Di dunia sangat banyak jenis balapan motor, mulai dari yang terkecil 100cc sampai yang terbesar 1200cc. Dengan dana yang murah sampai yang supermahal, mulai dari dana pribadi sampai dana dari sponsor raksasa. Pokoknya tidak ada balapan yang tidak mengeluarkan dana didunia ini, entah itu kecil maupun dengan dana yang super buesar. Di Indonesia pun sudah menjadi rahasia umum kalau balapan bebek menjadi rajanya, raja ini bukannya hanya raja balapan saja akan tetapi raja dari pengeluaran dana untuk turun dalam sekali race, dan menurut M+ dana yang dikeluarkan untuk menurunkan satu bebek juara bisa melebihi dana untuk menurunkan satu unit motor supersport.
Itu untuk di Indonesia yang regulasi Supersportnya masih bersahabat, bagaimana dengan supersport dunia yang regulasinya sudah hampir bisa dibilang open…. waaaaah….. bisa dibilang super muahaaal….!! eeeiiiit…. tunggu dulu…. nggak juga kok….!!! Sebagai buktinya lihat data di bawah ini yang SLR ambil dari motorcycle-usa untuk upgrade Yamaha R6 :
CM66 Semi-Metallic Front Brake Pads: $159.80
Dynojet
Power Commander V: $352
Auto Tune for Power Commander V: $244
Quickshifter: $219.99
Graves Motorsports
Graves Full Ti System: $1765
YEC Kit ECU: $702
Sub Harness Adaptor ECU: $152
WORKS Brake Line Kit: $248.67
WORKS Velocity Stacks: $600
WORKS Throttle Tube: $85
Fixed Rearsets: $595.95
50mm Clip-on Set: $99.99
R6 Bodywork Kit: $90
R6 Dzus Bodywork Kit: $80
R6 Seat Foam: $99.50
MC Pro Designs
Paint Job: $800
Race Tech Suspension
25mm Drop-in Cartridge Fork Kit: $1299.99
0.95 kg/mm Fork Springs: $109.99
R6 Oil Seals: $35.99
Fork Oil: $30.00
G3-S Shock: $1099.99
Sharkskinz Racing Bodies
R6 Race Upper: $366
R6 Race Lower: $240
R6 Race Tail: $258
R6 Seat Support: $40
R6 Draftshield: $60
R6 Front Fender: $103
VP Racing Fuels
U4.4 Five-gallon Pail: $60-80
Zero Gravity
Double Bubble Windscreen: $89.95
maaf Bli,setahuku harga part motor kyak gtu emg murah,tp kalo beli dsana n DIPAKAI dsana
kalo pun harga partnya d datang kesini,yaa tau sendiri kan pajak Indonesia kyak gmana
yaa mirip motor India vs Motor Indonesia,FZ 16 dsana dhargai 13-14 juta RUPIAH (udah d konversi dr rupee ke rupiah) kalo beli dsana.trus kalo d datangkan CBU??bakal mahal
nah itulah yg membedakan Bli,kalo suatu tim Indonesia langsung berlaga disana dan beli part disana,mungkin taksiran harganya segitu (seperti d atas)
Mekanik…. Cuma $1/jam.. Hehehhehehhe…. Nasib jadi mekanik di indonesia.
mahal juga ya… kan di indonesia bebek lebih berkembang… sirkuit untuk bebek relatif lebih mudah daripada yg supersport… cmiiw
http://jheren.wordpress.com/2011/07/04/dan-mereka-pun-pergi-untuk-selamanya/
faktor jualan bebek lebih didukung pabrikan mungkin …
ijin nitip artikel Bli: UTAK ATIK: Catur 6 orang VS 6 orang
http://umarabuihsan.wordpress.com/2011/07/04/60-utak-atik-gimana-ya-kalau-permainan-catur-”-6-orang-vs-6-orang/
ah yg bnr bli mpe 500 jtn?
bner lah masbos….. M+ dah ngeceknya ama kalkulator…. he he he
500jt tuh tuk riset motor dari nol bli so kalo dah pernah ngriset, jatuhnya antara 50-100 jt pertahun tuk pengembangan ma maintenance. Balap bebek lebih berkembang tuh krn selain di dukung pabrikan, hasil risetnya bisa d gunakan tuk harian n jasa servis liar so pemasukan bagi bengkel/mekanik akan lbh besar jika ngriset mesin bebek kan populasi terbesar adalah bebek500jt tuh tuk riset motor dari nol bli so kalo dah pernah ngriset, jatuhnya antara 50-100 jt pertahun tuk pengembangan ma maintenance. Balap bebek lebih berkembang tuh krn selain di dukung pabrikan, hasil risetnya bisa d gunakan tuk harian n jasa servis liar so pemasukan bagi bengkel/mekanik akan lbh besar jika ngriset mesin bebek kan populasi terbesar adalah bebek
Kalo ngriset motor gedhe, mungkin lebih unggul soal image n kelas tp bagi mekanik n bengkel akan rugi krn populasinya cuma seuprit. Hasil riset ga bs d terapin di produk yg jumlahnya lbh besar. Kan pendapatan utama bengkel n mekanik adlh dari banyaknya pasien yg datang bukan dari keikut sertaan dalam balap. Balap cuma buat promosi ajah
lahh sekarang shock balap merk ohlins aja… dah ngerambah bebek….. 1set dah diatas 10jt…. punya n250… shock ohlinsnya skitar 9-12jt.. gak kaget bebek bisa smpe 500jt.