terdapat katup di sambungan percabangan knalpot yamaha... EXUP

Teknologi knalpot berkatup pertamakali ditemukan oleh pabrikan yang terkenal akan alat musiknya yaitu Yamaha, dengan penamaan EXUP(Exhaust Ultimate Power Valve) yaitu teknologi yang menempatkan katup kupu-kupu pada knalpotnya, didalam knalpot sendiri penempatan katup ini di bagian akhir dari percabangan 4 buah main knalpot dengan satu buah pipa knalpot yang menghubungkan ke silencer/mufler.

EXUP-system

Guna katup ini adalah sebagai pengontrol tekanan  gas buang pada putaran rendah dengan cara menutup setengah dari aliran gas yang mengalir dari mesin menuju silecer/mufler, sehingga tercipta tekanan yang lebih tinggi saat diputaran rendah itu. dengan tingginya tekanan pada putaran rendah, gas bakar akan terpantul lagi menuju ke mesin(back-pressure), sudah pada taukan jika mesin juga membutuhkan back-pressure pada putaran rendah untuk menciptakan torsi. Manfaat dari pemasangan piranti ini adalah terciptanya power yang merata pada putaran menengah, tidak lagi ada yang namanya putaran mesin yang drop/jeda selain itu, pemasangan katup ini bertujuan untuk mengurangi kebisingan dari knalpot.

Sistem kerjanya sendiri diatur oleh perangkat yang namanya ECU, ECU akan memerintah servo untuk menggerakkan katup sesuai dengan RPM mesin dan juga sesuai dengan input yang diberikan selongsong gas disaat rider memelintir handel gas. Pada putaran rendah katup ini akan menutup setengah, dan mulai membuka sesuai dengan kenaikkan dari RPM mesin, sampai pada putaran menengah katup akan terbuka penuh.

yamaha menjadi yang pertama menerapkan teknologi ini

Selain yamaha, pabrikan lain yang menerapkan teknologi katup ini adalah Honda , Suzuki, Triumph dan Kawasaki. Honda dengan sebutan Honda Titanium Exhaust Valve (HTEV) dan Honda Variable Intake/Exhaust (H-VIX). Suzuki dengan Suzuki Exhaust Tuning(SET).

maaf jika tulisan SLR diatas agak menjelimet, mohon permaklumannya…

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

8 responses »

  1. jhond mengatakan:

    pertamaaaaaaaaax

  2. NanaRedPro. mengatakan:

    wah baru tau klo knalpot moge ada katupnya juga
    dah diterapin di motor cc kecil gak ya???
    *celingak-celinguk nyari yg punya warung

  3. j4na mengatakan:

    @NanaRedPro
    Blom ada bro…
    Biasanya teknologi ini diterapin pada mesin multi silinder!! Yang tekanan gas pembakarannya bersambung tanfa jeda!!!

  4. bejo mengatakan:

    nais inpoh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s