat tanjakan ma angkut angkut neh
ralat aja jupiter mx itu bkan setipe dg fu dan cs1 yg hper underbone,, jupi bebek murni..mhon dralat
tunggu dulu bro…. SLR mengikut sertakan MX dikarenakan Motor plus yang duluan membandingkan ketiganya ini dengan sebutan bebek super-hyper underbone……. dikarenakan ketiga jagoan ini memiliki power dan spek yang paling tinggi dibandingkan bebek-bebek pada umumnya….
masuk aja lah nggak papa wong tenaganya mirip-mirip, terus justru midelnya juga mirip si MX
lho kan pake teknologi juaranya Yamaha 🙄
maaf Bro Jana… saya liat situs resminya suzuki, koq powernya FU sekarang jadi 11.7hp ya??, yang bener yang mana tuh??
salah tuh bro…. mungkin salah ketik kali…. FU itu pualing kuenceng….
hehehe…. setuju bro…. FU emang kuenceng, saya udah buktiin sampe beli 3 kali, saya fikir spek nya sudah berubah,
BTW sudah cek situsnya suzuki indonesia apa belum bro??
sorry bro Jana,OOT nih, Recommend gak r150 VX ??
tertarik pingin beli nih, katanya mesinnya ada perubahan ya, saya lihat gambar mesin barunya di link ini:
http://www.minerva-riders-community.com/forums/showthread.php?201-Review-Minerva-R150-VX
thanks sarannya ^__^
recomended kok bro untuk tampang…. tapi mesinnya masih dibawah satria FU speknya… jika mau setara FU perlu beberapa pembenahan, karbu PE28, knalpot dan CDI dijamin bisa bersaing dan juga naikin kopresi + porting….
perubahan persi lama dan baru sangat sedikit bro….
beberapa kali saya menjumpai Pabrikan salah menulis spek pada web mereka, termasuk si Suzie ini
jangankan di website pabrikan, websitenya Bikez.com saja ada salah dalam menuliskan spek….
he he he…. penulisnya juga kan manusia 😀
ane numpang jemuran
Suzuki GSX R 600 2011
http://vespaalitalia.blogspot.com/2011/03/suzuki-gsx-r-600-2011.html
Honda VTR 250, The Next Tiger Kah?
http://vespaalitalia.blogspot.com/2011/05/honda-vtr-250-next-tiger-kah.html
Kawasaki D-Tracker 125 VS KTM Duke 125
http://vespaalitalia.blogspot.com/2011/03/kawasaki-d-tracker-125-vs-ktm-duke-125.html
ngapain lu pake moderasi
lu takut dikomen? cemen!
sotoy lu! beli vega r aja ga mampu. apalagi beli motor ini.
jangan sok ngerti lu. naek motor bebek aja masih kagok
ngapain pake moderasi? takut dikomen orang? cemen!
mesin bobo
😀
kapan hari (lupa bulan apa, awal tahun lagh) saat mekanik tvs area jatim ditraining untuk produk baru tvs ini, dia bilang ke saya kalo memang untuk 150 meter pertama memang FU bisa ketinggalan, tapi setelah itu tormax harus angkat topi untuk FU karena udah dikentutin ama FU kalo udah lebih dari 150 meter 🙂
disinyalir dibatasi oleh limiter cdi, tapi kurang tau juga apa mesinnya kuat kalo pake cdi unlimiter..
Pantas juga diasepin di trek panjang bro…. dari power aja udah kalah, menangnya cuma tarikan awal saja…
kemungkinan strokenya lebih panjang dari MX melihat peak torsinya itu di 5500rpm… so limitnya kemungkinan dibawah 10.000rpm/….
Hahahaha….dr analisa q.
Satria itu mang kencang tp bt rugi..boros tenaga gede angkat brng keok..
Tormax tenaga sich kalah tp jgn sepelehkan masalah mengangkat beban…
Dr material ja fu kalah..
India penghasil baja no dunia sementara fu material nya tanda tanya???..daur ulang dong.
Fu tabrakan tenaga ny pasti hilang?
Bd sm produk tvs di tabrak mobil hancur tenaga g kurang dr sblm na.
Hbt kan.,ayo test hancuran rockz q ma fu mu pa fu bs unggul
tvs ok fu oh no….
sayang ah di hancurkan, belinya mahal, kredit lagi.. 😳
btw pengalaman sedikit pahit aye pake tvs apache ditabrak dari jalanan menurun ama shogun lumayan bikin segitiga atas & bawah bengkok, lampu+spido hancur, shock dpn bengkok, velg dpn peyang.. coba cek trit tarcus di kaskus, cari aja postingan id zakey007, aye posting kok motor aye yang ancur di sana 🙂
itu apache masih pake material besi dari india, sedang rockz/neo/tormax semua itu adalah produksi tvs Indonesia, jadi materialnya juga indonesia.. jadi sama aja lagh kualitasnya ama motor lain yang materialnya dari produsen di Indonesia..
yang bikin beda itu pertama merk, lalu RnD, pemasaran, dan sparepart serta layanan, heheheheheee… 😀
wuiiiih sudah pengalaman nih mas dengan TVS….
nice pengalaman….
biasa aja bli..
kebiasaan nongkrong di dealer.. ya itu tadi, pada dasarnya semua barang itu sama, yg bikin beda itu:
1. Merk (merk terkenal pasti bagus dan banyak fanboynya) 😀
2. RnD (sayangnya banyak produk yang RnD-nya asal2an jadi jelek kualitasnya padahal material sama)
3. pemasaran (ngerti laaaagh)
4. sparepart (tau sendiri laaagh)
5. layanan (so what geto loh) 😀
yach contohnya laptop kelas dunia macam IBM (Lenovo skrg) dan HP ato Dell, coba liat jeroannya macam elco ato lainnya, semua made in Taiwan kalo ngga ya si made ada di Malaysia 😆
[…] di tulisan yang sebelumnya SLR membahas tentang Powernya TVS tormax yang relatif kecil dibanding rivalnya, maka sekarang SLR akan […]
cs1 power 12.8 dk, ko jadi 12.6,,??? tormax dah over bore tuh 59.5 X 53.5.. pasti lebih alus di rpm tinggi dari MX..54 X 58.
bodi kurang, mesin di prtanyakn…
tlg agan” ad info jelas bwt cs1 vs new jupi mx ga? klo di lawanin ma fu jauh beda
bisa kunjungi tulisan SLR yang lain di: https://dewataspeedblog.wordpress.com/2011/03/11/sohc-kenceng-bisa-2-klep-kenceng-bisa-juga/
Alah motor india lawan jepun, mana ada lawan. kalau ketemu suruh kejar asap Fu juga ga ngejar dia. Motor keberatan badan aja mo lawan Fu ??? Ngimpi kali yaaaaa,Teman gw pakai motor sport india mesinnya sdh kasar padahal motor masih bisa di bilang tahun baru sedangkan kalu buatan jepun dengan tahun yang sama mesin masih halus aja dengan perawatan yang sama.
Bro uang itu ga bisa bohong, kalau murah pasti ga bagus. Jangan tertipu….. dengan produk murahan
gw prnh pk tormax ditanjakan penuh tikungan tajam, FU smp nangis2 ga bs nguber hahahahahaaaaa……rasainnn
selama dijalanan fu memang rajanya motor bebek..
Satria fu gw thn 2010 msh stndard bisa naik 150 km/jam wlwpun hrus dgn jrak yg jauh…